5 Software Alternatif Gratis Pengganti Microsoft Word

Software Alternatif gratis pengganti Microsoft Word (techradar.com)
Software Alternatif gratis pengganti Microsoft Word (techradar.com)

Software alternatif gratis Microsoft Word — Microsoft Word adalah salah satu software pengolah kata terbaik saat ini.  Software ini dikembangkan oleh perusahaan raksasa Microsoft sebagai bagian dari Microsoft Office untuk mendukung kinerja perkantoran. Microsoft Word dapat diintegrasikan dengan software Microsoft Office lainnya, serta adanya fitur cloud storage untuk menyimpan dokumen secara online, selain itu juga mendukung banyak template yang berkualitas yang menjadikannya sebagai software pengolah kata populer di dunia.

Banyaknya fitur-fitur yang dimiliki oleh Microsoft Word tentu berbanding lurus dengan biaya yang harus dikeluarkan untuk mendapatkan software ini. Loh, bukannya software ini gratis? Pihak Microsoft tidak menggratiskan produk ini untuk digunakan oleh publik, dengan kata lain kita harus membelinya untuk dapat digunakan.

Mengapa Menggunakan Software Alternatif

Mungkin pemakai di Indonesia banyak yang mengira bahwa software Microsoft Office ini gratis karena selalu otomatis terinstal ketika menginstal sistem operasi Microsoft Windows di tempat service komputer. Sebenarnya itu adalah software bajakan dan tidak resmi dari Microsoft. Pihak yang melakukan penginstalan sebenarnya telah melakukan pelanggaran hak cipta dengan menginstal software tanpa izin dan tanpa membelinya secara legal.

Menggunakan software bajakan dapat menjadikan penggunanya terjerat hukum mengenai pelanggaran hak cipta. Selain melanggar dalam ruang lingkup konstitusi, ia juga melanggar dalam syariat agama, terutama dalam agama Islam. Untuk itu diperlukan kehati-hatian dalam menggunakan setiap software pada komputer.

Baca juga:  Tutorial Cara Tweak AMD Radeon agar Lancar Dalam Bermain Game

Setelah kita mengetahui konsekuensinya, sebagai warga negara yang baik, tentu kita tidak ingin melanggar aturan-aturan tersebut. Apalagi sebagai seorang muslim yang taat. Lalu bagaimana solusinya? Kalau memang software ini dibutuhkan untuk menunjang pekerjaan sehari-hari, sebaiknya beli secara legal. Namun sekiranya belum mampu untuk membelinya, masih banyak kok aplikasi pengolahan kata alternatif sebagai pengganti dari Microsoft Word.

Software Alternatif Gratis Pengganti Microsoft Word

Software alternatif telah banyak dikembangkan oleh komunitas-komunitas agar dapat digunakan bersama-sama tanpa mengeluarkan banyak biaya. Software ini sebagian besar adalah gratis dan open-source — kata gratis memiliki daya pikat tersendiri ;-D . Berikut software alternatif gratis pengganti Microsoft Word:

1. LibreOffice Writer

LibreOffice adalah software alternatif Microsoft Word terbaik saat ini. Banyaknya konstribusi dari komunitas dan pengembang membuat software ini semakin baik tiap saat. Terutama dengan adanya update secara reguler untuk perbaikan bug program dan penambahan fitur-fitur di dalamnya.

Lihat gambar LibreOffice Writer

Tampilan interface LibreOffice Writer lebih mirip dengan tampilan Microsoft Word 2003, tanpa menu ribbon seperti Microsoft Word 2007 dan versi di atasnya — seolah-olah kita bernostalgia dengan Microsoft Word versi jadul dahulu saat menggunakannya.

Walaupun dengan tampilan klasik, tidak lantas menjadikan LibreOffice Writer tertinggal dengan Microsoft Word versi terbaru, dengan banyaknya komunitas pengguna dan pengembang software membuat tersedianya banyak plugin dan template gratis yang dapat digunakan saat bekerja menggunakan software alternatif ini.

LibreOffice Writer juga kompatibel dengan format dokumen Microsoft Word seperti DOC dan DOCX sehingga dokumen yang telah dibuat di Microsoft Word dapat dibukan dan diedit di LibreOffice Writer. Hal ini membuat kita dapat saling sharing dokumen dengan orang lain yang menggunakan Microsoft Word. Anda juga dapat mengekspor dokumen anda ke dalam bentuk PDF dengan sekali klik pada ikon PDF ekspor.

Baca juga:  Tutorial Cara Mengatasi Komputer yang Tiba-Tiba Lemot

Kekurangan dari LibreOffice adalah tidak adanya fitur cloud storage untuk menyimpan dokumen secara online. Namun anda masih dapat menyimpan dokumen anda secara online dengan menggunakan layanan DropBox, Google Drive atau OneDrive, sehingga hal ini bukanlah hal yang terlalu dipertimbangkan.

Download LibreOffice

2. WPS Office Writer

Jika anda sudah sangat akrab dengan tampilan Microsoft Word dan menjadi kendala saat ingin menggunakan software alternatif lain, WPS Office Writer adalah software alternatif gratis pengganti Microsoft Word yang cocok untuk anda.

Lihat gambar WPS Office Writer

WPS Office Writer didesain mirip dengan tampilan Microsoft Word versi terbaru, dengan ribbon pada bagian atas juga dengan tampilan ikon-ikonnya. Sangat cocok bagi anda yang telah terbiasa menggunakan Microsoft Word 2007 atau versi yang lebih tinggi.

Salah satu kelebihan WPS Office Writer dari software alternatif gratis lainnya adalah kita dapat membuka banyak dokumen sekaligus dalam satu jendela office. Jadi setiap dokumen yang terbuka dipisahkan dalam bentuk tab sehingga kita tidak perlu lagi pindah dari satu jendela ke jendela lain untuk melihat dokumen, cukup dengan mengklik tab-tab dokumen tersebut. Fitur ini menjadikan ikon pada taskbar tidak terlalu banyak walaupun anda membuka banyak dokumen sekaligus.

WPS Office Writer memiliki format dokumen sendiri yakni WPS, namun secara default dokumen baru disimpan dalam format DOCX untuk memudahkan apabila ingin berbagi atau sharing dengan pengguna Microsoft Word.

Sebagaimana Microsoft Word, fitur cloud storage juga didukung oleh WPS Office Writer. Penyimpanan Cloud sebesar 1GB memudahkan kita dalam membackup dan mensinkronisasikan dokumen. Selain itu, WPS Office juga tersedia untuk perangkat mobile seperti Android dan IOS. Semuanya mendukung format dokumen Microsoft Office sehingga dapat digunakan untuk membuka dan mengedit dokumen dari Microsoft Word.

Baca juga:  Crimson ReLive Inovasi Baru dari AMD

WPS Office tidak bersifat open source. Software ini dikembangkan dengan dukungan dan sponsor dari beberapa iklan, jadi mungkin anda akan disuguhkan beberapa tampilan iklan dalam jendela kerja, namun hal ini tidak akan menggangu anda dalam bekerja. Untuk menghilangkan iklan ini, anda dapat menggunakan WPS Office versi premium dengan bonus PDF tools.

Download WPS Office

3. Apache OpenOffice Writer

Apache OpenOffice Writer merupakan software alternatif gratis Microsft Word yang sudah muncul cukup lama. LibreOffice sendiri merupakan bagian dari Apache OpenOffice. Kedua software ini menggunakan code yang sama dalam pengembangannya.

Lihat gambar Apache OpenOffice Writer

Tampilan OpenOffice Writer sangat mirip dengan tampilan klasik Microsoft Word, dengan beberapa ikon dan menu bar pada bagian atas. Selain itu juga terdapat sidebar untuk pengaturan format dokumen.

Perbedaan utama OpenOffice dari LibreOffice adalah dukungan update yang hanya sekali atau dua kali setahun, sementara LibreOffice menerima update reguler biasanya sekali dalam sebulan. Hal ini menjadikan LibreOffice mmiliki lebih sedikit bug dan penambahan fitur yang lebih baik.

Download Apache OpenOffice

4. SoftMaker FreeOffice TextMaker

Tampilan SoftMaker FreeOffice TextMaker sedikit lebih ribet dari beberapa software alternatif gratis pengganti Microsoft Word lainnya. Namun hal ini dapat diatasi dengan fitur untuk melakukan customisasi atau pengaturan tata letak menu pada toolbar.

Lihat gambar SoftMaker FreeOffice TextMaker

Kelebihan dari SoftMaker FreeOffice TextMaker adalah memudahkan kita dalam membuat dokumen interaktif yang terdiri dari field dan bookmark. Kita juga mudah menyimpan dokumen tersebut dalam format PDF.

Kekurangan software ini adalah tidak mampu untuk menyimpan dokumen dalam format DOCX. Dokumen yang telah dibuat dan diedit hanya dapat disimpan dalam format DOC. Padahal format DOCX memiliki kelebihan tersendiri dibadingkan dengan format DOC, terutama dalam hal kapasitas file.

Baca juga:  Software Aplikasi Pembuat Rapor Otomatis

Kita hanya dapat membuka file DOCX menggunakan SoftMaker FreeOffice TextMaker, namun tidak dapat menyimpannya dalam format tersebut. Jadi apabila anda ingin berbagi dokumen dengan pengguna Microsoft Word, sebaiknya gunakan format DOC saat menyimpan file.

Download SoftMaker FreeOffice TextMaker

5. AbiWord

AbiWord adalah software alternatif gratis pengganti Microsoft Word yang lainnya. Fitur yang dimiliki lebih klasik sehingga tidak memiliki beberapa fitur mewah sebagaimana software alternatif gratis yang lain.

Lihat gambar AbiWord

Software ini merupakan project open source yang masih dikembagkan — namun pihak pengembang lebih fokus mengembangkan software ini untuk platform Linux dibandingkan Windows. Hal ini dikarenakan pihak pengembang software untuk aplikasi ini kurang dari pengembang software Windows sehingga pengembangan software untuk versi Windows terhambat.

AbiWord sangat ringan digunakan, menjadikannya software pengolah kata yang cocok untuk komputer dengan spesifikasi rendah. AbiWord juga mendukung format DOC dan DOCX sehingga memudahkan dalam berbagi file dengan pengguna Microsoft Word. Beberapa fitur dapat ditambahkan ke dalam AbiWord dengan menginstal beberapa plugin tambahan.

Kelebihan lain dari AbiWord adalah adanya fitur AbiCollab yang memungkinkan beberapa pengguna bekerja dalam satu dokumen secara bersamaan, yang didukung dengan fitur auto sinkronisasi — kurang lebih mirip dengan Google Docs.

Download AbiWord

Pilihan Software Alternatif Tergantung Anda

Semua software yang dipaparkan di atas merupakan software alternatif gratis pengganti Microsoft Word. Pilihan tergantung anda untuk menggunakan salah satu software tersebut, tentunya dengan beberapa pertimbangan kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Menurut saran kami, software alternatif gratis yang cocok sebagai pengganti Microsoft Word adalah LibreOffice Writer dan WPS Office Writer dengan interface yang lebih familiar dan fitur yang tidak jauh beda dengan Microsoft Word.

Baca juga:  Tutorial Cara Tweak AMD Radeon Crimson Untuk Memaksimalkan Performa Kartu Grafis

Mungkin ada beberapa kekurangan pada software-software tersebut apabila dibandingkan dengan Microsoft Word, namun menggunakannya sebagai software alternatif merupakan hal yang lebih baik jika dibandingkan dengan menggunakan Microsoft Word secara ilegal (bajakan). Jadi itu merupakan pilihan anda 🙂


Mungkin anda juga menyukai:


Tutorial Cara Mudah Membuat USB UEFI Installer Windows 7-8-10

Tutorial Cara Mudah Membuat USB UEFI Installer Windows 7/8/10

Bismillah, setelah sekian lama vakum, akhirnya ada kesempatan lagi untuk membuat artikel baru. Artikel yang saya buat kali  ini adalah ...
Selengkapnya
Cara Mengembalikan Fitur Estimated Data Usage Jaringan WiFi Windows 10

Cara Mengembalikan Fitur “Estimated Data Usage” Jaringan WiFi Windows 10

Anda pengguna paket unlimited atau paket kuota internet? Paket unlimited internet atau kuota dengan jumlah besar seperti berlangganan Indie Home ...
Selengkapnya
Tutorial Fix Drive yang Muncul 2X (Duplikat Drive) di Windows 10

Tutorial Cara Fix Drive yang Muncul 2X (Duplikat Drive) di Windows 10

Siapa yang tidak kenal dengan Microsoft Windows 10, Windows versi terbaru keluaran Microsoft saat ini dengan beberapa polesan dan tambahan fitur yang ...
Selengkapnya
Mengatasi Xiaomi Redmi Note 3Pro Brick, No Fastboot, No Download Mode, LED Blinking (financialexpress.com)

Cara Mengatasi Xiaomi Redmi Note 3/Pro yang Brick, No Boot, No Fastboot, No Download Mode, Layar Blank, LED Merah Berkedip

Bagi pengguna Xiaomi Redmi Note 3/Pro, mungkin pernah mengalami serentetan masalah pada smartphone ini. Mulai dari tiba-tiba mati, lag, ROM abal-abal ...
Selengkapnya
Cara mengatasi HS-USB Diagnostic 900e Redmi Note 3 Pro (forums.oneplus.net)

Tutorial Cara Mengubah HS-USB Diagnostic 900E Menjadi HS-USB QDloader 9008 Xiaomi Redmi Note 3/Pro

Setelah membahas mengenai error "Hello Packet" Xiaomi Redmi Note 3/Pro, kali ini kita akan membahas mengenai teman errornya yaitu port com ...
Selengkapnya
Cara Mengatasi error Hello Packet Xiaomi Redmi Note 3 saat Diflash Menggunakan MiFlash (financialexpress.com)

Tutorial Cara Mengatasi Error “Hello Packet” Saat Flashing Redmi Note 3/Pro Menggunakan MiFlash

Xiaomi Redmi Note 3 adalah salah satu smartphone keluaran Xiaomi yang populer digunakan terutama di Indonesia. RN3 adalah inovasi baru dari ...
Selengkapnya
Cara mengatasi Not enough storage is available to process this command Miflash (forum.gsmdevelopers.com)

Tutorial Cara Mengatasi “Not Enough Storage is Available to Process this Command” pada MiFlash

Assalamu'alaikum sobat MIUIERS, pada kesempatan ini saya akan memberikan tutorial untuk mengatasi Not enough storage is available to process this command saat kita ...
Selengkapnya
Deep Flash Kabel (DFC) siap digunakan untuk bertempur

Cara Mudah Membuat Deep Flash Cable (DFC) untuk Xiaomi Redmi Note 3

Alhamdulillah, setelah lama vakum, akhirnya bisa nulis tutorial lagi. Kali ini saya akan memberikan tutorial cara mudah membuat Deep Flash ...
Selengkapnya
Cara Mudah Mengebalikan Conexant Stereo Mix yang Hilang pada Windows 8 10

Cara Mudah Mengembalikan Conexant Stereo Mix yang Hilang pada Windows 8/10

Conexant Stereo Mix adalah salah satu fitur recording atau perekam pada sistem operasi Microsoft Windows. Tahu gak bedanya dengan rekaman ...
Selengkapnya
Cara Install Banyak Aplikasi Android Sekaligus dalam Satu Perintah ADB Install (digitaldoubt.com)

Cara Mudah Instal Banyak Aplikasi Android dalam Satu Perintah ADB Install (Batch Install)

Banyak cara untuk menginstal aplikasi pada perangkat android. Cara yang umum digunakan adalah dengan menginstal melalui Google Play Store secara online ...
Selengkapnya
Cara Mengatasi Software Game Steam yang Tiba-Tiba Sangat Lambat pada Windows

Cara Fix Software Game Steam yang Tiba-Tiba Sangat Lambat pada Windows

Halo sobat gamers, pernah dengar kata Steam? Yah, Steam adalah software pendukung untuk memainkan game-game keluaran perusahaan game besar Valve yang ...
Selengkapnya
Cara Mudah Instal Aplikasi pada Smartphone Android Melalui PC Komputer (industrygirlblog.com)

Cara Mudah Instal Aplikasi pada Smartphone Android Melalui PC/Komputer

Menginstal aplikasi android lewat PC lebih mudah jika dibandingkan menginstal aplikasi pada perangkat android itu sendiri, terutama jika aplikasi yang ...
Selengkapnya