Tutorial Cara Mengaktifkan Diag Mode pada Android Lollipop (Xiaomi Redmi 3/Pro)

Android Chip
Android Chip

Mengenal Diag Mode pada Android

YUKDIBACA.com – Assalamu’alaikum, kali ini saya akan memberikan tutorial untuk mengaktifkan DIAG MODE pada Android Lolliop. Lalu apa itu DIAG MODE? DIAG MODE atau Diagnostic Mode USB adalah kondisi dimana kita dapat melakukan konfigurasi NVRAM perangkat Android untuk mengganti band radio dan pengaturan modem android.

DIAG MODE bisanya digunakan untuk meng-unlock band GSM/WCDMA/4G LTE perangkat android. Untuk dapat mengaktifkan DIAG MODE, perangkat harus di-root terlebih dahulu.

Ada banyak cara untuk masuk DIAG MODE. Tiap perangkat memiliki cara yang berbeda-beda tergantung dari pabrik pembuatnya. Beberapa perangkat dapat dengan mudah masuk ke DIAG MODE hanya dengan mengetik kode pada dial pad. Contohnya dengan mengetik *#*#717717#*#* pada Xiaomi Mi5 atau Xiaomi Redmi 1. Namun beberapa perangkat harus menggunakan terminal untuk dapat mengaktifkan fitur ini.

Baca juga:  Mobile Legend: Bang Bang, Game MOBA Populer Saat Ini

Versi Android juga mempengaruhi hal ini. Perangkat dengan versi Kitkat, dapat digunakan terminal untuk masuk ke diag mode dengan mengetik setprop sys.usb.config diag,adb yang tentunya pada mode Super User. Namun kadang cara ini tidak berhasil pada Android versi Lollipop. Untuk itu, tutorial ini akan menjelaskan cara masuk ke DIAG MODE untuk Android Lollipop khusunya pada perangkat Xiaomi Redmi 3/Pro.

Langkah Mengaktifkan Diagnostic Mode pada Android

  1. Pastikan Bootloader Xiaomi sudah ter-unlock agar perangkat dapat di-root.
  2. Perangkat sudah ter-root dengan SuperSU.
  3. Download MIUI Diag Mode Driver dan extract kemudian instal. Cara menginstalnya adalah dengan meng-klik kanan semua file dengan ekstensi *.inf kemudian pilih install.
  4. Download adb driver dan install.
  5. Download adb dan fastboot software dan extract.
  6. Aktifkan Developer Mode dan USB debugging pada Xiaomi Redmi 3/Pro jika belum diaktifkan (jika sudah aktif, lanjut ke langkah 7) dengan cara masuk ke Settings -> About Phone -> sentuh MIUI Version sebanyak 8 kali hingga muncul notifikasi You are now a developer”.
  7. Masuk ke Additional Setting dan buka Developer options. Sentuh USB debugging untuk mengaktifkannya.
  8. Selanjutnya hubungkan perangkat dengan komputer menggunakan kabel USB. Tunggu hingga driver terinstall (jika belum terinstall sebelumnya).
    Baca juga:  Cara Mudah Instal Aplikasi pada Smartphone Android Melalui PC/Komputer
  9. Masuk pada folder adb kemudian buka CMD dengan menekan tombol shift + klik kanan -> pilih Open command window here
  10. Untuk melihat apakah adb perangkat terhubung atau tidak, ketik adb devices. Jika perangkat terhubung, maka muncul nomor perangkat pada cmd.
  11. Selanjutnya ketik adb shell untuk membuka perintah shell. Pada perangkat akan ada konfirmasi untuk menerima permintaan shell, pilih yes/OK.
  12. Ketik SU untuk dapat mengakses root.
  13. Setelah masuk pada Super User mode, langkah ini yang menjadi perbedaan dengan android versi Kitkat yakni ketik setprop sys.usb.config diag,qdss,adb.Tutorial mengaktifkan diag mode pada android - YUKDIBACA.com
  14. Jika berhasil, maka port DIAG MODE akan terbuka dan terinstall. Dapat dicek pada device manager.Tutorial mengaktifkan diag mode pada android - YUKDIBACA.com
  15. Setelah melakukan pengaturan NVRAM, restart perangkat untuk menerapkan pengaturan baru.
Baca juga:  Tutorial Install .Net Framework 3.5 pada Windows 8 dan 10

Demikian beberapa langkah untuk mengaktifkan DIAG MODE pada Android Lollipop khususnya pada perangkat Xiaomi Redmi 3/Pro. Saran atau jika ada tambahan, silahkan diketik pada komentar.

Catatan : 

Selalu biasakan membuat backup terlebih dahulu sebelum melakukan eksperimen.
Mengubah nilai dari NVRAM dapat menyebabkan kerusakan pada perangkat Android. Kerusakan yang terjadi pada perangkat akibat kesalahan personal bukan merupakan tanggung jawab kami.