Cara Mengatasi Xiaomi Redmi Note 3/Pro yang Brick, No Boot, No Fastboot, No Download Mode, Layar Blank, LED Merah Berkedip

Mengatasi Xiaomi Redmi Note 3Pro Brick, No Fastboot, No Download Mode, LED Blinking (financialexpress.com)
Mengatasi Xiaomi Redmi Note 3Pro Brick, No Fastboot, No Download Mode, LED Blinking (financialexpress.com)

Bagi pengguna Xiaomi Redmi Note 3/Pro, mungkin pernah mengalami serentetan masalah pada smartphone ini. Mulai dari tiba-tiba mati, lag, ROM abal-abal distribor dan masalah-masalah yang lainnya. Umumnya masalah ditemukan ketika ingin mengganti ROM distributor Xiaomi ke official ROM dengan harapan smartphone dapat menerima setiap OTA update yang rilis.

Mengganti ROM distributor Xiaomi dapat dilakukan dengan cara flashing fastboot rom karena biasanya smartphone Xiaomi tidak dapat menerima ROM yang diflash dengan cara recovery apabila ROM yang terpasang sebelumnya bukan ROM resmi dari pihak Xiaomi. Proses flash fastboot ROM sebagaimana smartphone lainnya dilakukan pada komputer yang dihubungkan ke ponsel Xiaomi melalui kabel data USB. Software yang digunakan untuk flash fastboot ROM Xiaomi adalah MiFlash atau Xiaomi Flash untuk software versi terbarunya.

Apabila anda berhasil melakukan flash officeial fastboot rom Xiaomi, maka ponsel Xiaomi anda akan berfungsi dengan normal. Namun jika proses flash ini gagal, maka anda biasanya akan dibuat pusing oleh beberapa masalah terkait dengan proses flash ini. Khususnya jika anda menggunakan Xiaomi Redmi Note 3/Pro, saat gagal flash maka smartphone RN3/Pro anda bisa-bisa tidak bisa hidup lagi atau booting. Dan yang lebih parah lagi Redmi Note 3/Pro tidak dapat diflash ulang. Luar biasa masalahnya kan? Hehehe.

Tapi anda jangan kuatir, masalah ini sudah sering dialami oleh beberapa pengguna Xiaomi Redmi Note 3/Pro dan telah banyak yang berhasil mengatasinya sehingga RN3/Pro nya dapat hidup kembali. Saya pribadi pun pernah mengalami hal ini yang membuat saya harus duduk berjam-jam di depan laptop demi untuk mencari solusinya, dan alhamdulillah akhirnya Redmi Note 3 yang saya perbaiki dapat hidup lagi. Olehnya itu kali ini saya akan mencoba membagikan tutorial untuk menghidupkan kembali Xiaomi Redmi Note 3/Pro yang brick akibat gagal flash.

Baca juga:  Tutorial Cara Mengatasi Not Enough Storage is Available to Process this Command pada MiFlash

Ciri-Ciri Masalah Xiaomi Redmi Note 3/Pro yang Brick

Sebagaimana judul artikel ini, ciri-ciri kerusakan atau masalah yang biasa timbul akibat gagal flashing pada Xiaomi Redmi Note 3/Pro adalah sebagai berikut:

  1. Ponsel tidak dapat hidup dan tidak ada tanda-tanda booting.
  2. Layar Blank alias mati dan tidak ada tampilan sama sekali. Lampu layar pun mati dan tidak dapat hidup walaupun sedang dicharger melalui kabel USB.
  3. Lampu LED notifikasi berwarna merah pada sudut kanan atas Redmi Note 3/Pro hanya berkedip-kedip ketika di charger atau dihubungkan ke komputer menggunakan kabel data USB.
  4. Tidak dapat masuk Fastboot Mode terlebih-lebih Download Mode karena layar dalam keadaan mati sehingga kita tidak mengetahui ponsel dalam mode apa.
  5. Xiaomi Redmi Note 3/Pro tidak terdeteksi di MiFlash pada komputer sehingga tidak dapat diflash ulang.
  6. Pada device manager Windows, muncul port HS-USB Diagnostic 900E ketika menghubungkan RN3/Pro ke komputer menggunakan kabel data USB.

Berdasarkan pengalaman saya, setidaknya terdapat enam ciri-ciri Xiaomi Redmi Note 3/Pro yang brick karena gagal flash sebagaimana yang dipaparkan di atas. Apabila anda juga mengalami hal tersebut, insya Allah artikel ini dapat membantu anda untuk mengatasinya.

Langkah-Langkah Mengatasi Xiaomi Redmi Note 3/Pro yang Brick

Cara mengatasi Xiaomi Redmi Note 3/Pro yang berick alias mati suri adalah dengan melakukan flash ulang fastboot ROM. Bagaimana cara melakukannya sementara RN3/Pro dalam keadaan mati dan tidak terdeteksi di MiFlash? Ini adalah pertanyaan yang lumayan cerdas ketika mengalami kondisi seperti ini.

Pertama-tama adalah memastikan bahwa ponsel RN3 benar-benar mati agar dapat diset untuk masuk ke download mode. Caranya adalah dengan membuka konektor baterai yang terpasang di mesin ponsel. Untuk melepasnya maka anda harus membuka casing belakang RN3 terlebih dahulu dengan hati-hati. Setelah anda berhasil membukanya, maka anda akan melihat mesin ponsel beserta konektor yang terpasang. Lepas dengan hati-hati konektor baterai dan konektor USB pada mesin ponsel kemudian pasang kembali.

Baca juga:  5 Aplikasi Root Gratis untuk Root Ponsel Android

Lihat Gambar konektor baterai dan USB Xiaomi Redmi Note 3

Hati-hati ketika membuka casing belakang Redmi Note 3/Pro karena terdapat kabel konektor flash kamera yang menempel pada casing ke mesin.

Selanjutnya masuk kembali ke download mode dengan cara tekan dan tahan tombol volume + dan – bersamaan lalu hubungkan ponsel ke komputer menggunakan kabel data USB. Ingat, jangan lepas kedua tombol tersebut ketika ponsel dihubungkan ke komputer. Setelah komputer mengeluarkan nada yang menunjukkan perangkat terhubung, silahkan lepas kedua tombol tersebut.

Buka MiFlash dan cek apakah download Mode Xiaomi Redmi Note 3/Pro telah terdeteksi. Jika berhasil dideteksi oleh MiFlash, silahkan lakukan flash ulang kembali untuk menghidupkan RN3 yang mati suri. Apabila sebelumnya anda gagal melakukan flash RN3/Pro karena muncul error pada MiFlash, anda dapat membaca beberapa artikel berikut untuk mengatasinya:

Setelah proses flash selesai dan berhasil, silahkan hidupkan kembali ponsel dengan menekan tombol power. Mungkin proses ini memerlukan waktu yang lebih lama dari pada waktu yang dibutuhka ketika menghidupkan RN3 saat dalam keadaan normal. Tekan dan tahan saja tombol power dengan sabar hingga RN3/Pro anda hidup kembali.

Xiaomi Redmi Note 3/Pro Masih Gagal Masuk Download Mode

Ketika anda telah melakukan cara di atas namun Xiaomi Redmi Note 3/Pro anda tidak teredeteksi, silahkan buka device manager dan cek port yang muncul ketika ponsel terhubung ke komputer. Jika port yang muncul adalah HS-USB Diagnostic 900E, berarti RN3/Pro harus dipaksa untuk masuk ke download mode. Cara mudah dan amannya adalah dengan menggunakan kabel DFC atau Deep Flash Cable khusus Xiaomi. Kabel ini akan membuat RN3/Pro masuk ke download mode secara paksa, memang kadang yang bandel butuh paksaan, hehehe.

Baca juga:  Ponsel Androidmu Cepat Lowbat? Kenali Penyebabnya di Sini

Cara membuat Deep Flash Cable dan cara menggunakannya dapat anda lihat di sini. Untuk mengatasi HS-USB Diagnostic 900E dapat anda lihat di sini. Setelah smartphone Xiaomi anda terdeteksi di MiFlash setelah melakukan tips-tips tersebut, silahkan diflash ulang kembali.

Apabila penyebab Xiaomi Redmi Note 3/Pro anda brick adalah karena gagal flash, maka sebelum anda melakukan flash ulang, terlebih dahulu anda harus mengatasi masalah flashing sebagaimana di atas.

Semoga setelah mengikuti beberapa tutorial di atas, smartphone Xiaomi Redmi Note 3/Pro anda dapat bangun kembali dari mati surinya. Semoga bermanfaat…

Please follow and like us: