Tutorial Cara Membuat USB Installer Windows

Windows Packs

Kali ini saya saya akan memberikan tutorial cara membuat usb installer Windows tanpa menggunakan software tambahan. Sebagaimana kita ketahui bahwa menginstall Windows adalah salah satu cara memperbaiki komputer yang tidak berjalan normal, baik karena terkena virus atau memang file sistemnya yang rusak.

Untuk membuat installer windows, biasanya sebagian besar orang menggunakan software untuk membuat installer windows dalam USB flash disk/pen drive. Tapi tahukah teman sekalian bahwa ada cara yang lebih mudah? Berikut tutorialnya.

Cara Membuat USB Installer Windows

1. Siapkan alat dan bahan

Sebelum bertempur, ada baiknya kita menyiapkan alat dan bahan terlebih dahulu agar proses pengerjaan berjalan lancar. Hal-hal yang perlu dipersiapkan antara lain : Laptop/PC yang dengan sistem operasi Windows Vista/7/8 atau yang lebih tinggi, file images/ISO Windows namun jika tidak ada bisa menggunakan DVD Windows, dan yang terakhir adalah flash disk.

2. Colok USB flash disk dan format

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, setelah USB flash disk terhubung ke komputer, format flash disk tersebut agar data-data di dalamnya bersih. Pada tahap ini menentukan apakah proses boot Windows akan berhasil atau tidak karena boot sistem operasi seperti Windows ditentukan oleh proses load file bootloadernya. Saat membuka file image/ISO/DVD Windows, kita akan melihat satu file dengan nama bootmgr. File tersebut merupakan file boot windows yang akan diload oleh sistem agar flash disk dapat masuk ke dalam mode booting.

Lihat gambar

Agar dapat boot, maka USB flash disk harus diformat dengan type NTFS, karena merupakan format default Windows Vista ke atas.

Lihat gambar

3. Buka file image/ISO/DVD Windows kemudian copy semua folder dan file ke dalam usb flash disk

Nah, di langkah ini kita harus meng-copy atau menyalin semua file Windows ke dalam USB flash disk yang nantinya akan digunakan sebagai installer. Tunggu proses penyalinan data hingga selesai atau 100%.

Baca juga:  Tutorial Cara Membuat Installer Linux pada Flashdisk

4. Tes booting USB flash disk

Setelah tiga tahap di atas telah dilakukan, selanjutnya adalah memulai proses install Windows dengan menggunakan USB flash disk tersebut pada komputer yang akan diinstall ulang.

Jika USB flash disk tetap tidak bisa booting setelah melakukan tahap-tahap tersebut, maka kemungkinan flash disk yang digunakan belum aktif. Untuk mengaktifkan boot flash disk/hard disk bisa di baca di Cara mudah mengaktifkan boot pada usb flash disk dan hard disk.

Sekian cara membuat usb installer Windows tanpa menggunakan software tambahan. Semoga bermanfaat.