Tutorial Cara Membuat Virtual Host pada UwAmp

Apache Logo

Cara Membuat Virtual Host – Virtual Host merupakan server buatan yang diset pada server lokal komputer atau biasa disebut dengan localhost. Bagi web programmer tentu sudah sering berinteraksi dengan istilah localhost, dimana semua website yang dikembangkan akan ditinjau dengan alamat ini. Selain menggunakan alamat localhost, local server juga dapat diakses dengan IP local seperti 127.0.0.1.

Ketika menggunakan alamat localhost atau IP 127.0.0.1 sebagai alamat pratinjau web di komputer, biasanya akan disertakan dengan nama folder website seperti http://localhost/nama_web atau http://127.0.0.1/nama_web. Agar alamat web terlihat lebih asli dan elegant seperti www.namaweb.com, maka dibuatlah server virtual atau virtual host.

Cara Membuat Virtual Host/Server

Untuk membuat virtual server, admin menggunakan aplikasi UwAmp karena lebih mudah dan portable. Aplikasinya bisa di download di website resmi UwAmp. Disarankan untuk mendownload versi rar nya.

Setelah UwAmp selesai terdownload, extract di tempat yang diinginkan. Buka folder hasil extract (uwamp) dan jalankan UwAmp.exe. Jika server berhasil jalan, maka tampilannya akan seperti berikut.

Tutorial Cara Membuat Virtual Host - YUKDIBACA.com

Klik tombol Apache Config dan klik tombol “+” untuk membuat server baru.

Tutorial cara membuat virtual host windows

Setelah itu, klik server baru yang telah dibuat pada daftar server bagian kiri dan lakukan konfigurasi seperti pada gambar di bawah.

Tutorial cara membuat virtual host windows

Untuk Server Name bisa diisi dengan apa saja. Server Alias merupakan nama url yang nantinya akan diketik di web browser. Document Root adalah path folder tempat website anda. ganti nama “serverku” dengan nama folder anda di dalam folder “www” pada UwAmp. Untuk Folder, klik tombol “+” kemudian klik 2x list folder di sebelah kanan untuk mengedit dan isi seperti di bawah ini.

Tutorial cara membuat virtual host windows

Pengisian directory sama dengan pengisian sebelumnya, kemudian klik OK dan OK lagi untuk menutup jendela Apache Config. Apache server akan te-restart otomatis untuk menyimpan pengaturan.

Baca juga:  Tutorial Cara Mengatasi Jaringan Tidak Stabil pada Komputer

Yang terakhir adalah dengan mengalihkan url yang kita buat tadi ke local server (agar tidak mencari domain di internet) dengan mengedit file host Windows. Buka Run Command dan ketik %windir%\System32\drivers\etc kemudian tekan Enter. Buka file host menggunakan Notepad atau text editor lainnya kemudian tambahkan baris berikut di bawahnya.

Tutorial cara membuat virtual host windows

Tutorial cara membuat virtual host windows

Tutorial cara membuat virtual host windows

Simpan perubahan dengan menekan CTRL + S atau file  save. Jika file tidak bisa disimpan maka jalankan notepad sebagai administrator (Run as Administrator).

Setelah semua langkah-langkah dilakukan, saatnya mengetes apakah virtual server berjalan di web browser atau tidak. Buka Web browser favorit anda dan ketik url yang telah dibuat tadi, contohnya http://www.server.ku.

Tutorial cara membuat virtual host windows

Jika virtual server berhasil, maka web browser akan menampilan website di dalam folder anda. Selamat mencoba dan have fun ^_^

Keywords : Cara mudah membuat virtual server di localhost pada Windows, Cara membuat Virtual Host di XAMPP, Cara membuat Virtual Host pada XAMPP, Cara membuat Virtual Host, Membuat Virtual Host dengan XAMPP, Membuat Virtual Host dengan WAMP Server, Cara membuat Virtual Host pada Windows