Tutorial Pengaturan Dota 2 untuk Bermain di Komputer dengan Spek Rendah

Dota 2 Wallpaper

Assalamu”alaikum warahmatullahi wabarakatuh, Alhamdulillah kali ini saya akan nge-share info untuk melakukan pengaturan dota 2 di komputer yang jadul, atau istilahnya komputer low-end… Bagi yang belum tahu apa itu game Dota 2, silahkan nge-Google dulu atau lihat gameplay nya di Youtube. @_@

Ok langsung saja kita ke TKP…

Spesifikasi untuk Memainkan DotA 2

Pertama-tama, kita harus ngecek dulu spesifikasi komputer kita. Minimal sistem yang dibutuhkan untuk memainkan Dota 2 di komputer berdasarkan info dari laman web game-debate adalah sperti pada screen capture berikut.

Pengaturan Dota 2 di komputer spek rendah

Baca juga:  Tutorial Fix 404 Page Not Found Wordpress Setelah Mengganti Permalink

Nah.., jika spesifikasi komputer agan sudah memenuhi spesifikasi seperti gambar di atas atau lebih tinggi, kita beralih ke tweak sistem. Rata-rata komputer built-in dan laptop jadul bermodalkan VGA internal dari vendor Intel atau biasa disebut dengan Intel GMA/HD xxxx. VGA ini gunanya untuk merender setiap frame grafik pada game, jadi bisa dibilang dengan bermain game di komputer, kita telah memaksa VGA untuk bekerja keras (Jahat ya..).

Pengaturan DotA 2 untuk Komputer Spek Rendah (Komputer Low-end)

Kartu Grafik (VGA) pada komputer hanya bisa berjalan jika drivernya telah terinstall. Driver ini sangat berpengaruh terhadap performa VGA jadi jangan sembarang nginstall driver.

Usahakan driver yang digunakan adalah driver dari website vendor, bukan dari Software Universal Driver atau yang sering digunakan adalah Driver P*ck Sol*t*on, karena berdasarkan pengalaman, dengan menggunakan driver universal akan membuat kinerja VGA tidak efisien sehingga cepat panas. Setiap produsen VGA menyiapkan pengaturan grafis pada driver bawaan untuk memudahkan user dalam melakukan tweaking.

Pengaturan Software Driver Kartu Grafis

Bagi yang kartu grafik PC nya menggunakan Intel, silahkan buka Graphics Properties untuk mulai mengatur grafik. Agar bisa lancar bermain Dota 2, atur Graphics Power Plans ke Maximum Performance pada menu Power Options (Untuk beberapa tipe mungkin berbeda letak menunya). Perlu diingat bahwa performa berbanding terbalik terhadap kualitas grafik.

Baca juga:  Cara Mengembalikan Data yang Hilang/Terhapus pada Komputer

Pengaturan Dota 2 di komputer spek rendah

Tekan Apply/OK untuk menerapkan pengaturan kemudian close. Bagi pengguna VGA AMD Radeon berbeda lagi pengaturannya.

Nah, tweaking sistem telah selesai. Saatnya kita bermain game ^_^.

Konfigurasi Pengaturan DotA 2

Silahkan buka game dota 2 agan melalui Steam. Saat in-game, buka menu Options dan pilih Video.

Pengaturan Dota 2 di komputer spek rendah
Pengaturan Dota 2 di komputer spek rendah

Pada gambar di atas merupakan pengaturan grafik dengan mempercepat FPS game tanpa harus mengurangi kualitas grafik terlalu banyak. Jika pada saat bermain grafik masih patah-patah/fps rendah, Pilih Off untuk shadow quality dan hilangkan chek vSync.

Baca juga:  5 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Menginstal Windows pada Komputer

Pengaturan Tweak Tambahan

Bagi agan yang masih menggunakan jaringan operator dan sangat memikirkan kuota, bisa disetting agar dota 2 hemat kuota. Normalnya, Dota 2 akan menghabiskan kuota agan sekitar 100MB untuk satu kali main, dan kadang ini menyakitkan, apalagi jika kalah di game. Terlebih jika gamenya “comback is real” istilahnya anak-anak dota. Pengaturan nya ada di Options Network. Pilih Low pada network quality untuk menghemat kuota.

Pengaturan Dota 2 di komputer spek rendah

Berdasarkan pengalaman, dengan memilih opsi ini, kuota dapat dihemat 50% dari kuota normal, tpi tentu mendapatkan ping yang agak tinggi yakni sekitar 150ms. Namun itu sudah lumayan untuk fast hand @_@