Begini Cara Mencegah Virus Ransomware Wannacry agar Tidak Menjangkiti Komputer

Tampilan Saat Komputer Terinfeksi Virus Ransomware Wannacry
Tampilan Saat Komputer Terinfeksi Virus Ransomware Wannacry

Teradpat jenis virus baru yang akhir-akhir ini menggemparkan dunia, yang bernama virus “Ransomware WannaCry”. Apabila komputer terinfeksi virus ini, maka seluruh data komputer akan terencrypt alias terkunci dan tidak akan bisa lagi terbuka, kecuali memiliki key untuk mendecrypt.

Jenis virus ini diketahui hanya menginfeksi komputer dengan sistem operasi Windows, namun dilansir dari berapa website berita dan forum-forum, virus ini juga mulai menjangkiti sistem operasi Linux dan Mac OS. Hacker yang menyebarkan virus ransomeware akan meminta tebusan $300 / sekitar 4jt untuk memberikan key agar komputer dapat pulih kembali setelah terinfeksi (belum ada jaminan).

Bagaimana cara pencegahannya?

Agar komputer yang kita gunakan tidak mudah terjangkiti jenis virus ini dan virus-virus yang lainnya, kita dapat melakukan beberapa langkah antisipasi sebagai berikut:

1. Jangan terhubung dengan internet ( )

2. Gunakan antivirus (gratis / berbayar) yang memiliki fitur firewall dan sandbox / auto containtmen, jangan lupa update secara berkala atau bagusnya aktifkan autoupdate (cara pertama tidak berlaku lagi, horeee  )

Baca juga:  Komputer Anda Terserang Virus? Berikut 5 Daftar Antivirus Komputer yang Direkomendasikan

3. Jika menggunakan Windows asli, update security patch. Untuk sistem operasi Linux dan Mac, lakukan update sistem dan security secara berkala.

4. Hindari software bajakan, terutama yang memiliki crack. Sofware bajakan dan software crack bisa membawa sourcecode virus. Jika berhasil menghindarinya, Insya Allah akan digantikan dengan yang lebih baik

5. Pandai-pandailah dalam mendowload file di internet. Walau banyak tombol/link dengan tulisan download, pilihlah tombol/link yang sebenarnya. Jikat tidak tahu pilih yang mana, tanyakan kepada yang lebih tahu

6. Jika ada file yang terlihat mencurigakan, jangan langsung dibuka/diklik 2x. Eksekusi file tersebut jika memang telah diketahui fungsinya.

Baca juga:  Patch 1.0 MIUI 9 (7.9.15) Global Beta Redmi 3/Pro

7. Jangan mematikan fungsi UAC (User account control) pada Windows. Apa itu UAC? Itu e yang sering muncul pilih Yes/No kalau mau jalankan program. UAC bisa mencegah program berjalan secara otomatis, tergantung pilihan user

8. Khusus pengguna email, gunakan email dari provider yang terpercaya seperti Gmail atau Yahoo Mail karena provider tersebut dapat mengidentifikasi jenis email yang bervirus atau yang tidak.

9. Jika terdapat email pada folder spam, langsung hapus saja tanpa harus dibuka.

10. Jika menerima email dengan isi berupa link/file, jangan diklik kecuali diketahui sumbernya atau sumber email dapat dipercaya.

Baca juga:  Cara Mengatasi Laptop yang Cepat Panas

11. Hindari mendaftar pada forum/website penyedia software bajakan/crack

Beberapa langkah di atas insya Allah dapat menghidarkan dan mencegah virus agar tidak menjangkiti komputer. Para hacker mengatakan bahwa tidak ada sistem yang aman, namun kita juga dapat mengatakan bahwa tidak ada serangan yang tidak dapat ditangkal.

Please follow and like us: