Tutorial Cara Mengatasi Jaringan Tidak Stabil pada Komputer

Time out
brxbxp44828

Mengatasi Jaringan Tidak Stabil

Tutorial Cara Mengatasi Jaringan Tidak Stabil pada Komputer Request Time Out atau lebih dikenal dengan RTO adalah sebutan ketika komputer server tidak membalas atau merespon permintaan koneksi dari klien dalam waktu tertentu. RTO menandakan tidak ada respon pada jaringan server ke komputer yang digunakan. Untuk itu dibutuhkan cara untuk mengatasi jaringan tidak stabil pada komputer.

Request Time Out VS Ping

Permintaan koneksi ke server biasa juga disebut dengan ping. Para Gamers Online tentu sangat mengenal hal tersebut karena akan berpengaruh pada skill permainan sang Gamers. Semakin kecil ping server maka semakin lancar jalannya game. Sebaliknya jika ping server tinggi, maka game akan patah-patah atau lag.

Baca juga:  Tutorial Cara Mengatasi Masalah Stronghold Crusader Has Stopped Working Windows 8, 8.1, 10

RTO sendiri adalah hal yang paling dibenci oleh gamer karena kontrol pada karakter di dalam game akan terputus dan dapat mengakibatkan kekalahan. RTO memiliki efek yang sangat dahsyat terhadap gamer karena dapat menyebabkan stress berat, hilang kesadaran, emosi yang meluap-luap, serta kerusakan pada perangkat komputer. (Para gamer online pasti ngerti hal ini, hehehe).

Penyebab Request Time Out pada Jaringan

Beberapa penyebab dari RTO antara lain koneksi yang memang jelek, atau adapter penerima yang buruk. Namun ada juga disebabkan oleh software komputer. Jika koneksi yang jelek, maka tidak ada cara lain selain meminta operator jaringan agar segera mempebaiki jaringan tersebut. Ini bisa diketahui jika semua perangkat yang terkoneksi dalam satu jaringan mengalami hal yang sama.

Begitu pula jika penyebabnya adalah karena adapter penerima yang buruk seperti ponsel dengan kemampuan GPRS Only tentu tidak dapat menerima sinyal 3G/HSDPA/4G.

Berbeda halnya jika karena pengaruh software. Ketika perangkat kamu dapat menerima sinyal yang tercepat dan hanya kamu yang mengalami RTO, ini merupakan ciri-ciri terjadi masalah pada software komputer.

Baca juga:  Tutorial Cara Mengaktifkan Diag Mode pada Android Lollipop (Xiaomi Redmi 3/Pro)

Cara Menstabilkan Ping dan Jaringan pada Komputer

  1. Periksa virus/malware pada komputer. Virus dapat mengganggu kelancara koneksi data pada jaringan bahkan mematikan. Gunakan Antivirus terpercaya dan memang sudah terbukti dapat mengatasi virus.
  2. Periksa firewall apakah membolehkan koneksi dengan server atau tidak. Jika RTO atau ping tidak lancar terjadi secara tiba-tiba yang sebelumnya baik-baik saja, berarti masalah bukan pada firewall.
  3. Putuskan koneksi internet ke ISP (tel*om, in*osat,dsb) dan hubungkan kembali (restart koneksi).
  4. Lakukan kalibrasi pada ethernet atau WiFi Adapter. Biasanya cara ini berfungsi untuk menstabilkan kembali jaringan. Caranya adalah dengan disconnect terlebih dahulu lalu men-disable adapter jaringan, kemudian di-enable kembali. Setelah itu koneksikan kembali komputer ke jaringan dan lakukan tes ping.Cara mengatasi jaringan tidak stabil pada komputer - YUKDIBACA.com
  5. Periksa kuota internet kamu. Ini adalah hal yang paling penting, terutama bagi yang menggunakan jasa penyedia internet di Indonesia. Hehehe….,

Beberapa tips diatas insya Allah bisa menstabilkan kembali koneksi internet kamu, selama jaringan dari penyedia jasa internet (ISP) memang stabil dan hanya kamu yang mengalami RTO. Namun jika ketidakstabilan koneksi memang dikarenakan buruknya jaringan dari provider, tentu kita tidak bisa melakukan apa-apa selain menunggu pihak provider memperbaiki jaringannya.

Baca juga:  Tutorial Cara Mudah Mengaktifkan Boot Flashdisk dan Harddisk

Keywords : Cara Mengatasi Jaringan Tidak Stabil untuk Bermain Game Online, Cara Fix Jaringan Sering RTO, Cara Fix Jaringan Tidak Stabil, Cara Fix Jaringan Tidak Stabil di Windows, Cara Menstabilkan Ping Internet

Please follow and like us: