Tutorial Cara Mudah Mengaktifkan Boot Flashdisk dan Harddisk

Gparted Flag

Pada postingan sebelumnya telah dibahas mengenai membuat USB bootable untuk menginstall Windows tanpa menggunakan software tambahan. Kali ini adalah bagaimana mengaktifkan boot flashdisk atau hard disk agar dapat booting pada PC/Laptop.

Mengapa Bisa Boot?

USB flashdisk atau harddisk tidak serta merta dapat boot begitu saja. Dalam bahasa teknisi, setiap flashdisk dan harddisk memiliki flags yang menentukan apakah bootnya aktif atau tidak. Flags inilah yang kadang menjadikan proses boot pada flashdisk dan hard disk terkendala seperti “boot drive not found” atau yang semisalnya.

Lihat gambar boot flag

Flags pada flashdisk dan harddisk dapat dilihat dengan menggunakan HDD Tools seperti Gparted pada linux atau software hard disk windows.

Namun pada tutorial ini, kita tidak akan menggunakan tool-tool yang susah yang bahkan bisa menyebabkan hal-hal yang fatal jika melakukan kesalahan seperti kehilangan data dan sebagainya. Software yang akan kita gunakan adalah software freeware yang ringan namun sangat berguna bagi teknisi dalam memperbaiki komputer yakni Bootice. Untuk penjelasan lengkap tentang Bootice, banyak kok di internet, hehehe.

Mengaktifkan Boot Flashdisk Menggunakan Bootice

Untuk memulai mengaktifkan flags boot, silahkan terlebih dahulu download software bootice di sini. Ukuran file hanya berkisar 300KB. Setelah file terunduh/terdownload, extract file tersebut. Colok USB flashdisk yang akan diaktifkan dan tunggu hingga terdeteksi. Kemudian jalankan bootice.exe.

Lihat gambar

Pada Destination Disk, pilih USB flashdisk yang akan diaktifkan dan klik Parts Manage. Selanjutnya akan muncul jendela baru.

Lihat gambar

Setelah jendela parts manage terbuka, pilih flashdisk atau partisi harddisk yang ingin diaktifkan, kemudian klik Activate. Keberhasilan aktifasi akan ditandai dengan blur/disable nya tombol activate dan pada flash disk akan muncul huruf di kolom Act. Tutup semua jendela bootice dan flashdisk atau harddisk anda siap untuk booting.

Baca juga:  Tutorial Cara Membuat Blog di Blogspot Lengkap dengan Gambar

Demikian tutorial Cara mudah mengaktifkan boot pada USB flash disk dan harddisk. Semoga tutorial cara mengaktifkan boot flashdisk dan harddisk ini dapat bermanfaat.

Video tutorial bisa dilihat di channel kami.

Please follow and like us: