Tutorial Cara Mengatasi Masalah Stronghold Crusader Has Stopped Working Windows 8, 8.1, 10

Stronghold Crusader

Game Strategi Stronghold Crusader

Beberapa game PC terutama game yang berjalan di sistem operasi Microsoft Windows biasanya mengalami kendala dengan keluar aplikasi secara tiba-tiba seperti dengan munculnya notifikasi “… Has Stopped Working”. Gejala ini sering dialami jika menjalankan game-game jadul pada Windows keluaran  versi terbaru seperti Stronghold Curasder.

Bagi pemain game komputer ber-genre strategi, tentu tidak asing dengan game yang satu ini yakni Stronghold Crusader yang mengangkat tema tentang perang salib dimasa kerajaaan Sultan Salahuddin Al Ayyubi atau dikenal oleh orang-orang barat sebagai Saladin.

Stronghold Crusader Has Stopped Working

Baca juga:  Crimson ReLive Inovasi Baru dari AMD

Stronghold Crusader cukup menarik untuk dimainkan karena kita betul-betul diharuskan mampu untuk menata perekonomian, pertahanan, serta moralitas masyarakat agar dapat dengan mudah membangun kerajaan yang kuat untuk mengalahkan kerajaan tetangga. Berikut gameplay-nya (mirip Stronghold Crusader HD versi Steam) :


Gameplay Stronghold Crusader HD

Aplikasi Has Stopped Working

Dibalik keseruan game ini, kadang kita juga menemukan masalah ketika ingin memainkannya terutama pada Windows 8/8.1. Berikut screenshootnya :

Lihat gambar

Cara mengatasi masalah Stronghold Crusader Stopped Working

1. Periksa VGA/GPU driver

Ketika selesai meng-install Windows, tentu tidak ketinggalan untuk menginstall driver VGA nya agar grafik lebih halus dan performa lebih lancar. Selain driver bawaan komputer/laptop, kadang kita menginstall driver menggunakan Universal Driver, atau Driver Packs Solution (DPS). Walaupun VGA nya terdeteksi dan terinstall, kadang driver tersebut tidak cocok.

Masalah driver ini juga kadang menjadi penyebab game seperti Stronghold Crusader tidak bisa dijalankan alias crash. Untuk itu disarankan agar menggunakan driver bawaan komputer, atau gunakan driver dari penyedia driver resmi kartu VGA.

Apabila Anda sebelumnya telah melakukan update driver VGA, downgrade kembali dimana Stronghold Crusader dapat berjalan sebelumnya.

Baca juga:  Tutorial Install .Net Framework 3.5 pada Windows 8 dan 10

2. Periksa pengaturan VGA

Sering mengotak-atik software VGA? Mungkin maksud kita untuk meningkatkan performanya dan berhasil untuk game yang kita mainkan, namun akan berefek pada game-game lain. Pengaturan konfigurasi VGA juga dapat membuat game Stronghold Crusader mengalami crash seperti Stopper Working terutama pada pengaktifan fitur Morphological.

Jika Anda telah melakukan pengaturan VGA, lakukan konfigurasi default atau pengaturan awal dan kembali lakukan pengujian pada game.

3. Jalankan game sebagai Administrator

Windows 7 ke atas memiliki fitur User Account Control untuk memastikan program yang dijalankan tidak memodifikasi sistem tanpa izin. Beberapa game membutuhkan akses ke sistem untuk dapat berjalan dengan normal, termasuk Stronghold Crusader. Jalankan game Stronghold Crusader sebagai Administrator.

4. Jalankan game dalam mode Compatibility

Compatibility merupakan fitur Windows untuk menjalankan program dengan mode versi Windows lain. Fitur compatibility ini bisa dilihat pada propertis file executive game (pilih tab compatibility). Centang fitur compatibility dan pilih Windows 7 Jika fitur tersebut tidak tersedia di propertis, lakukan troubleshooting pada file exe game dan ikuti setiap petunjuk dari Windows troubleshooting.

Baca juga:  Tutorial Cara Tweak AMD Radeon Crimson Untuk Memaksimalkan Performa Kartu Grafis

5. Periksa kondisi file game

Game crash kadang juga disebabkan karena memang filenya sudah rusak. Biasanya karena game didownload versi highlight compressed sehingga ada data game yang rusak. Kerusakan ini juga bisa disebabkan karena virus atau kerusakan pada hardware penyimpanan data. Olehnya itu, perlu dilakukan install ulang game atau mendownload file baru.

6. Khusus Windows 10

Buka System Propertis dengan menekan Win + X pada keyboard kemudian tekan “Y“. Setelah itu klik Advanced system settings.

Mengatasi Masalah Stronghold Cusader Has Stopped Working

Mengatasi Masalah Stronghold Cusader Has Stopped Working
Pada system propertis, klik tab Advanced kemudian pilih setting untuk performance kemudian klik tab Data Execution Prevention.

Mengatasi Masalah Stronghold Cusader Has Stopped Working
Pilih “Turn on DEP for all programs and services except those I select”.

Mengatasi Masalah Stronghold Cusader Has Stopped Working
Klik Add, cari program Stronghold Crusader.exe kemudian klik Open.

Mengatasi Masalah Stronghold Cusader Has Stopped Working
Klik OK untuk menutup pengaturan kemudian jalankan game.

Mengatasi Masalah Stronghold Cusader Has Stopped Working

Baca juga:  Tutorial Cara Mengatasi Jaringan Tidak Stabil pada Komputer

Itulah beberapa tips untuk melakukan fix game Stronghold Crusader Stopped Working pada Windows. Jika ada beberapa tips lainnya, silahkan coret-coret pada komentar.

  • Muh Rezky

    min tetap eror

    • coba reinstall driver VGA nya gan. kalau drivernya intel, coba direset semua pengaturannya.