10 langkah ini dapat meningkatkan kualitas foto smartphone Anda

10 langkah meningkatkan kualitas foto di smartphone
FirmBee / Pixabay

Sudah tidak lazim lagi bahwa smartphone telah menjadi kebutuhan primer sekarang ini. Fitur-fitur canggih di dalamnya dan sebagai perangkat portable menjadikannya sebagai perangkat yang wajib dimiliki oleh setiap kalangan, mulai dari anak-anak, remaja, hingga dewasa.

Salah satu yang membuat smartphone ini menjadi tren adalah dengan adanya fitur kamera yang tertanam di dalamnya. Kita bisa melihat pada tempat-tempat tertentu seperti tempat wisata atau mungkin pemandangan alam yang indah, banyak dari khalayak masyarakat yang datang untuk mengabadikan gambar dan momen di tempat tersbut menggunakan kamera smartphone.

Namun tidak semua gambar yang diambil melalui kamera smartphone enak dipandang mata. Dibutuhkan beberapa teknik pengambilan gambar yang baik agar hasil jepretan kamera menjadi lebih profesional walaupun hanya melalui kamera smartphone.

Anda pun dapat mengambil foto secara profesional hanya dengan menggunakan kamera smartphone anda. Berikut beberapa tip dan teknik sederhana yang dapat anda lakukan untuk mendapatkan hasil foto profesional di smartphone anda.

1. Ambil foto Close Up

close up picture photo

Sebagian besar smartphone memiliki kameran dengan sudut lensa yang relatif lebar. Lensa ini sanga bagus untuk mengambil gambar dengan jarak fokus yang dekat.

Untuk mengambil gambar makro secara efektif, pastikan subjek yang ingin anda foto memiliki warna yang hidup dengan latar belakang yang bersih.

Pada aplikasi kamera smartphone anda, ketuk untuk fokus sedekat mungkin dengan subjek hingga batas jarak fokus terdekat kamera.

Anda dapat melakukan percobaan sendiri untuk menentukan jarak fokus terdekat dari kamera smartphone anda dengan mendekatkan atau menjauhkan kamera sedikit demi sedikit hingga hasil kamera benar-benar fokus pada subjek.

2. Sunset dan Sunrise

Foto sunset
quangle / Pixabay

Salah satu waktu terbaik untuk fotografi adalah saat matahari terbit atau saat matahari terbenam. Pada kedua waktu tersebut, posisi matahari lebih rendah sehingga menghasilkan cahaya yang lebih lembut.

Baca juga:  Tutorial Cara Memposting Gambar GIF di Facebook

Pada keadaan tersebut, sinar matahari memiliki warna kuning, orange, dan merah yang lebih menonjol sehingga sangat baik untuk dijadikan sebagai subjek fotografi. Pengambilan gambar dapat anda lakukan dengan format lanskap.

Pemandangan matahari terbit juga lebih cenderung menampilkan kabut yang dapat menambahkan keunikan dan keindahan hasil foto anda.

3. Manfaatkan cahaya dari jendela

Cahaya dari jendela dapat menambah keindahan fotografi
Pexels / Pixabay

Cahaya yang masuk melalui jendela memiliki kualitas yang sangat bagus. Ini merupakan sumber cahaya yang besar, terang dan menyebar, yang menjadikannya sangat cocok untuk berbagai kebutuhan, terutama untuk fotografi.

Bayang-bayang lembut oleh cahaya dari jendela menghasilkan foto yang sangat bagus ditambah dengan bayang-bayang yang mengikuti model subjek.

Posisikan subjek anda dengan jendela ke satu sisi untuk mendapatkan hasil fotografi terbaik.

4. Ambil objek kosong

Foto dengan ruang negatif
LUM3N / Pixabay

Ruang negatif sering disebut sebagai ruang yang mengelilingi subjek dalam gambar, dan Anda dapat memanfaatkannya dengan baik untuk menarik perhatian subjek Anda.

Anda bisa, misalnya, memotret subjek berwarna yang dikelilingi oleh lingkungan monokromatik, atau latar belakang yang kontras dengan tekstur atau pola subjek.Langit biru jernih adalah cara mudah untuk memasukkan ruang negatif yang kuat.

5. Gunakan kamera selfie

Langit-langit gedung
diego_torres / Pixabay

Gunakan kemampuan selfie kamera Anda agar lebih baik digunakan. Jika Anda menggunakan kamera tradisional dan Anda ingin memotret langit-langit hiasan bangunan tua, Anda harus berbaring telentang untuk membuat gambar Anda.

Namun, jika Anda menggunakan kamera depan ponsel Anda, Anda bisa melihat layar dan fotografer di atas Anda tanpa harus berbaring, dan dengan mudah mengambil foto. Anda juga dapat melibatkan self-timer, menekan tombol rana, meletakkan telepon di lantai atau permukaan lainnya dan melangkah menjauh untuk mendapatkan tembakan yang jelas.

Baca juga:  7 Tips untuk Menghemat Baterai Laptop

6. Foto hitam dan putih

Foto hitam dan putih
FelixMittermeier / Pixabay

Jika anda ingin mendapatkan gambar mono atau greyscale, ambil gambar dengan menggunakan filter greyscale atau mono, tidak dengan mengubah gambar berwarna menjadi greyscale.

Melihat pemandangan dalam warna hitam dan putih memungkinkan anda dapat melihat langsung komposisi gambar, kontras, bentuk, dan teksture tanpa terganggu oleh warna lain.

3. Cobalah menggunakan shutter speed

Foto dengan pengaturan shutter speed
SeppH / Pixabay

Untuk mengambil foto dengan rana cepat (shutter speed), anda tidak perlu mengatur ISO pada kamera smartphone anda. Anda hanya perlu memindahkan smatphone anda pada saat proses pemotretan berlangsung.

Anda juga dapat memotret subjek yang bergerak cepat seperti pada gambar diatas, atau anda menghasilkan gambar abstrak dengan cara memotrek subjek saat anda dalam posisi bergerak.

8. Menggunakan grid pada aplikasi kamera

Menggunakan fitur grid camera pada smartphone
www.techradar.com

Mungkin anda pernah mendengar istilah rule of thirds. Aturan ini adalah dengan memnafaatkan grid pada aplikasi camera ponsel untuk mendapatkan gambar terbaik.

Idenya adalah dengan menempatkan subjek yang diminati pada perpotongan garis pada grid agar hasil gambar lebih maksimal. Fitur grid ini dapat diaktifkan pada aplikasi kamera sebagian besar smarthphone saat ini.

9. Fill the frame

fill the frame photo
Photo by MacBeales

Dengan mengisi frame langsung dengan subjek Anda, hal tersebut akan membuat hubungan yang lebih kuat dan lebih intim antara pemirsa dan subjek tersebut.

10. Gunakan HDR

Foto dengan HDR
distel2610 / Pixabay

Pencitraan High Dynamic Range (HDR) adalah proses menggabungkan dua atau lebih eksposur untuk menangkap kecerahan penuh dari pemandangan kontras tinggi, seperti bentang alam yang memiliki langit terang dan bayangan yang dalam di bentang alam itu sendiri.

Sebagian besar smartphone memiliki mode HDR, dan saat Anda memilih ini, kamera akan menangkap banyak gambar pada eksposur yang berbeda dan secara otomatis memadukannya untuk menghasilkan gambar HDR. Untuk hasil terbaik, Anda harus memastikan ponsel Anda tidak bergerak saat proses pengambilan gambar berlangsung.

Please follow and like us: