Cara Fix Software Game Steam yang Tiba-Tiba Sangat Lambat pada Windows

Cara Mengatasi Software Game Steam yang Tiba-Tiba Sangat Lambat pada Windows
Cara Mengatasi Software Game Steam yang Tiba-Tiba Sangat Lambat pada Windows

Halo sobat gamers, pernah dengar kata Steam? Yah, Steam adalah software pendukung untuk memainkan game-game keluaran perusahaan game besar Valve yang sebagian besar bersifat online. Salah satu game Steam yang populer saat ini adalah game DOTA 2.

Software Steam memudahkan kita untuk menginstal beberapa game dengan cukup mengklik saja. Namun tentunya game-game yang ingin diinstal tidak serta merta langsung dimiliki sob karena ada beberapa game yang bersifat paid atau berbayar dan ada pula yang sifatnya free-to-play atau gratis seperti game DOTA 2 ini.

Ada satu masalah yang sering di dapatkan pada software game Steam ini yaitu tampilan interface atau UI yang tiba-tiba melambat. Mungkin berapa gamer pernah merasakannya ketika ingin mengklik menu-menu pada Steam, software tersebut merespon dengan sangat lambat. Bahkan hanya untuk berubah warna tombol saat mengarahkan mouse ke atasnya saja membutuhkan waktu sekitar 3 detik.

Baca juga:  Mobile Legend: Bang Bang, Game MOBA Populer Saat Ini

Hal ini tentu sangat mengganggu terutama jika kita ingin mengubah beberapa pengaturan game pada Steam, atau hanya sekedar browsing fitur-fitur atau game-game di dalamnya. Untuk itu pada tutorial ini saya akan mencoba memberikan tutorial untuk mengatasi software game Steam yang tiba-tiba sangat lambat atau lemot pada Windows.

Langkah-Langkah Mengatasi Steam yang Lambat

Pertama-tama, kita harus mengetahui penyebab mengapa Steam ini tiba-tiba sangat lambat. Menurut pengamatan saya, Steam ini melambat karena ada beberapa komponen yang sama yang berjalan bersamaan. Mungkin hal ini dipicu karena koneksi internet yang tiba-tiba melambat atau RTO — ini berdasarkan pengalaman yang saya alami sendiri.

Komponen Steam yang berjalan bersamaan yang saya maksud adalah “Steam Client WebHelper”. Komponen ini dapat sobat lihat pada Task Manager Windows, biasanya dibagian agak bawah jadi discroll saja sampai pada list program dengan awalan huruf “S”.

Steam Client WebHelper menjadi penyebab Steam yang tiba-tiba sangat lambat
Steam Client WebHelper menjadi penyebab Steam yang tiba-tiba sangat lambat
Baca juga:  7 Tips untuk Menghemat Baterai Laptop

Untuk mengatasi Steam yang tiba-tiba sangat lambat, berikut langkah-langkahnya:

  1. Lakukan langkah ini hanya jika anda mengalami hal seperti di atas yaitu Steam yang sangat lambat dalam merespon.
  2. Buka Task Manager Windows dengan mengklik kanan toolbar dan pilih Task Manager, atau dengan menekan “Ctrl + Shift + Esc” pada keyboard.
  3. Jika anda pengguna Windows 8/10, mungkin proses task manager tidak muncul sepenuhnya. Klik More details untuk menampilkan semua proses aplikasi.
  4. Scroll jendela task manager ke bawah dan cari komponen Steam Client WebHelper (32 bit) kemudian klik tombol end task pada sudut kanan bawah. Sobat juga bisa mengkill proses ini dengan mengklik kanan pada komponen dan pilih end task.

Setelah melakukan beberapa langkah diatas, silahkan coba mengklik menu-menu pada software Steam sobat, dijamin Steam akan kembali lancar jaya. Sobat bisa kembali melakukan konfigurasi Steam dan game-game yang sudah sobat instal tanpa harus menunggu lagi beberapa detik sebelum Steam merespon.

Baca juga:  Daftar Software Recovery Data Gratis Terbaik 2017

Steam yang tiba-tiba lambat mungkin salah satu bug pada software Steam. Karena biasanya akan ada update software secara reguler, diharapkan update-update kedepannya dapat memperbaiki bug ini. Selamat ber-game ria 🙂

  • Achmad Rifai

    thanks gan sangat membantu infonya.. recomended bgt nih webnya

  • Erzantia Musiva

    Terimakasih banyak atas infonya, saya abandon gara2 masalah ini. Nanti saya coba fix. Sekali lagi terimakasih, sangat bermanfaat nih

  • Prasetya Adi Guna

    Thanks infonya sangat membantu

  • Dzulfikar Adzakie

    ma’aci