Tutorial Cara Tweak AMD Radeon agar Lancar Dalam Bermain Game

AMD Radeon Logo

Bismillah, Bagi pengguna kartu grafis AMD Radeon dan hobi gaming, nih ada tips-tips cara tweak AMD Radeon. Sebelum melakukan tweaking, sobat harus pastikan driver Radeon sobat sudah terinstall beserta Catalyst Control Centernya. Klo CCC belum terinstall, bisa di download di website resmi AMD.

Tutorial Cara Tweak AMD Radeon

Pertama-tama, silahkan buka Aplikasi Catalyst Control Center, melalui tray atau Context Menu

Tutorial cara tweak AMD Radeon Gaming

Tutorial cara tweak AMD Radeon Gaming

Baca juga:  Tutorial Cara Membuat Virtual Host pada UwAmp

Tunggu hingga jendela Catalyst terbuka. Tampilan jendela seperti gambar di bawah. Jika tampilan di komputer agan berbeda, mungkin agan harus update driver 🙂

Tutorial cara tweak AMD Radeon Gaming - YUKDIBACA.com
AMD/ATI Radeon telah memiliki fitur save mode untuk hemat eneregi khususnya bagi pengguna notebook. Bermain game tentu membutuhkan energi atau daya yang lebih besar untuk memaksimalkan kerja VGA.

Baca juga:  Cara Mudah Mengembalikan Conexant Stereo Mix yang Hilang pada Windows 8/10

Energi/Power Plans pada Radeon dapat diubah di Catalyst Control Center. Langkah awal adalah klik menu Power dan pilih Power Play. Pilih Maximize Performance untuk memaksimalkan kinerja VGA kemudian klik Apply.

Tutorial cara tweak AMD Radeon Gaming - YUKDIBACA.com
Apabila VGA sibat adalah switchable graphic atau dual GPU, klik menu Switchable Graphics dan pilih Optimize Performance untuk masing-masing power plans dan klik Apply.

Tutorial cara tweak AMD Radeon Gaming - YUKDIBACA.com

Baca juga:  Cara Mengatasi Laptop yang Cepat Panas

Pada Catalyst Control Center, terdapat menu preset yang dapat dipilih untuk mengoptimalkan Performance, Quality atau Balance pada kartu VGA. Menu ini dapat dipilih melalui Tray icon. Klik kanan Icon CCC, pilih nama VGA Radeon agan → 3D Settings → Standar Settings.

Tutorial cara tweak AMD Radeon Gaming - YUKDIBACA.com
Terdapat setidaknya 5 pilihan preset. Untuk meningkatkan performa, pilih preset paling atas sedangkan untuk meningkatkan kualitas grafis game namun performa akan menurun, pilih preset paling bawah (Optimal Quality).

Fitur Tambahan untuk Meningkatkan Performa Grafis AMD Radeon

Fitur tambahan dari AMD untuk meningkatkan kemampuan grafis adalah dengan adanya dukungan OpenCL. Fitur OpenCL memungkinkan adanya integrasi antara CPU dan GPU sehingga performa pengolahan grafis akan meningkat drastis.

OpenCL akan otomatis terinstall ketika sobat menginstall driver AMD Radeon. Tapi jika sobat menggunakan driver terbaru, terdapat fitur untuk boost VGA yang dihilangkan yakni “AMD APP SDK Runtime”.

Baca juga:  Daftar Software Recovery Data Gratis Terbaik 2017

Saya tidak tau pasti apa kegunaan fitur ini, tapi berdasarkan pengalaman setelah membandingkan performa sebelum dan sesudah menginstall fitur ini, didapatkan hasil FPS yang lebih tinggi khususnya di game-game berat seperti Far Cry 3.

AMD APP SDK Runtime bisa didapatkan pada AMD driver versi 12.10. Silahkan search di Softpedia.Com. Jika telah terdownload, buka instalasi sebagaimana biasa, namun saat ada pilihan Express Install atau Custom, pilih Custom. Selanjutnya hilangkan semua centang kecuali AMD APP SDK Runtime, dan klik install.

Tutorial cara tweak AMD Radeon Gaming - YUKDIBACA.com

Tutorial cara tweak AMD Radeon Gaming - YUKDIBACA.com

Mungkin beberapa game tidak terlalu terpengaruh dengan adanya fitur ini, namun cukup berpengaruh pada game Far Cry 3. Selamat mencoba ^_^

Update :

AMD kini merilis driver terbaru dengan nama Crimson, cek di Cara Tweak Performa AMD Crimson Driver

Please follow and like us: