Cara Mendapatkan SSL Gratis untuk Website

SSL Gratis — Sering kita mendengar dan melihat berita tentang beberapa website telah diretas oleh hacker. Biasanya website ini merupakan milik pemerintah, perusahaan-perusahaan besar seperti bank hingga instansi pendidikan.

Ada beberapa model dari peretasan, diantaranya yaitu mengakses data, pencurian data, modifikasi data seperti menghapus, mengubah, menduplikasi data, dan overload server.

Motif dari peretasan pun bermacam-macam, mulai dari tindak kriminal, unjuk kemampuan, serta pengujian keamanan website. Hacker sendiri terbagi dua yakni hacker hitam atau Black Hat dan hacker putih atau White Hat. Peretasan untuk tindakan kriminal biasanya dilakukan oleh hacker black hat, sementara untuk pengujian sistem keamanan dilakukan oleh hacker white hat.

Baca juga:  Begini Cara Mencegah Virus Ransomware Wannacry agar Tidak Menjangkiti Komputer

Mengapa Website Dapat Diretas?

Penyebab website mudah diretas adalah karena kurangnya keamanan pada website tersebut. Fitur keamanan pada website biasa juga disebut dengan SSL (Secure Sockets Layer). SSL merupakan suatu standar teknologi keamanan yang memungkinkan jaringan antara server dan client terenkripsi. SSL akan mengenkripsi data-data yang dikirim dari server ke client atau sebaliknya seperti username, password, dan data lainnya sehingga menyulitkan hacker dalam membaca isi dari data tersebut.

Website dengan fitur SSL yang telah aktif biasanya ditandai dengan protokol HTTPS pada browser dengan teks atau latar warna hijau seperti gambar di bawah ini:

Lihat Gambar

Untuk bisa mendapatkan sertifikat SSL pada website, maka perlu untuk merogoh kantong dalam-dalam karena biaya yang diperlukan tidaklah sedikit terutama jika sertifikat didapatkan dari perusahaan penyedia jasa SSL yang namanya sudah cukup terkenal.

Baca juga:  Software Aplikasi Pembuat Rapor Otomatis

Sertifikat SSL ini diperuntukkan bagi website yang memang membutuhkan keamanan dalam trafik data terutama data yang sangat sensitif seperti website penjualan online, website pengelolaan keuangan, dan website. Namun jika anda memiliki website pribadi seperti blog, maka anda bisa mendapatkan SSL gratis untuk website anda.

Salah satu penyedia jasa SSL gratis untuk website adalah Cloudflare. Cukup mendaftarkan domain website anda pada website resmi Cloudflare dan anda akan diberikan fitur SSL gratis untuk website anda.

Beberapa keuntungan dengan mendaftarkan website ke Cloudflare untuk layanan free antara lain:

  • Sertifikat SSL gratis untuk website
  • Firewall untuk mengamankan website dari serangan hacker
  • Auto HTTPS redirection
  • Cache website sehingga website tetap dapat diakses walaupun server sedang down
  • Edge cache untuk cache konten website sehingga akses akan lebih cepat.
  • Auto minify script HTML, CSS, JS untuk load website lebih cepat
  • dll
Baca juga:  5 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Menginstal Windows pada Komputer

Walaupun gratis, Cloudflare masih memberikan banyak fitur-fitur unggulan untuk memaksmalkan keamanan website. Tidak heran banyak pemilik website dan blog yang menggunakan jasa Cloudflare untuk web dan blog mereka.SSL Gratis untuk WebsiteJika anda menggunakan CMS WordPress untuk membangun website atau blog, Cloudflare sendiri telah menyediakan official plugin untuk menghubungkan website dengan fitur Cloudflare. Plugin ini semakin memudahkan dalam mengatur dan mengkonfigurasi akun Cloudflare agar optimal untuk website yang digunakan.