Cara Backup Data Pada Komputer yang Tidak Dapat Diakses

Windows Error
Windows Error

Komputer Tidak Bisa Masuk Windows

Cara Backup Data Pada Komputer yang Tidak Dapat Diakses — Sering kali kita mengalami Windows pada komputer yang kita gunakan tiba-tiba rusak dan tidak berjalan normal, bahkan tidak bisa lagi booting. Hal tersebut dikarenakan mungkin karena pengaruh virus atau ada file sistem yang bermasalah. Telah banyak cara yang kita lakukan agar komputer bisa kembali berjalan normal, namun satu-satunya cara adalah dengan menginstal ulang. Lalu bagaimana jika terdapat data penting yang kemungkinan akan terhapus ketika komputer diinstal ulang? Tentu kita harus menemukan cara backup data pada komputer terlebih dahulu.

Bagaimana cara backup data pada komputer yang tidak dapat diakses? Tenang saja, Insya Allah beberapa cara backup data komputer ini bisa membantu.

Baca juga:  5 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Menginstal Windows pada Komputer

Cara Backup Data Pada Komputer

Ketika kesulitan untuk mengakses data pada harddisk dikarenakan tidak bisa masuk Windows, biasanya teknisi akan melepas harddisk komputer dan memasangnya pada komputer lain untuk mem-backup data-data di dalamnya. Tapi jika ada cara lain untuk mengakses data dalam harddisk tersebut tanpa harus melepasnya, kenapa kita harus repot-repot kan?

Solusinya adalah dengan menggunakan Sistem Operasi (OS) portable yang disimpan pada harddisk. Kurang lebih mirip dengan installer Windows, tapi OS ini bersifat portable dan tidak perlu diinstall lagi. Cukup booting lewat USB Flash Disk dan OS portable tersebut akan berjalan layaknya Windows, sehingga data pada komputer dapat di-backup dengan mudah.

Baca juga:  7 Tips untuk Menghemat Baterai Laptop

Jika anda tidak familiar dengan USB Bootable, anda bisa mencarinya pada OM Google untuk melihat penjelasannya berikut cara membuatnya. Banyak software yang bisa digunakan untuk membuat USB Bootable tergantung sistem operasi atau software boot yang ingin digunakan. Jika telah paham mengenai USB Bootable Flash Disk dan cara membuatnya, kita bisa langsung membuat Sistem Operasi Portable pada USB Flash Disk.

Daftar Software/OS Portable untuk USB Bootable Flash Disk

Membuat OS/Software Portable, selain USB Flash Disk, juga dibutuhkan OS/Software yang bisa berjalan secara portable ketika boot pada komputer. Berikut ini daftar Software/OS Portable yang bisa Anda gunakan.

1. Linux OS Live CD/DVD

Sistem Operasi Linux adalah sistem operasi alternativ pengganti Windows bagi pengguna yang menginginkan OS yang bersifat Open Source atau Free terpasang pada komputer. Selain bersifat gratis, Linux juga diklaim bebas dari virus karena keamanan source code nya yang terus ditingkatkan.

Linux OS sebagian besar mendukung LiveCD yakni dapat kita gunakan secara portable pada komputer tanpa diinstal, baik dengan menggunakan CD/DVD atau menggunakan USB Flash Disk. Beberapa Linux OS yang dapat digunakan secara portable adalah Ubuntu Desktop, Linux Mint, Slax Linux, Linux Lite dsb. Dengan Linux OS LiveCD, kita dapat mengakses harddisk dan mem-backup data di dalamnya.

2. Hiren’s Boot CD (HBCD) Mini XP/7

Salah satu kumpulan software andalan untuk memperbaiki komputer adalah Hiren’s Boot CD atau sering disingkat dengan HBCD. HBCD adalah file yang berbentuk image/iso yang berisi kumpulan software-software reparasi dan tweaker komputer hingga software hacker. HBCD juga bersifat bootable sehingga dapat digunakan untuk booting pada komputer.

Terdapat beberapa sistem operasi portable di dalam HBCD, salah satunya adalah Mini XP. Mini XP merupakan Sistem Operasi Windows XP yang telah dikecilkan dan dihilangkan semua fitur-fiturnya kecuali fungsi untuk boot dan untuk mengakses harddisk. Melalui Mini XP, kita bisa mem-backup data pada partisi harddisk yang sebelumnya tidak bisa diakses.

Baca juga:  Software Aplikasi Pembuat Rapor Otomatis

3. COMODO Rescue Disk

COMODO Antivirus adalah salah satu software Antivirus yang bersifat gratis untuk multi-platform. Jika anda masih bingung memilih antvirus untuk komputer anda, berikut daftar antivirus yang kami rekomendasikan.

Comodo Antivirus memiliki salah satu fitur sangat membantu baik dalam mem-backup data ataupun dalam menghapus virus yakni COMODO Rescue Disk yang bersifat bootable dan portable. COMODO Rescue Disk sebenarnya adalah antivirus yang bersifat portable, namun karena interface saat digunakan mirip dengan Linux LiveCD, kita dapat menggunakannya sebagai cara backup data pada komputer.

Baca juga:  Tutorial Cara Fix Drive yang Muncul 2X (Duplikat Drive) di Windows 10

Itulah beberapa cara backup data pada komputer yang tidak bisa diakses. Cara-cara diatas hanya bisa digunakan pada komputer yang rusak pada Sistem Operasinya (Windows) dan tidak berlaku pada komputer yang mengalami kerusakan pada hardware (Bad Sector, Korslet dsb). Semoga bisa membantu.