Mobile Legend: Bang Bang, Game MOBA Populer Saat Ini

Logo Mobile Legend Bang Bang
Logo Mobile Legend: Bang Bang

Sobat penggemar game MOBA? Saat ini terdapat game MOBA yang sedang naik daun yakni Mobile Legend: Bang Bang. Sekilas gameplay game ini sangat mirip dengan game Dota 2 atau yang bergenre sama yaitu pertarungan 5 vs 5 player online yang masing-masing mempertahankan base dari serangan musuh. Namun uniknya game ini dimainkan pada smartphone sobat.

Di antara game MOBA untuk smartphone, bisa dikatakan penggemar game yang satu ini meningkat drastis, terutama dari player-player Dota 2 seperti saya pribadi, haha.

Salah satu kelebihan game Mobile Legend adalah tampilan yang sudah lumayan mantap, control yang mudah, dan ukuran game yang relatif kecil jika dibandingkan dengan game MOBA lainnya. Yang paling mencolok adalah control pada game.

Untuk menggerakkan hero, Mobile Legend menyediakan D-Pad sebagai controller. Dengan menggunakan D-Pad, menggerakkan hero tentu lebih mudah dibandingkan harus mengklik area tertentu, terutama pada smartphone dengan layar yang kecil.

Hero yang tersedia pada game Mobile Legend juga lumayan banyak. Sebagaimana game MOBA lainnya, tiap hero memiliki skill dan role yang berbeda-beda sehingga setiap player dalam satu tim memiliki peran yang berbeda-beda pula.

Beberapa role hero pada game Mobile Legend: Bang Bang antara lain: Marksman, Tank, Mage, Assasin, dan Support. Karena saya juga termasuk pemain baru, mungkin ada beberapa role lagi yang belum sempat disebutkan.

Gameplay Mobile Legend: Bang Bang
Gameplay Mobile Legend: Bang Bang

Kemudian untuk item hero, tentu tersedia juga. Player dapat mengatur item apa saja yang akan dibeli sebagai penguat hero saat battle nantinya. Pada game ini, player lebih dahulu menentukan item yang akan dibeli sebelum pertarungan dimulai, sehingga player tidak perlu lagi repot-repot mencari item yang ingin dibeli saat battle berlangsung.

Baca juga:  Tutorial Cara Mengatasi Masalah Stronghold Crusader Has Stopped Working Windows 8, 8.1, 10

Gameplay Mobile Legend sebagaimana telah dijelaskan di atas tidak berbeda jauh dengan game MOBA lainnya. Terdapat dua tim yang saling bertarung untuk menghancurkan base masing-masing. Jika base salah satu tim telah dihancurkan, maka tim tersebut dinyatakan kalah. Namun sebelum base tersebut dapat dihancurkan, terdapat beberapa rintangan-rintangan atau pertahanan tim lawan yang lebih dahulu harus diatasi.

Pada game, terdapat tiga lane atau jalur creep atau serdadu setiap tim dalam menyerang yakni Top, Middle, dan Bottom. Masing-masing lane diperkuat dengan turrets atau dalam game Dota 2 disebut juga dengan tower. Apabila semua tower atau turrets pada salah satu lane berhasil dihacurkan, maka kita dapat langsung menyerang base lawan.

Namun tentu tidak semudah itu dalam permainan. Tower hanyalah salah satu rintangan yang mungkin mudah untuk diatasi. Yang paling penting adalah bagaimana membun*h hero player lain yang tentu merupakan rintangan utama. Jadi pada game ini, kita harus memilih apakah membu*uh atau dibu*uh.

Kerja sama tim dalam permainan menjadi salah satu kunci kemenangan pada game ini. Tim yang semua heronya adalah Marksman kemungkinan besar akan kalah melawan tim dengan hero yang terdiri dari Marksman, Tank, dan Support. Mengapa demikian? Karena role Marksman bisa dikatakan sangat lemah di awal battle sehingga mudah dibunuh, terutama jika berhadapan dengan hero Tank dengan skill disable.

Lebih mudahnya adalah di awal permainan hero Marksman harus dilindungi terlebih dahulu oleh hero Tank atau Support untuk menjadi lebih kuat. Setelah Marksman mulai kuat, hero tersebut dapat melakukan kill sebanyak-banyaknya.

Jika sobat sebelumnya pernah bermain Dota 2, tentu sobat sangat familiar dengan Roshan. Ya, monster yang satu ini selalu menjadi bulan-bulanan hero saat ditengah permainan, padahal salah Roshan apa coba? ­čśÇ

Baca juga:  5 Aplikasi Root Gratis untuk Root Ponsel Android

Seperti halnya Roshan pada Dota 2, Mobile Legend juga memiliki monster yang siap dihantam, namanya adalah Lord. Perbedaannya adalah, apabila Roshan di Dota 2 dikalahkan akan memberikan aegis atau cheese, Lord pada Mobile Legend akan membantu kita menyerang salah satu lane lawan yang memiliki paling sedikit turret saat dikalahkan, mantap kan?

Pada game Mobile Legend juga terdapat monster-monster hutan bagi yang ingin jungling atau cari gold tanpa berhadapan dengan hero lawan. Cara ini cukup efektif untuk memperkuat hero di awal-awal game.

Jadi intinya adalah kemenangan pada game ini ditentukan dengan kekompakan dan kerja sama yang baik dalam tim, jika salah satu player dalam tim tidak kompak sperti AFK misalnya, maka tentu akan menyusahkan anggota tim yang lainnya yang akan berujung dengan kekalahan.

Bagaimana? Tertarik untuk mencoba game tersebut? Bisa sobat download melalui Google Play Store atau Apple Store.