Cara Mudah Membuat Deep Flash Cable (DFC) untuk Xiaomi Redmi Note 3

Deep Flash Kabel (DFC) siap digunakan untuk bertempur
Deep Flash Kabel (DFC) siap digunakan untuk bertempur

Alhamdulillah, setelah lama vakum, akhirnya bisa nulis tutorial lagi. Kali ini saya akan memberikan tutorial cara mudah membuat Deep Flash Cable atau disingkat dengan DFC. Apa itu DFC? DFC adalah kabel data usb android yang dimodifikasi khusus untuk memaksa perangkat android masuk ke download mode atau EDL. Kabel ini biasanya digunakan pada smartphone Xiaomi Redmi Note 3 yang mati suri.

Kabel ini sangat penting bagi sobat yang memiliki ponsel Xiaomi Redmi Note 3/Pro untuk berjaga-jaga apabila ponsel ini tiba-tiba mati dan gak bisa hidup lagi menggunakan tombol power, bahkan diflash pun tidak bisa lagi karena tidak dapat masuk ke download mode terutama yang belum unlock bootloader. Menurut komunitas pengguna smartphone ini, kejadian tersebut merupakan kutukan pada Xiaomi Redmi Note 3, itu bagi yang percaya saja yah. Walaupun saya pribadi pernah mengalaminya, saya menganggap ini bukan kutukan melainkan ujian dari Sang Pencipta untuk memberikan saya ilmu baru, hehehe.

Baca juga:  Cara Mudah Instal Banyak Aplikasi Android dalam Satu Perintah ADB Install (Batch Install)

Sebenarnya kabel Deep Flash ini telah tersedia dan dapat sobat beli di beberapa toko online, namun jika sobat merasa hal tersebut merepotkan, sobat bisa membuatnya sendiri. Cara membuatnya pun sangatlah mudah dan telah teruji dapat membangunkan Xiaomi Redmi Note 3/Pro kembali dari mati surinya.

Yang Perlu Dipersiapkan

Baik langsung saja kita memulai tutorial ini karena mungkin diantara sobat ada yang sudah mulai puyeng gegara masalah smartphone Xiaomi Redmi Note 3/Pro sobat yang susah hidup lagi. Agar mudah dipahami, berikut skema dari DFC.

Lihat Skema Deep Flash Cable

Alat dan bahan yang sobat butuhkan adalah:

  1. Kabel data USB smartphone android bekas yang masih berfungsi. Jangan menggunakan kabel data Xiaomi Redmi Note 3/Pro sobat, disarankan yang bekas atau tidak terlalu digunakan lagi karena kabel ini nantinya akan dipotong.
  2. Gunting yang tajam atau alat pemotong untuk memotong dan mengelupas kabel.
  3. Selotip atau isolasi 
Baca juga:  Tutorial Cara Mengatasi Error Hello Packet Saat Flashing Redmi Note 3/Pro Menggunakan MiFlash

Langkah Kerja

Setelah semua bahan-bahan di atas tersedia, saatnya kita membuat Deep Flash Cable dengan cara yang mudah dan sederhana. Langkah-langkah pembuatan sebagai berikut:

1. Potong kabel data USB menggunakan gunting atau pemotong. Pemotongan kabel ini nantinya akan menjadikan kabel data terbagi dua.

2. Kelupas kulit kabel pada setiap ujung yang telah dipotong. Setelah kulit kabel dikelupas, sobat akan melihat 4 atau 5 kabel kecil berwarna.

3. Kelupas juga kabel-kabel kecil tersebut sehingga kuningannya terlihat. Tampilannya kira-kira seperti gambar berikut:

Tampilan kabel kecil yang telah dikelupas

4. Hubungkan kembali masing-masing kabel. Untuk kabel merah dan putih agar diselotip untuk berjaga-jaga agar tidak saling terhubung. Kabel hijau dan kabel hitam dibiarkan saja tanpa selotip namun berikan jarak agar tidak bersentuhan. Apabila terdapat kabel kelima yang biasanya berwarna kuning, abaikan saja dan tidak perlu dihubungkan. Perhatikan gambar di bawah:

Tampilan kabel data setelah dihubungkan kembali
Tampilan kabel data setelah dihubungkan kembali

Mengapa kabel hijau dan hitam tidak diselotip? Karena pada dua kabel inilah yang menjadi trik dari Deep Flash Cable untuk membuat Redmi Note 3/Pro masuk ke download mode.

Deep Flash Kabel (DFC) siap digunakan untuk bertempur
Deep Flash Kabel (DFC) siap digunakan untuk bertempur

Cara menggunakannya cukup mudah. Pertama-tama hubungkan kabel data ke smartphone seperti biasa, jangan hubungkan ke laptop dulu. Selanjutnya, hubungkan kuningan kabel hijau dan kabel hitam atau istilah kerennya dikosletkan (kabel hijau dan hitam tidak dilepas ya, cukup hubungkan kuningan keduanya). Sementara kedua kabel terhubung, colok kabel USB ke komputer. Tunggu 3 detik kemudian pisahkan lagi kuningan kabel hijau dan kabel hitam seperti gambar di atas dan pastikan agar tidak terhubung selama proses flashing.

Baca juga:  Cara Mengembalikan Pengaturan LTE Only MIUI Terbaru 2017

Saat keduanya dilepas, maka VOILA, Redmi Note 3/Pro sobat langsung masuk ke download mode dan port USB-nya terbaca di PC/Laptop. Selanjutnya silahkan sobat flash menggunakan Fastboot ROM agar RN3 sobat dapat hidup lagi. Apabila proses flash selesai, mungkin ponsel sobat tidak akan auto-reboot, jadi sobat cukup melepas kabel data dan tekan tombol power untuk menghidupkan. Menekan tombol power untuk pertama kalinya mungkin membutuhkan waktu beberapa detik, jadi tunggu hingga smartphone menyala kemudian lepas tombol power.

Mudah bukan? Trik ini sudah pernah saya coba untuk menghidupkan kembali Xiaomi Redmi Note 3 yang  tidak bisa boot bahkan susah untuk diflash dan work 100%. Jadi tidak perlu repot-repot mengeluarkan uang untuk membeli jenis kabel ini. Nah, selamat bereksperimen dan utamakan keselamatan kerja.

Please follow and like us: