Patch 1.0 MIUI 9 (7.9.15) Global Beta Redmi 3/Pro

Patch Fix untuk MIUI 9 Global ROM

Assalamu’alaikum, halo gan! Setelah lama tidak posting tutorial, kali ini saya akan membagikan Patch MIUI 9 untuk Xiaomi Redmi 3/Pro. Patch ini nantinya akan memperbaiki beberapa bug yang terdapat pada MIUI 9.

Saat pertama kali dirilis, MIUI 9 banyak menarik perhatian para MIUIERS, pengguna ponsel Xiaomi. Pada MIUI 9 dikatakan telah banyak dilakukan perbaikan-perbaikan pada bug yang sebelumnya ditemukan pada MIUI 8.

Selain perbaikan bug, juga penambahan beberapa fitur terbaru serta pengoptimalan performa sistem. Menurut pengalaman pribadi, memang ada perbedaan signifikan antara performa MIUI 9 dibandingkan MIUI 8, khusunya dalam navigasi interface. Oh, dan juga mengenai kestabilan sistem, serta ketahanan baterai, MIUI 9 cukup menjanjikan.

BUG Pada MIUI 9

Walaupun waktu rilisnya masih terbilang muda, para pengguna rom MIUI sangat antusias untuk mencoba bagaimana kualitas dari rom MIUI 9 ini. Dan yang namanya rom beta, tentu masih mungkin ditemukan beberapa bug yang bisa mengganggu kinerja ataupun aktifitas kita ketika mengoperasikan smartphone.

Beberapa bug yang ditemukan di MIUI 9 Global Beta, khususnya versi 7.9.15 antara lain sebagai berikut:

  1. 4G LTE hilang. ini sudah tidak bisa dipungkiri lagi. Sepertinya pihak pengembang MIUI tidak ada niat untuk memunculkan 4G LTE pada ROM MIUI versi global.
  2. Sering muncul pop-up atau notifikasi pembatasan ukuran aplikasi yang akan didownload. Ketika agan ingin mendowload aplikasi di Google Play Store, maka akan selalu muncul notifikasi Download Limit ketika kita mendownload menggunakan paket data. Walaupun Limit Download sudah di atur pada menu Download, notifikasi ini akan tetap muncul. Mungkin bug ini telah diperbaiki pada MIUI 9 versi 7.9.21, namun sampai saat ini MIUI belum merilis rom versi global untuk Redmi 3/Pro.
  3. Jumlah File pada File Explorer selalu tereset setiap kali dibuka. Bug ini mungkin jarang yang menyadarinya. Saya sendiri sudah agak lama menggunakan dan baru menyadari. Jadi ketika kita membuka File Explorer, kita akan melihat jumlah file per kategori. Saat direfresh (swipe down), maka jumlah file untuk setiap kategori akan muncul. Namun ketika File Explorer ditutup dan dibuka kembali, jumlah file kategori akan kembali tereset ke nol.
Baca juga:  Tutorial Pengaturan Dota 2 untuk Bermain di Komputer dengan Spek Rendah

Itulah beberapa bug yang saya temukan pada MIUI 9 7.9.15 Redmi 3/Pro. Terus terang bug-bug tersebut sangat mengganggu aktifitas terutama jika ingin mendownload banyak aplikasi segaligus di Play Store.

Patch Fix Versi 1.0

Untuk memperbaiki bug-bug yang telah dijelaskan di atas, saya pun melakukan beberapa experimen. Bereksperimen adalah hobi saya, jadi rasanya tidak tenang jika tidak mencoba. hehehe.

Harap diperhatikan bahwa patch ini saya buat khusus untuk Xiaomi Redmi 3/Pro, jadi saya tidak jamin akan bekerja jika dipasang pada selain Xiaomi Redmi 3/Pro

Langkah-langkah untuk menerapkan patch yang pertama adalah pastikan hh agan sudah terunlock bootloadernya dan telah terpasang TWRP, atau CWM. Budayakan backup terlebih dahulu sebelum menerapkan patch ini untuk menjaga apabila gagal dalam proses patch.

Jika hh agan sudah terpasang TWRP, silahkan download patch pada link ini. Copy patch yang telah terdownload ke penyimpanan hh agan. Terserah mau disimpan di sdcard atau penyimpanan internal.

Silahkan reboot hh agan dan masuk ke recovery TWRP. Untuk cepat masuk ke mode recovery, buka aplikasi Update, sentuh ikon 3 titik di pojok kanan atas dan pilih “Reboot to Recovery”.

Setelah agan berhasil masuk ke recovery, pilih Install kemudian cari patch yang sudah agan download tadi. Swipe tombol install ke kanan untuk mulai memasang patch.

Setelah proses patching selesai, reboot hh agan tanpa melaukan Wipe Dalvik/Art Cache agar proses boot berjalan cepat. Selesai.

Jika agan mempunyai pertanyaan atau kendala pada patch ini silahkan dituliskan di kolom komentar ;-).

Please follow and like us: