Cara Mengirim File Berukuran Besar Gratis Melalui Internet

Layanan Sharing File di Internet
Layanan Sharing File di Internet

Pernah mencoba untuk mengirim file melalui email namun gagal karena ukuran file terlalu besar? Yup, salah satu kendala yang umumnya didapatkan ketika ingin mengirim file berukuran besar melalui internet adalah adanya aturan batas kapasitas file yang dapat dikirim. Pada Facebook misalnya, maksimal kapasitas file yang dapat dikirim melalui fitur chat adalah 25MB. Begitupula pada layanan email seperti Y!Mail atau GMail, masing-masing memiliki batasan ukuran file yang boleh dikirim. Lalu bagaimana cara agar kita dapat mengirim file yang semisalnya berukuran 1GB++?

Cara Mengirim File dengan Ukuran Besar

Untungnya terdapat beberapa layanan yang dapat digunakan untuk membagikan file dengan ukuran besar ke sesama user di internet. Ditambah lagi beberapa layanan ini full free alias gratis. Yang mana saja penyedia layanan tersebut? Berikut beberapa penyedia layanan untuk mengirim dan membagikan file dengan ukuran yang besar.

1. WeTransfer

WeTransfer merupakan salah satu penyedia layanan yang dapat kita gunakan untuk sharing file dengan ukuran cukup besar. Mengirim dan membagikan file menggunakan layanan ini terbilang cukup mudah karena kita tidak perlu membayar bahkan tidak perlu melalakukan registrasi untuk dapat menggunakannya.

Kita dapat mengirim file hingga ukuran 2GB dalam satu kali kirim hingga ke 20 orang sekaligus. Masing-masing penerima akan mendapatkan email yang berisi download link file tersebut yang berlaku selama 7 hari atau satu pekan.

Pada jam-jam sibuk, proses upload pada layanan ini akan sedikit lambat, sehingga disarankan agar mengupload pada subuh atau pagi hari atau pada jam-jam istirahat.

2. Send Anywhere

Merupakan salah satu layanan yang bisa dikatakan masih sangat baru di eropa. Layanan ini dapat digunakan melalui web browser dan mendukung sebagian besar sistem operasi seperti Android, iOS, Windows, Linux, dan MacOS.

Baca juga:  Cara Daftar Paket Internet dan Cek Kuota Telkomsel SimPATI Loop Terbaru 2017

Ukuran file yang dapat dikirim dalam satu waktu bisa mencapai 4GB, bahkan dikatakan hingga 10GB apabila menggunakan extension dari Google Chrome atau plugin pada Outlook.

3. MailBigFile

MailBigFile juga merupakan salah satu opsi yang dapat digunakan untuk mengirim file dengan ukuran besar secara mudah dan gratis. Maksimal kapasitas file yang dapat dikirim adalah 2GB dan kita dapat mengirim banyak file sekaligus. Setiap penerima akan diberikan waktu hingga 10 hari untuk dapat mendownload file yang dikirim.

Untuk tampilan atau user-interface, MailBigFile masih kalah jika dibandingkan dengan WeTransfer. Namun dengan layanan gratisnya, bisa dijadikan sebagai layanan alternatif pengiriman file besar.

4. Hightail

Hightail sedikit lebih rumit dari kedua layanan sebelumnya. Kita diharuskan melakukan registrasi terlebih dahulu sebelum dapat menyimpan dan mengirim file. Untuk registrasi, layanan ini tidak memungut biaya apapun alias gratis.

Ukuran file yang dapat dikirim atau dibagikan adalah hingga 250MB, namun kita dapat menyimpan file dengan ukuran hingga 2GB.

5. Dropbox

Dropbox merupakan layanan cloud yang sudah umum digunakan dan bisa dikatakan paling sering digunakan untuk menyimpan file-file dalam server cloud.

Pada server Dropbox, kita diberikan ruang penyimpanan sebesar 2GB secara cuma-cuma. Namun jika memerlukan kapasitas yang lebih besar, Dropbox menyediakan layanan untuk bisnis yang dapat kita gunakan yang tentunya versi berbayar.

6. Google Drive

Sebagaimana Dropbox, Google Driver memberikan ruang penyimpanan file melalui layanan cloudnya yang dapat diakses dimanapun melalui web atau aplikasi. Kita akan diberikan ruang penyimpanan sebesar 15GB, yang terhubung dengan akun Google yang kita gunakan.

Google Drive sebenarnya tidak didesain untuk mengirim file, namun dengan adanya fitur sharing link file, layanan ini bisa menjadi salah satu alternatif untuk membagikan file melalui internet.

Baca juga:  Cara Mendapatkan SSL Gratis untuk Website

7. OneDrive

OneDrive adalah layanan cloud yang disediakan oleh Microsoft. Sebagaimana Google Driver, layanan ini juga menyedian 15GB sebagai tempat penyimpanan file di internet.

Layanan OneDriver juga bersifat gratis, dan dapat digunakan untuk membagikan file dengan mudah, cukup dengan mengklik tombol share.

8. Mail Drop

Mail Drop merupakan salah satu layanan untuk mengirim file berkapasitas besar yang dapat digunakan bagi pengguna Mac. Proses kerjanya adalah, kita terlebih dahulu mengupload file ke layanan iCloud. Selanjutnya menggenerate link yang nantinya akan dibagikan kepada orang yang akan kita kirimi file.

Link file tidak harus dikirim melalui email, penerima link bisa mendownload file tersebut secara langsung melalui link yang kita kirim. Apabila kita mengirim melalui email, maka file attacment tersebut tidak ada bedanya dengan file attachmen secara umum.

Please follow and like us: