Cara Mengatasi Xiaomi Redmi Note 3/Pro yang Brick, No Boot, No Fastboot, No Download Mode, Layar Blank, LED Merah Berkedip

Mengatasi Xiaomi Redmi Note 3Pro Brick, No Fastboot, No Download Mode, LED Blinking (financialexpress.com)
Mengatasi Xiaomi Redmi Note 3Pro Brick, No Fastboot, No Download Mode, LED Blinking (financialexpress.com)

Bagi pengguna Xiaomi Redmi Note 3/Pro, mungkin pernah mengalami serentetan masalah pada smartphone ini. Mulai dari tiba-tiba mati, lag, ROM abal-abal distribor dan masalah-masalah yang lainnya. Umumnya masalah ditemukan ketika ingin mengganti ROM distributor Xiaomi ke official ROM dengan harapan smartphone dapat menerima setiap OTA update yang rilis.

Mengganti ROM distributor Xiaomi dapat dilakukan dengan cara flashing fastboot rom karena biasanya smartphone Xiaomi tidak dapat menerima ROM yang diflash dengan cara recovery apabila ROM yang terpasang sebelumnya bukan ROM resmi dari pihak Xiaomi. Proses flash fastboot ROM sebagaimana smartphone lainnya dilakukan pada komputer yang dihubungkan ke ponsel Xiaomi melalui kabel data USB. Software yang digunakan untuk flash fastboot ROM Xiaomi adalah MiFlash atau Xiaomi Flash untuk software versi terbarunya.

Apabila anda berhasil melakukan flash officeial fastboot rom Xiaomi, maka ponsel Xiaomi anda akan berfungsi dengan normal. Namun jika proses flash ini gagal, maka anda biasanya akan dibuat pusing oleh beberapa masalah terkait dengan proses flash ini. Khususnya jika anda menggunakan Xiaomi Redmi Note 3/Pro, saat gagal flash maka smartphone RN3/Pro anda bisa-bisa tidak bisa hidup lagi atau booting. Dan yang lebih parah lagi Redmi Note 3/Pro tidak dapat diflash ulang. Luar biasa masalahnya kan? Hehehe.

Tapi anda jangan kuatir, masalah ini sudah sering dialami oleh beberapa pengguna Xiaomi Redmi Note 3/Pro dan telah banyak yang berhasil mengatasinya sehingga RN3/Pro nya dapat hidup kembali. Saya pribadi pun pernah mengalami hal ini yang membuat saya harus duduk berjam-jam di depan laptop demi untuk mencari solusinya, dan alhamdulillah akhirnya Redmi Note 3 yang saya perbaiki dapat hidup lagi. Olehnya itu kali ini saya akan mencoba membagikan tutorial untuk menghidupkan kembali Xiaomi Redmi Note 3/Pro yang brick akibat gagal flash.

Baca juga:  Tutorial Cara Mengatasi Error "Hello Packet" Saat Flashing Redmi Note 3/Pro Menggunakan MiFlash

Ciri-Ciri Masalah Xiaomi Redmi Note 3/Pro yang Brick

Sebagaimana judul artikel ini, ciri-ciri kerusakan atau masalah yang biasa timbul akibat gagal flashing pada Xiaomi Redmi Note 3/Pro adalah sebagai berikut:

  1. Ponsel tidak dapat hidup dan tidak ada tanda-tanda booting.
  2. Layar Blank alias mati dan tidak ada tampilan sama sekali. Lampu layar pun mati dan tidak dapat hidup walaupun sedang dicharger melalui kabel USB.
  3. Lampu LED notifikasi berwarna merah pada sudut kanan atas Redmi Note 3/Pro hanya berkedip-kedip ketika di charger atau dihubungkan ke komputer menggunakan kabel data USB.
  4. Tidak dapat masuk Fastboot Mode terlebih-lebih Download Mode karena layar dalam keadaan mati sehingga kita tidak mengetahui ponsel dalam mode apa.
  5. Xiaomi Redmi Note 3/Pro tidak terdeteksi di MiFlash pada komputer sehingga tidak dapat diflash ulang.
  6. Pada device manager Windows, muncul port HS-USB Diagnostic 900E ketika menghubungkan RN3/Pro ke komputer menggunakan kabel data USB.

Berdasarkan pengalaman saya, setidaknya terdapat enam ciri-ciri Xiaomi Redmi Note 3/Pro yang brick karena gagal flash sebagaimana yang dipaparkan di atas. Apabila anda juga mengalami hal tersebut, insya Allah artikel ini dapat membantu anda untuk mengatasinya.

Langkah-Langkah Mengatasi Xiaomi Redmi Note 3/Pro yang Brick

Cara mengatasi Xiaomi Redmi Note 3/Pro yang berick alias mati suri adalah dengan melakukan flash ulang fastboot ROM. Bagaimana cara melakukannya sementara RN3/Pro dalam keadaan mati dan tidak terdeteksi di MiFlash? Ini adalah pertanyaan yang lumayan cerdas ketika mengalami kondisi seperti ini.

Pertama-tama adalah memastikan bahwa ponsel RN3 benar-benar mati agar dapat diset untuk masuk ke download mode. Caranya adalah dengan membuka konektor baterai yang terpasang di mesin ponsel. Untuk melepasnya maka anda harus membuka casing belakang RN3 terlebih dahulu dengan hati-hati. Setelah anda berhasil membukanya, maka anda akan melihat mesin ponsel beserta konektor yang terpasang. Lepas dengan hati-hati konektor baterai dan konektor USB pada mesin ponsel kemudian pasang kembali.

Baca juga:  Cara Mudah Membuat Deep Flash Cable (DFC) untuk Xiaomi Redmi Note 3

Lihat Gambar konektor baterai dan USB Xiaomi Redmi Note 3

Hati-hati ketika membuka casing belakang Redmi Note 3/Pro karena terdapat kabel konektor flash kamera yang menempel pada casing ke mesin.

Selanjutnya masuk kembali ke download mode dengan cara tekan dan tahan tombol volume + dan – bersamaan lalu hubungkan ponsel ke komputer menggunakan kabel data USB. Ingat, jangan lepas kedua tombol tersebut ketika ponsel dihubungkan ke komputer. Setelah komputer mengeluarkan nada yang menunjukkan perangkat terhubung, silahkan lepas kedua tombol tersebut.

Buka MiFlash dan cek apakah download Mode Xiaomi Redmi Note 3/Pro telah terdeteksi. Jika berhasil dideteksi oleh MiFlash, silahkan lakukan flash ulang kembali untuk menghidupkan RN3 yang mati suri. Apabila sebelumnya anda gagal melakukan flash RN3/Pro karena muncul error pada MiFlash, anda dapat membaca beberapa artikel berikut untuk mengatasinya:

Setelah proses flash selesai dan berhasil, silahkan hidupkan kembali ponsel dengan menekan tombol power. Mungkin proses ini memerlukan waktu yang lebih lama dari pada waktu yang dibutuhka ketika menghidupkan RN3 saat dalam keadaan normal. Tekan dan tahan saja tombol power dengan sabar hingga RN3/Pro anda hidup kembali.

Xiaomi Redmi Note 3/Pro Masih Gagal Masuk Download Mode

Ketika anda telah melakukan cara di atas namun Xiaomi Redmi Note 3/Pro anda tidak teredeteksi, silahkan buka device manager dan cek port yang muncul ketika ponsel terhubung ke komputer. Jika port yang muncul adalah HS-USB Diagnostic 900E, berarti RN3/Pro harus dipaksa untuk masuk ke download mode. Cara mudah dan amannya adalah dengan menggunakan kabel DFC atau Deep Flash Cable khusus Xiaomi. Kabel ini akan membuat RN3/Pro masuk ke download mode secara paksa, memang kadang yang bandel butuh paksaan, hehehe.

Baca juga:  8 Tips agar Android Tidak Boros Baterai

Cara membuat Deep Flash Cable dan cara menggunakannya dapat anda lihat di sini. Untuk mengatasi HS-USB Diagnostic 900E dapat anda lihat di sini. Setelah smartphone Xiaomi anda terdeteksi di MiFlash setelah melakukan tips-tips tersebut, silahkan diflash ulang kembali.

Apabila penyebab Xiaomi Redmi Note 3/Pro anda brick adalah karena gagal flash, maka sebelum anda melakukan flash ulang, terlebih dahulu anda harus mengatasi masalah flashing sebagaimana di atas.

Semoga setelah mengikuti beberapa tutorial di atas, smartphone Xiaomi Redmi Note 3/Pro anda dapat bangun kembali dari mati surinya. Semoga bermanfaat…

  • jay

    ini pasti work gk bos?!!!

    • work gan, sudah pernah dicoba pada Redmi Note 3 Kenzo yang matot dan LED merah yang cuma berkedip

  • jay

    redmi note 3 kenzo itu yg qualcomm snapdragon bkn bos?!!maklum org awam boz..

  • jay

    oh ya bos ad no WA gk biar nanti bs hub klo masih gagal boz…hh ane msalahny sma yg d atas..thx

  • jay

    boz mau tanya itu windowsnya berapa truz berapa bit?!!!soalny punya saya windows 7 32bit…instalasinya gagal bos di windows 7.

    • Pake Windows 7 64 bit gan. Kalau yang 32 bit banyak errornya. MiFlash yang bagus juga versi 64 bit jadi Windowsnya harus 64 bit juga

    • Ardy

      UP bang

      • Direkomendasika menggunakan Windows 64bit karena MiFlash pada Windows 32bit banyak errornya

  • Prima Noor

    Berhasil gan, ane sudah coba
    Tapi masalah baru muncul nih, ane flash dengan ROM China Dev kenzo_images_7.1.20_20170120.0000.00_6.0_cn
    Sukses flash, boot, ketika setup dia bilang “This device is associated with existing mi account”
    Kok bisa?
    Ada solusi gan?

    • login aja gan pake nomor sim yang pernah digunakan saat membuat Mi Akun di xiaomi nya. kartu SIM yang digunakan juga harus yang sesuai dengan nomor tersebut. atau jangan koneksi ke internet (lepas kartu SIM dan skip WiFi) dulu saat proses setup berlangsung


Mungkin anda juga menyukai:


Tutorial Cara Mudah Membuat USB UEFI Installer Windows 7-8-10

Tutorial Cara Mudah Membuat USB UEFI Installer Windows 7/8/10

Bismillah, setelah sekian lama vakum, akhirnya ada kesempatan lagi untuk membuat artikel baru. Artikel yang saya buat kali  ini adalah ...
Selengkapnya
Cara Mengembalikan Fitur Estimated Data Usage Jaringan WiFi Windows 10

Cara Mengembalikan Fitur “Estimated Data Usage” Jaringan WiFi Windows 10

Anda pengguna paket unlimited atau paket kuota internet? Paket unlimited internet atau kuota dengan jumlah besar seperti berlangganan Indie Home ...
Selengkapnya
Tutorial Fix Drive yang Muncul 2X (Duplikat Drive) di Windows 10

Tutorial Cara Fix Drive yang Muncul 2X (Duplikat Drive) di Windows 10

Siapa yang tidak kenal dengan Microsoft Windows 10, Windows versi terbaru keluaran Microsoft saat ini dengan beberapa polesan dan tambahan fitur yang ...
Selengkapnya
Mengatasi Xiaomi Redmi Note 3Pro Brick, No Fastboot, No Download Mode, LED Blinking (financialexpress.com)

Cara Mengatasi Xiaomi Redmi Note 3/Pro yang Brick, No Boot, No Fastboot, No Download Mode, Layar Blank, LED Merah Berkedip

Bagi pengguna Xiaomi Redmi Note 3/Pro, mungkin pernah mengalami serentetan masalah pada smartphone ini. Mulai dari tiba-tiba mati, lag, ROM abal-abal ...
Selengkapnya
Cara mengatasi HS-USB Diagnostic 900e Redmi Note 3 Pro (forums.oneplus.net)

Tutorial Cara Mengubah HS-USB Diagnostic 900E Menjadi HS-USB QDloader 9008 Xiaomi Redmi Note 3/Pro

Setelah membahas mengenai error "Hello Packet" Xiaomi Redmi Note 3/Pro, kali ini kita akan membahas mengenai teman errornya yaitu port com ...
Selengkapnya
Cara Mengatasi error Hello Packet Xiaomi Redmi Note 3 saat Diflash Menggunakan MiFlash (financialexpress.com)

Tutorial Cara Mengatasi Error “Hello Packet” Saat Flashing Redmi Note 3/Pro Menggunakan MiFlash

Xiaomi Redmi Note 3 adalah salah satu smartphone keluaran Xiaomi yang populer digunakan terutama di Indonesia. RN3 adalah inovasi baru dari ...
Selengkapnya
Cara mengatasi Not enough storage is available to process this command Miflash (forum.gsmdevelopers.com)

Tutorial Cara Mengatasi “Not Enough Storage is Available to Process this Command” pada MiFlash

Assalamu'alaikum sobat MIUIERS, pada kesempatan ini saya akan memberikan tutorial untuk mengatasi Not enough storage is available to process this command saat kita ...
Selengkapnya
Deep Flash Kabel (DFC) siap digunakan untuk bertempur

Cara Mudah Membuat Deep Flash Cable (DFC) untuk Xiaomi Redmi Note 3

Alhamdulillah, setelah lama vakum, akhirnya bisa nulis tutorial lagi. Kali ini saya akan memberikan tutorial cara mudah membuat Deep Flash ...
Selengkapnya
Cara Mudah Mengebalikan Conexant Stereo Mix yang Hilang pada Windows 8 10

Cara Mudah Mengembalikan Conexant Stereo Mix yang Hilang pada Windows 8/10

Conexant Stereo Mix adalah salah satu fitur recording atau perekam pada sistem operasi Microsoft Windows. Tahu gak bedanya dengan rekaman ...
Selengkapnya
Cara Install Banyak Aplikasi Android Sekaligus dalam Satu Perintah ADB Install (digitaldoubt.com)

Cara Mudah Instal Banyak Aplikasi Android dalam Satu Perintah ADB Install (Batch Install)

Banyak cara untuk menginstal aplikasi pada perangkat android. Cara yang umum digunakan adalah dengan menginstal melalui Google Play Store secara online ...
Selengkapnya
Cara Mengatasi Software Game Steam yang Tiba-Tiba Sangat Lambat pada Windows

Cara Fix Software Game Steam yang Tiba-Tiba Sangat Lambat pada Windows

Halo sobat gamers, pernah dengar kata Steam? Yah, Steam adalah software pendukung untuk memainkan game-game keluaran perusahaan game besar Valve yang ...
Selengkapnya
Cara Mudah Instal Aplikasi pada Smartphone Android Melalui PC Komputer (industrygirlblog.com)

Cara Mudah Instal Aplikasi pada Smartphone Android Melalui PC/Komputer

Menginstal aplikasi android lewat PC lebih mudah jika dibandingkan menginstal aplikasi pada perangkat android itu sendiri, terutama jika aplikasi yang ...
Selengkapnya