Cara Mudah Instal Banyak Aplikasi Android dalam Satu Perintah ADB Install (Batch Install)

Cara Install Banyak Aplikasi Android Sekaligus dalam Satu Perintah ADB Install (digitaldoubt.com)
Cara Install Banyak Aplikasi Android Sekaligus dalam Satu Perintah ADB Install (digitaldoubt.com)

Banyak cara untuk menginstal aplikasi pada perangkat android. Cara yang umum digunakan adalah dengan menginstal melalui Google Play Store secara online. Untuk yang offline, bisa dengan menyalin file apk terlebih dahulu ke perangkat android kemudian diinstal.

Cara lainnya adalah menginstal aplikasi android melalui komputer dengan media USB. Cara ini telah dibahas sebelumnya pada artikel Cara Mudah Instal Aplikasi pada Smartphone Android Melalui PC/Komputer, yaitu dengan menggunakan perintah adb install pada Command Prompt (CMD) Windows. Penginstalan dengan cara ini sangat efektif terutama jika sobat telah membackup beberapa aplikasi android sobat sebelumnya dan ingin menginstalnya kembali. Sobat tidak perlu lagi menyalin aplikasi tersebut ke dalam perangkat kemudian menginstalnya, dengan cara ini sobat dapat langsung menginstal melalui komputer.

Sesuai dengan judul artikel, tutorial kali ini akan menjelaskan bagaimana cara menginstal banyak aplikasi android sekaligus dalam satu perintah adb install atau istilah lainnya adalah batch install. Pada tutorial sebelumnya telah dijelaskan bagaimana menginstal aplikasi dengan adb install namun untuk menginstal satu aplikasi saja. Nah, di sini kita akan menginstal banyak aplikasi sekaligus dengan satu perintah adb install sehingga sobat tinggal menunggu proses instalasi selesai sambil minum kopi, hehehe.

Baca juga:  Tutorial Cara Mengaktifkan Diag Mode pada Android Lollipop (Xiaomi Redmi 3/Pro)

Persiapan Awal

Agar dapat melakukan cara ini, diperlukan beberapa tools untuk menghubungkan perangkat android ke komputer. Berikut tools yang dibutuhkan:

  1. Download ADB Driver
  2. Download ADB Tools
  3. Kabel data USB perangkat android sobat
  4. PC/Laptop dengan OS Microsoft Windows

Setelah semua tools diatas tersedia, instal ADB Driver yang telah didownload tadi. Driver ini untuk menghubungkan perangkat android dengan komputer, khususnya saat menggunakan USB Debugging. Oh ya, sobat harus mengaktifkan USB Debugging android sobat terlebih dahulu untuk dapat melakukan instalasi lewat komputer. Cara untuk mengaktifkannya dapat sobat lihat di sini.

Selanjutnya hubungkan android dengan komputer menggunakan kabel data USB dimana perangkat android telah aktif USB Debugging-nya. Untuk mengetahui apakah USB Debugging telah aktif, sobat bisa melihat notifikasi pada perangkat android saat perangkat dihubungkan ke komputer. Jika terdapat notifikasi USB Debugging, maka itu berarti telah aktif. Tunggu hingga proses instalasi driver adb selesai. Proses install driver ini tidak akan memakan waktu yang lama.

Baca juga:  8 Tips agar Android Tidak Boros Baterai

Pastikan juga bahwa perangkat android sobat menerima proses instalasi melalui USB. Agar proses instal tidak terhambat, ubah pengaturan keamanan instalasi USB sobat dengan mematikan notifikasi permintaan izin instal untuk setiap aplikasi yang diinstal melalui USB.

Langkah Penginstalan

Semua persiapan sudah lengkap? Saatnya proses penginstalan. Hal-hal yang perlu dipahami dalam penginstalan aplikasi android adalah terdapat dua jenis penginstalan yakni instal baru, dan update.

Instal baru berbarti menginstal aplikasi yang belum ada sama sekali di dalam perangkat android. Cara menginstal lewat adb adalah dengan mengetik adb install <nama aplikasi.apk>, kemudian tekan enter.

Update berarti memperbaharui aplikasi yang sudah ada pada perangkat android. Contohnya adalah aplikasi sistem seperti Google Play Store, Google Play Service, dan beberapa aplikasi Google lainnya. Jika menginstal menggunakan cara di atas maka akan gagal. Untuk melakukan update, sobat harus menambahkan opsi -r pada perintah adb install sehingga perintah penginstalan menjadi adb install -r <nama aplikasi.apk>.

Baca juga:  Cara Mengembalikan Pengaturan LTE Only MIUI Terbaru 2017

Langkah-langkah untuk melakukan batch install:

  1. Buat folder baru pada My Documents atau dimanapun sobat suka.
  2. Ekstrak ADB Tools yang telah didownload menggunakan Winrar atau Winzip atau 7zip. Masuk ke folder “adb” dan salin semua isinya ke dalam folder yang dibuat tadi. Pastikan file adb.exe dan kawan-kawan berada persis di dalam folder yang sudah dibuat, dan bukan di dalam sub folder. Jadi file tersebut akan langsung terlihat ketika folder yang dibuat tadi dibuka.
  3. Salin/Copy semua aplikasi apk sobat yang ingin diinstal ke dalam folder yang sama dengan adb.exe dkk.
  4. Masih di dalam folder yang dibuat tadi, tekan shift + klik kanan dan pilih “Open command window here” untuk membuka cmd pas di dalam folder tersebut.
  5. Untuk menginstal banyak aplikasi sekaligus, sobat dapat menambahkan karakter “&&” tanpa tanda petik ke perintah adb install. Contoh jika sobat ingin menginstal facebook.apk dan instagram.apk maka perintah yang sobat ketik pada cmd adalah adb install facebook.apk && adb install instagram.apk. Begitu seterusnya untuk aplikasi yang lain. Jika aplikasi sudah ada pada perangkat android dan ingin diupdate, sobat tinggal tambahkan -r pada perintah untuk mengatasi error : adb install -r facebook.apk && adb install -r instagram.apk. Jadi sebelum menginstal, pastikan sobat telah menandai mana aplikasi baru dan mana aplikasi yang ingin diupdate.
  6. Tunggu hingga proses instalasi selesai

Setelah melakukan langkah-langkah di atas, silahkan sobat cek aplikasi yang telah diinstal pada perangkat android. Jika masih ada aplikasi yang belum terinstal, sobat bisa mengulang perintah instal seperti di atas.

Tips : Untuk beberapa aplikasi dengan nama yang cukup panjang, sobat tidak perlu mengetik semua huruf pada nama aplikasi tersebut. Sobat hanya perlu mengetik 2-3 huruf kemudian menekan tombol TAB keyboard maka cmd akan otomatis melengkapinya.

Update

Selain cara instal banyak aplikasi android (apk) di atas, terdapat cara lain yang lebih mudah yaitu dan dengan perintah cukup pendek. Idenya adalah daripada menggunakan banyak perintah untuk setiap aplikasi, lebih baik menggunakan script perulangan.

Pertama-tama, sobat harus masuk ke folder yang terdapat kumpulan file apk yang ingin sobat instal, dan buka cmd (Command Prompt) di dalamnya atau lebih tepatnya, cmd mengarah pada folder tersebut.

Selanjutnya ketikkan perintah berikut pada cmd:

for /r %i in (*) do adb install -r “%i”

Setelah menekan enter, maka script penginstalan akan berjalan secara otomatis untuk setiap file apk, baik untuk aplikasi baru maupun aplikasi yang akan diupdate. Dengan menggunakan script perulangan ini, sistem akan otomatis berpindah dari file apk satu ke apk lainnya setelah proses penginstalan selesai.

Please follow and like us: