5 Aplikasi Root Gratis untuk Root Ponsel Android

Aplikasi Root Gratis untuk Root Ponsel Android -- (tispy.net)
Aplikasi Root Gratis untuk Root Ponsel Android -- (tispy.net)

Assalamu’alaikum, kali ini saya akan membagikan daftar aplikasi android untuk melakukan root pada ponsel dengan sistem operasi android yang tentunya gratis. Sebelumnya kita perlu tau apa itu root.

Secara umum, root merupakan suatu proses dimana kita mendapatkan izin untuk mengakses perangkat android sebagai Superuser. Kita dapat melakukan apapun pada perangkat yang telah di-root, tentunya dengan menanggung semua masalahnya sendiri.

Ketika berhasil me-root perangkat, kita dapat mengakses folder utama pada perangkat dan memodifikasinya. Beberapa keuntungan ketika kita melakukan root adalah kita dapat menginstall Custom ROM, menjalankan aplikasi khusus, melakukan backup & restore, menghapus sampah untuk menambah ruang penyimpanan, dan sebagainya.

Baca juga:  Mengapa Harus Menggunakan Media Sosial Secara Profesional?

Ketika kita ingin melakukan root pada perangkat android dibutuhan sebuah aplikasi untuk melakukan hal tersebut. Aplikasi ini biasanya disebut dengan Root Apps atau Aplikasi Root. Aplikasi ini dibuat khusus untuk memudahkan kita dalam me-root perangkat android. Telah banyak aplikasi yang tersebar di Internet. Berikut ini beberapa diantaranya :

Daftar Aplikasi Root Gratis untuk Android

1. Kingroot

Kingroot merupakan aplikasi root yang populer untuk root android. Aplikasi ini memiliki fitur One-Click yakni dengan sekali klik, maka android anda akan te-root. Kingroot mendukung android versi 2.x hingga android 5.0 dan juga mendukung perangkat android secara umum dan dapat melakukan root dengan tingkat kesuksesan yang tinggi.

2. KingoRoot

Aplikasi root dengan fitur One-Click lainnya adalah KingoRoot. Aplikasi ini memungkinkan kita untuk root android melalui Windows pada kompter atau melalui android itu sendiri. Kingo juga mendukung perangkat android pada umunya seperti Samsung, Sony, HTC, ZTE, Asus dan perangkat yang lain.

Baca juga:  Tutorial Cara Mengaktifkan Diag Mode pada Android Lollipop (Xiaomi Redmi 3/Pro)

3. Root Master

RootMaster merupakan aplikasi yang berbahasa Cina, namun pada versi terbarunya, aplikasi ini dihadirkan dengan bahasa Inggris karena beberapa pengguna kesulitan untuk root perangkat androidnya. RootMaster memiliki beberap kesamaan dengan KingRoot dan juga mendukung beberapa brand ponsel android.

4. Framaroot

Framaroot merupakan salah satu aplikasi root gratis terbaik untuk android 2.3+ hingga android 4. Aplikasi ini juga mendukung model ponsel secara umum. Perbedaan antara Framaroot dengan aplikasi root lainnya adalah memungkinkan kita untuk memilih mode Exploit yang telah disediakan.

5. SuperSU

Aplikasi root android gratis yang menjadi favorit adalah SuperSU. Aplikasi ini sudah menjadi aplikasi kesukaan bagi yang suka melakukan eksperimen pada perangkat android. Dengan antar-muka yang sederhana dan tanpa iklan, tentu menjadi kelebihan dari aplikasi root yang satu ini. Untuk dapat menggunakannya, terlebih dahulu perangkat harus di-flash menggunakan TWRP.

Untuk root ponsel android, biasanya ponsel harus unlock bootloader terlebih dahulu. Cara unlock ini berbeda-beda untuk tiap merek ponsel. Mungkin anda akan diminta sejenis key atau token agar bisa mengunlock ponsel android anda.

Baca juga:  4G LTE Hilang Lagi Setelah Flash ROM MIUI Terbaru? Berikut Cara Mengembalikannya

Root ponsel android memang memiliki banyak keuntungan sebagaimana telah dijelaskan sebelumnya. Tapi dibalik kelebihan itu, sebenarnya melakukan root pada android cukup berbahaya juga.

Root memberikan akses penuh ke dalam sistem android — bisa dibayangkan jika kita melakukan kesalahan dalam mengubah sistem, maka akan berakibat fatal. Kerusakan yang terjadi akibat kesalahan saat mengutak-atik sistem bisa bermacam-macam, mulai dari kerusakan software dan yang parah adalah kerusakan pada hardware sehingga disarankan agar selalu berhati-hati dalam melakukannya.

Baca juga:  Cara Mengembalikan Pengaturan LTE Only MIUI Terbaru 2017

Beberapa daftar aplikasi root gratis di atas dapat kita gunakan untuk melakukan root pada perangkat kita dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing. Untuk mengetahui yang aplikasi root terbaik, bisa kita coba sendiri. Jika anda memiliki aplikasi root yang lain, bisa anda sharing melalui komentar di bawah 🙂

Please follow and like us: