Cara Mudah Mengganti Program Startup pada Windows 8 dan 10

Mengubah daftar program startup pada Task Manager Windows 8 dan 10
Mengubah daftar program startup pada Task Manager Windows 8 dan 10

Bismillah, kali ini saya akan membagikan tutorial cara mengganti program startup pada Windows 8 dan Windows 10. Apa yang dimaksud dengan program startup?

Program startup merupakan kumpulan program yang secara otomatis dijalankan saat user telah masuk pada Windows. Tidak hanya pada Microsoft Windows, program startup ini juga terdapat pada sistem operasi lain seperti Linux dan Android.

Kegunaan dari  fungsi startup ini adalah diharapkan program-program tersebut dapat berjalan otomatis pada saat kita telah masuk pada interface utama sistem operasi sehingga program tersebut tidak perlu lagi dijalankan secara manual. Contoh program yang biasa diaktifkan pada fungsi startup adalah “Internet Download Manager” pada Windows, juga sebagian besar Software antivirus.

Disamping dari kelebihan dari fungsi ini, juga terdapat kekurangannya. Salah satunya adalah akan berdampak pada performa komputer. Banyaknya program yang berjalan secara bersamaan pada saat sistem operasi pertama kali jalan akan memperlambat proses boot sistem. Selain itu, apabila terlalu banyak program yang berjalan, tentu akan memakan banyak RAM yang juga mengakibatkan sistem menjadi sangat lambat.

Olehnya itu, diperlukan manajemen yang baik serta memilih prioritas program yang ingin dijalankan secara otomatis atau program startup. Bagi anda pengguna Windows 8 dan 10, berikut cara melihat dan mengubah program startup dengan mudah.

Melihat dan mengubah daftar program startup

Untuk melihat daftar program startup pada Windows 8 dan Windows 10, kita cukup membuka Task Manager. Task Manager pada Windows dapat dibuka dengan beberapa cara, baik menggunakan tombol atau menu.

Cara paling mudah untuk membuka task manager adalah dengan menggunakan kombinasi tombol pada keyboard — dengan menekan tombol “Ctrl+Shift+Esc” secara bersamaan. Anda juga dapat mengklik-kanan taskbar kemudian pilih Task Manager.

Baca juga:  Tutorial Cara Membuat Virtual Host pada UwAmp
Cara membuka task manager melalui taskbar Windows
Cara membuka task manager melalui taskbar Windows

Setelah jendela task manager terbuka, selanjutnya pilih Tab Startup. Pada tab tersebut kita dapat melihat daftar program yang berjalan saat proses startup berlangsung.

Startup pada task manager Windows 10
Startup pada task manager Windows 10

Seperti telah dijelaskan sebelumnya bahwa dibutuhkan manajemen yang baik pada startup agar tidak memberatkan proses boot sistem. Untuk mengubah status startup program (aktif atau nonaktif), kita cukup mengklik kanan program yang ingin diubah kemudian pilih Enable untuk mengaktifkan, atau Disable untuk mematikan program tersebut. Atau bisa juga dengan mengklik program yang ingin diubah kemudiak klik tombol pada sudut kanan bawah jendela task manager.

Mengubah daftar program startup pada Task Manager Windows 8 dan 10
Mengubah daftar program startup pada Task Manager Windows 8 dan 10

Setelah melakukan langkah tersebut, silahkan tutup jendela task manager dan restart Windows untuk mulai menerapkan pengaturan tersebut.

Please follow and like us: