Cara Disable Notifikasi Update MIUI Xiaomi

Cara disable notifikasi MIUI ROM

Cara disable notifikasi update MIUI Xiaomi — Xiaomi/Hongmi merupakan salah satu brand terkenal saat ini. Perusahaan raksasa yang berasal dari Cina ini menawarkan banyak jenis produk teknologi, salah satunya adalah smartphone dengan fitur Android. Produk yang berkualitas dengan harga yang relatif murah menjadikan smartphone ini laris manis di pasaran.

Pemasaran smartphone Xiaomi sudah tersebar di penjuru dunia, baik di Asia, Eropa, maupun Amerika. Di Indonesia sendiri, smartphone Xiaomi lumayan diminati oleh masyarakat karena harganya yang relatif murah untuk kualitas lumayan bagus. Untuk smartphone dengan kualitas high-end tidak kalah bagus dengan smartphone brand lain yang sudah lebih dulu terkenal seperti Samsung, Advan, Acer, Huawei serta brand-brand lainnya.

Sistem Operasi Smartphone Xiaomi/Hongmi

Smartphone Xiaomi digandengkan dengan sistem operasi Android yang merupakan sistem operasi wajib smartphone sekarang. Xiaomi berinisiatif untuk mengembangan sistem operasi sendiri agar tidak ribet dan rumit saat digunakan oleh pengguna smartphone Xiaomi. Olehnya itu, lahirlah sistem operasi berbasis Android dengan nama MIUI yang kini terpasang pada smartphone-smartphone Xiaomi.

Baca juga:  Tutorial Cara Mengatasi Jaringan Tidak Stabil pada Komputer

Dari segi interface, MIUI bisa dikatakan cukup elegan dengan tampilan default yang lebih mengarah ke model flat. Jika anda ingin tampilan interface yang berbeda, anda dapat mengeksplorasi tema-tema gratis dari Xiaomi. Telah banya pengembang yang ikut berkontribusi dalam pembuatan tema MIUI. Pengguna Xiaomi cukup mendowload tema-tema gratis tersebut melalui fitur tema Xiaomi dan memasangnya.

Selain dari sisi tampilan, sistem operasi MIUI juga cukup ringan saat dijalanan di smartphone. Perpindahan dan multitasking operasi untuk setiap aplikasi lumayan cepat. Hal ini tentunya juga dipengaruhi oleh mesin yang digunakan oleh ponsel pintar tersebut seperti CPU, RAM, dan resource lainnya.

Fitur lain dari MIUI adalah OTA-update, merupakan fitur untuk mengupdate MIUI ke versi baru. Smartphone Xiaomi yang dipasarkan di Indonesia telah dapasangi dengan ROM MIUI versi distributor sehingga tidak akan mendapatkan fitur OTA-update ini. Untuk dapat mengaktifkannya, smartphone Xiaomi harus diflash terlebih dahulu menggunakan ROM original Xiaomi.

Cara Disable Notifikasi Update MIUI ROM

Jika anda sudah nyaman menggunakan ROM MIUI versi distributor, sebaiknya anda mengabaikan tutorial ini. Namun jika anda terlanjur telah mengupdate/flash ROM Xiaomi original dan tidak ingin menerima OTA-update, maka tutorial ini cocok untuk anda.

Baca juga:  Tutorial Cara Menampilkan Menu Hibernasi pada Windows

Mengapa mendisable update MIUI Xiaomi? Seperti telah disebutkan sebelumnya bahwa ada kalanya kita sudah merasa nyaman menggunakan salah satu versi MIUI, namun tiba-tiba MIUI mengupdate secara otomatis. Hal ini akan menghabiskan kuota internet sekita 800MB-1GB+, belum lagi jika ROM yang terpasang belum stabil digunakan pada ponsel seperti ROM versi beta dll.

Auto-update bisa dimatikan pada fitur Update MIUI dengan membuka pengaturan Update. Namun mematikan fitu auto-update ini tidak akan mematikan notifikasi/notification update MIUI. Jika terdapat versi MIUI terbaru, maka akan muncul pemberitahuan pada notification bar. Biasanya hal ini sangat mengganggu, belum lagi jika ada yang iseng mengupdate smartphone tanpa sepengetahuan kita.

Untuk mematikan OTA-update ROM MIUI, bisa dilihat langkah-langkah cara disable notifikasi update MIUI berikut.

Smartphone Xiaomi Sudah Unlock Bootloader dan Telah di-ROOT

Mematikan OTA-update dapat dilakukan dengan mengubah berapa script pada file build.prop android. Untuk dapat mengakses dan mengubah file ini, dibutuhkan akses root dan bootloader ponsel telah di unlock.

Perhatian : Memodifikasi file system android dapat menyebabkan kerusakan pada smartphone seperti bootloop, mati total dan kerusakan-kerusakan lainnya. Diharapkan untuk melakukan backup terlebih dahulu sebelum melakukan tutorial ini atau/dengan didampingi dengan teknisi ahli. Kami tidak bertanggung jawab jika dikemudian hari didapatkan masalah pada smartphone karena kesalahan individu.

Baca juga:  Tutorial Cara Membuat USB Installer Windows

Jika ponsel Xiaomi telah terpasang aplikasi root seperti SuperSU, Kingroot dan aplikasi lainnya, maka bisa dikatakan ponsel tersebut telah di-root. Aplikasi-aplikasi tersebut digunakan untuk meroot android smartphone.

Cari File “build.prop” dan Modifikasi

File build.prop biasanya terdapat pada folder root/system. Untuk mengakses build.prop bisa menggunakan aplikasi explorer yang bisa mengakses root folder seperti X-plore.Cara disable notifikasi update MIUI ROM

Jika sudah ditemukan, backup terlebih dahulu file build.prop. Selanjutnya, silahkan buka file tersbut. Tampilannya kira-kira seperti gambar berikut:Cara disable notifikasi update MIUI ROM

Pada script yang ditandai dengan kotak merah, terdapat beberapa kode produk seperti buil.id, display.id, version.incremental, dan product.model. Ganti script tersebut sesuai selera. Agar tidak ribet saat ingin mengembalikan default, cukup tambahkan satu huruf dibelakang script. Pada kasus diatas, saya menambahkan huruf “x” untuk tiap script dan mengubah produk model menjadi Redmi 3 Pro (default : Redmi 3).

Cari kode yang sama di setiap baris dan lakukan perubahan sebagaimana kode-kode sebelumnya. Jika sudah selesai, silahkan simpan perubahan dan restart ponsel Xiaomi anda.

Baca juga:  Cara Mudah Membuat Deep Flash Cable (DFC) untuk Xiaomi Redmi Note 3

Untuk mengecek apakah OTA-update telah di disable, silahkan hubungkan ponsel ke internet dan masuk ke fitur Update MIUI. Jika muncul notifikasi “no update available” maka pengaturan telah berhasil.Cara disable notifikasi update MIUI ROM

Tutorial cara disable notifikasi update MIUI XIAOMI ini berhasil dilakukan pada ponsel Xiaomi Redmi 3 Pro. Cara ini berhasil menghilangkan update MIUI dari versi 7 ke versi 8 karena menurut saya MIUI versi 8 masih kurang stabil untuk Redmi 3 Pro. Besar kemungkinan trik ini juga bekerja pada ponsel brand lain, namun belum pernah dites sebelumnya sehingga butuh kehati-hatian dalam mencobanya.

Please follow and like us: