Tutorial Cara Tweak AMD Radeon Crimson Untuk Memaksimalkan Performa Kartu Grafis

AMD Radeon Crimson

Bismillah, kabar gembira bagi para gamers khususnya yang memainkan game-game berat. AMD kini telah merilis driver terbaru dengan codename Crimson dengan fitur-fitur tambahan yang tentunya akan memaksimalkan performa VGA AMD Radeon sobat.

Driver ini dirilis beserta software AMD Radeon Settings sebagai pengganti dari Catalyst Manager dengan interface yang lebih elegan dan fungsi-fungsi yang mudah digunakan.

Baca juga:  Tutorial Cara Mengatasi Masalah Stronghold Crusader Has Stopped Working Windows 8, 8.1, 10

Tweak AMD Radeon Card

Sebagaimana judul postingan ini, Software AMD Radeon Settings memungkinkan kita untuk memaksimalkan kinerja GPU hingga 10% atau dengan bahasa kerennya, overclocking. Sobat tidak perlu takut karena overclocking yang akan kita lakukan tidaklah berbahaya dan masih dalam tingkatan wajar. Namun sebelum melakukannya, pastikan kartu grafis (VGA) yang digunakan support dengan driver Crimson, cek di web AMD. Sobat bisa download di Website resmi AMD.

Pada tutorial ini saya menggunakan Laptop Lenovo G40-70 dengan spesifikasi hardware i3-4030u 1.9GHz, GPU/VGA AMD Radeon R5 M230/HD8500 2GB, dan RAM DDR3 1600MHz 4GB Dual Channel.

Baca juga:  Sony Meluncurkan Update Terbaru dari Playstation VR Headset

Pastikan sobat meng-uninstall driver lama sebelum menginstall Driver Crimson, sekedar info pada saat penginstalan, sobat tidak perlu untuk menginstall AMD Gaming Envolved, cukup hilangkan tanda centang saat penginstalan. Setelah driver sudah diinstall dan berfungsi dengan baik, saatnya ke TKW, maksudnya TKP ^_^

Buka AMD Radeon Settings melalui system tray atau pada Context Menu. Tweak sistem dapat dilakukan pada menu gaming.

Tutorial Cara Tweak AMD Radeon Crimson - YUKDIBACA.com

Untuk melakukan tweak untuk semua aplikasi (Gobal), klik menu Global.

Tutorial Cara Tweak AMD Radeon Crimson - YUKDIBACA.com

Baca juga:  Tutorial Cara Mudah Mengaktifkan Boot Flashdisk dan Harddisk

Pada menu ini, sebagaimana Catalyst, kita bisa mengatur kualitas grafis, tapi bukan itu yang akan kita lakukan. Pada kesempatan kali ini kita akan mencoba untuk memaksimalkan performa GPU. Klik menu/tab Global OverDrive. Kini sobat bisa memaksimalkan GPU hingga 100% dengan menggeser semua parameter ke kanan dan klik Apply.

Tutorial Cara Tweak AMD Radeon Crimson - YUKDIBACA.com

Berdasarkan pengalaman pribadi, kadang pengaturan GPU tidak berhasil jika semua parameter diterapkan secara bersamaan. Biasanya agar pengaturan berhasil, penulis pribadi menerapkan parameter satu-persatu mulai dari bawah ke atas secara berurutan, seperti : Power Control -> Apply -> Memory Clock -> Apply -> GPU Clock -> Apply.

Bagi pengguna Software Catalyst dengan hybrid/muxless GPU biasanya mengatur applikasi mana saja yang akan dirender menggunakan grafik Radeon (Configure Switchable Graphic). Pada AMD Radeon Setting, kita bisa membuka pengaturan tersebut dengan masuk di menu Preference pada tampilan awal dan klik Radeon Additional Settings.

Tutorial Cara Tweak AMD Radeon Crimson - YUKDIBACA.com

Tutorial Cara Tweak AMD Radeon Crimson - YUKDIBACA.com

Baca juga:  Daftar Software Recovery Data Gratis Terbaik 2017

Demikian tutorial singkat ini, semoga bermanfaat dan selamat bereksperimen

Please follow and like us:
  • Hilal Dyan Azzam

    Overclock pake overdrive aman min?

    • aman gan, selama hardware tdk bermasalah seperti gangguan heatsink dsb.