Cara Mudah Instal Aplikasi pada Smartphone Android Melalui PC/Komputer

Cara Mudah Instal Aplikasi pada Smartphone Android Melalui PC Komputer (industrygirlblog.com)
Cara Mudah Instal Aplikasi pada Smartphone Android Melalui PC Komputer (industrygirlblog.com)

Menginstal aplikasi android lewat PC lebih mudah jika dibandingkan menginstal aplikasi pada perangkat android itu sendiri, terutama jika aplikasi yang ingin diinstal tersebut bersifat offline. Bagi pengguna android, tentu lebih ramah dengan Google Play untuk menginstal beberapa aplikasi android. Tentu hal ini harus didukung dengan koneksi internet agar dapat terhubung ke Google Play.

Bagaimana jika aplikasi yang ingin diinstal bersifat offline dan sudah didownload sebelumnya, atau mungkin aplikasi yang telah dibackup? Cara umumnya adalah dengan menyalin aplikasi tersebut ke sdcard atau memori android, setelah itu instal deh aplikasinya di ponsel android. Cara ini sebenarnya cukup merepotkan karena kita harus menyalin aplikasi terlebih dahulu ke perangkat android sebelum diinstal, sehingga menginstal langsung lewat PC/komputer adalah alternatif terbaik.

Baca juga:  Cara Mudah Membuat Deep Flash Cable (DFC) untuk Xiaomi Redmi Note 3

Untuk dapat menginstal aplikasi android melalui komputer, diperlukan beberapa tools untuk menghubungkan perangkat atau ponsel android ke komputer — biasanya mode ini disebut USB Debugging. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

1. Instal ADB Driver pada Komputer

Download ADB Driver dan ADB Tools terlebih dahulu. Setelah terdownload, instal adb driver. Ekstrak juga adb.zip yang telah didownload.

2. Aktifkan USB Debugging

USB Debugging pada android dapat diaktifkan melalui developer mode/mode pengembang. Untuk dapat mengaktifkan developer mode, masuk ke pengaturan -> tentang ponsel -> kemudian tap 7 kali versi ROM hingga muncul tulisan “anda sekarang seorang developer” atau sejenisnya. Setelah itu, kembali dari menu tersebut dan masuk ke pengaturan tambahan (advance configuration) dan masuk ke mode pengembang.

Baca juga:  4G LTE Hilang Lagi Setelah Flash ROM MIUI Terbaru? Berikut Cara Mengembalikannya

Pada tampilan ini, scroll layar ke bawah hingga ke tulisan USB Debugging dan tap untuk mengaktifkan. Untuk smartphone Xiaomi dengan ROM MIUI, matikan terlebih dahulu keamanan instalasi melalui USB dengan masuk ke Security->permission->disable USB install manager.

3. Hubungkan Komputer dengan Android melalui Kabel USB

Setelah semua konfigurasi di atas dilakukan, hubungkan ponsel android dengan komputer melalui kabel USB. Pastikan pada ponsel android terdapat notifikasi USB Debugging telah aktif, dan tunggu hingga driver USB pada komputer selesai terinstal.

Baca juga:  Cara Mengatasi Xiaomi Redmi Note 3/Pro yang Brick, No Boot, No Fastboot, No Download Mode, Layar Blank, LED Merah Berkedip

Buka folder adb yang telah diekstrak tadi. Tekan shift + klik kanan di dalam folder dan pilih “Open command windows here”. Ketik adb devices untuk mengecek konektifitas adb ponsel ke komputer, dan konfirmasi permintaan izin pada ponsel. Jika driver berhasil diinstal dan ponsel dapat terhubung, maka pada cmd akan muncul nomor unik ponsel android. Pada tahap ini, proses instal aplikasi sudah dapat dilakukan.

4. Instal Aplikasi yang Diinginkan

Untuk menginstal aplikasi, juga dilakukan pada command prompt windows atau CMD dengan mengetik adb install <nama aplikasi.apk>. Jadi sebelumnya, buka kembali cmd windows seperti cara di atas, yakni di dalam folder adb agar perintah adb dapat dieksekusi. Salin aplikasi yang ingin diinstal ke dalam folder adb, jadi pada folder tersebut terdapat file adb.exe dan nama_aplikasi.apk. Ketika perintah adb instal seperti di atas untuk mulai menginstal aplikasi ke android.

Contoh: jika nama aplikasi yang ingin diinstal adalah “Facebook App.apk”, maka kita mengetik pada cmd, adb install “Facebook App.apk”.

Apabila nama aplikasi yang ingin anda instal sangat panjang, anda dapat menggunakan fitur tab, yakni cukup mengetik 2-3 huruf awal nama aplikasi kemudian tekan tombol TAB, maka cmd akan otomatis melengkapi nama aplikasi tersebut.

Baca juga:  Tutorial Cara Mengatasi Not Enough Storage is Available to Process this Command pada MiFlash

Setelah mengetik perintah tersebut, tekan enter dan tunggu hingga proses instalasi selesai yang biasanya ditandai dengan tulisan success.

Jika aplikasi yang ingin diinstal sudah tersedia pada ponsel dan ingin diupdate, perintah instal pada cmd harus ditambahkan dengan option -r, yaitu menginstal dengan mengupdate file yang sudah ada, karena jika kita menginstal aplikasi yang sudah ada dengan perintah tanpa option -r, maka proses penginstalan akan gagal. Jadi perintah untuk mengupdate aplikasi yang sudah ada pada ponsel android adalah: adb install -r <nama aplikasi.apk>.

Please follow and like us: