4G LTE Hilang Lagi Setelah Flash ROM MIUI Terbaru? Berikut Cara Mengembalikannya

MIUI 8 4G LTE Hilang Redmi 3
MIUI 8 4G LTE Hilang Redmi 3 ido & Redmi Note 3 Kenzo

Bukan hal yang asing lagi ditelinga kita bahwa pilihan signal 4G LTE pada beberapa perangkat Xiaomi akan hilang setiap update ROM Global, khususnya untuk operator di Indonesia. Hal ini disebabkan karena adanya aturan TKDN yang diterapkan di Indonesia. Apa itu TKDN?

Dilansir dari tekno.kompas.com, TKDN adalah nilai atau persentase komponen produksi buatan Indonesia yang dipakai dalam sebuah produk berbasis jaringan 4G LTE. Komponen tersebut bukan cuma soal hardware saja, tapi juga memperhitungkan software hingga tenaga kerja lokal. Sudah ngerti kan apa itu TKDN? Klo belum mengerti, sama dengan saya dong, belum paham juga, hehehe….

Xiaomi sendiri telah terjaring akibat adanya peraturan ini. Namun tidak semua ponsel pintar Xiaomi yang mengalami dampak tersebut. Beberapa diantara yang saya tahu dan banyak digunakan di Indonesia adalah Xiaomi Redmi 3/Pro (ido) dan Xiaomi Redmi Note 3/Pro (kenzo).

Saat pertama kali dibeli, mungkin jaringan 4G masih tersedia. Ini karena ROM yang digunakan bukan ROM MIUI official dari Xiaomi, melainkan ROM yang telah dimodifikasi oleh distributor. Jika agan sudah mulai mencoba ROM MIUI official yang versi Global, maka siap2 saja jaringan 4G pada smartphone agan akan lenyap bagai ditelan bumi.

Lalu bagaimana cara agar sinyal 4G dapat kembali lagi khususya untuk Xiaomi Redmi 3/pro dan Redmi Note 3/Pro Kenzo?

Cara pertama adalah tindakan pencegahan. Ya, jika sobat baru pertama kali membeli ponsel tersebut, apabila ROM distributor yang digunakan masih lancar jaya alias no bug, jangan diflash ulang. Banyak yang mengatakan bahwa ROM distributor adalah ROM abal-abal. Tapi itu semua tergantung penggunanya, jika memang ROM nya masih stabil dan ponsel bekerja sebagaimana mestinya, lebih baik pertahankan ROM tersebut, daripada flash ulang dan sinyal 4G hilang, kan lebih repot lagi.

Baca juga:  8 Tips agar Android Tidak Boros Baterai

Apabila sobat merasa bahwa ROM distributor memiliki banyak bug, atau mungkin sering muncul iklan-iklan yang dapat menghilangkan selera makan, sobat bisa memilih untuk flash MIUI versi Cina (kode CN), entah versi stabil atau pengembangan/dev. Pada ROM Cina, sinyal LTE dijamin aman, walaupun flash berkali-kali.

Namun kelemahannya adalah, sobat tidak dapat memilih bahasa Indonesia karena bahasa yang tersedia pada ROM MIUI versi Cina hanya bahasa Inggris dan Mandarin. Apabila agan sudah familiar dengan bahasa inggris, ROM ini sangat direkomendasikan untuk agan.

MIUI versi Cina juga telah support VoLTE, yang juga hilang jika menggunakan ROM Global. Selain itu, masih banyak fitur-fitur lainnya yang telah disediakan pada ROM tersebut. Kekurangan lainnya dari ROM MIUI Cina adalah belum tersedianya Google Play saat pertama kali di flash. Sobat dapat menambahkan Google Play selanjutnya dengan mendownload melalui MIUI market.

Agan lebih suka MIUI global dan ingin mengaktifkan 4G? Bisa kok, tapi langkah ini bisa disebut agak ekstrim, karena ponsel harus diroot terlebih dahulu. Apabila ponsel Xiaomi agan sudah diroot, agan bisa melakukan beberapa perubahan pada build.prop MIUI.

Buka file build.prop yang terletak pada /root/system/ menggunakan aplikasi text editor. Selanjutnya cari baris dengan tulisan ro.product.device dan ro.build.product. Apabila ponsel sobat adalah Redmi 3/Pro, ganti tulisan pada kedua baris tersebut dari ido ke land (baca: LAND), namun jika sobat menggunakan Redmi Note 3 Kenzo, ganti kenzo menjadi kate. Selanjutnya simpan perubahan tersebut dan restart/reboot ponsel agan. Setelah itu silahkan cek kembali pengaturan 4G nya 🙂

Apabila agan belum mengerti bagaimana cara mengubah file build.prop, agan bisa lihat pada artikel Cara Mengembalikan Pengaturan LTE Only MIUI Terbaru 2017.

Baca juga:  Cara Mendapatkan SSL Gratis untuk Website

Sekian beberapa trik mengembalikan fitur 4G LTE yang hilang setelah mengupdate ROM MIUI terbaru. Lakukan hal tersebut setiap selesai flash ROM MIUI Global terbaru.