8 Tips agar Android Tidak Boros Baterai

Tips agar android tidak boros baterai

8 Tips agar Android Tidak Boros Baterai — Smartphone android bukan lagi barang yang mewah saat ini. Bisa dikatakan sudah menjadi kebutuhan pokok masyarakat. Sebagai ponsel pintar, tidak lagi hanya digunakan untuk menelpon dan sms saja. Smartphone android bisa dikatakan telah mengambil alih sebagian besar fungsi dari komputer.

Ponsel pintar android sebagai perangkat mobile menggunakan baterai sebagai penunjang daya. Kapasitas baterai untuk beberapa tipe smartphone android berbeda-beda tergantung kebijakan dari perusahaan pembuatnya.

Penggunaan baterai smartphone android merupakan salah satu hal yang selalu menjadi sorotan publik. Dikatakan bahwa smartphone android sangat boros dalam menggunakan baterai. Hal ini tentu karena aplikasi-aplikasi yang dijalankan membutuhkan resource yang tinggi agar dapat berfungsi secara optimal.

Baca juga:  Cara Mengatasi Xiaomi Redmi Note 3/Pro yang Brick, No Boot, No Fastboot, No Download Mode, Layar Blank, LED Merah Berkedip

Smartphone android yang memiliki kapasitas baterai yang besar, mungkin bukan masalah apabila menggunakan banyak aplikasi di dalamnya. Baterai yang digunakan dapat bertahan lama meskipun digunakan setiap saat. Lalu bagaimana dengan smartphone dengan kapasitas baterai yang kecil?

Bagi anda yang memiliki smartphone android dengan kapasitas baterai yang kecil, solusi agar baterai bertahan lama adalah dengan menggunakan power bank. Tapi ada berapa tips agar smartphone android tidak boros baterai.

Kurangi Aplikasi yang Berjalan di Background

Banyaknya aplikasi yang berjalan di background merupakan salah satu penyebab android boros baterai. Contoh aplikasi yang berjalan di background adalah aplikasi media sosial seperti Facebook, BBM, Email, aplikasi game, dan lain-lain. Aplikasi ini biasanya berjalan otomatis saat smartphone pertama kali dinyalakan.

Jalankan aplikasi yang memang benar-benar dibutuhkan dan matikan aplikasi lain pada background. Dengan melakukan step ini dapat membuat baterai android lebih tahan lama.

Baca juga:  Cara Fix Software Game Steam yang Tiba-Tiba Sangat Lambat pada Windows

Untuk mematikan aplikasi pada background dapat menggunakan aplikasi Task Killer atau aplikasi task manager bawaan android anda. Biasanya dengan menyetuh/menekan tombol Home beberapa saat.

Matikan Perangkat yang Tidak Digunakan

Smartphone android telah dilengkapi beberapa fitur untuk mendukung kinerjanya seperti WiFi, Bluetooth, GPS, dan perangkat lain. Perangkat-perangkat ini juga dapat menjadi penyebab android boros baterai.

Apabila tidak dibutuhkan, sebaiknya perangkat ini dimatikan. Seperti GPS, tidak dibutuhkan setiap saat, sebaiknya dimatikan saja agar lebih hemat baterai.

Saat anda menggunakan koneksi data seluler sebagai penunjang jaringan internet, sebaiknya matikan/disable WiFi pada smartphone. Menyalakan WiFi dan paket data secara bersmaan hanya akan menguras baterai smarthpone anda.

Baca juga:  Cara Cek Kuota Internet Telkomsel Tahun 2017

Kurangi Kecerahan Layar

Sebagaimana laptop, layar juga merupakan penyebab cepatnya baterai terkuras pada smartphone android. Kurangi kecerahan layar pada android dapat lebih menghemat penggunaan baterai.

Biasanya terdapat fitur android untuk mengatur kecerahan layar secara otomatis. Fitur ini juga dapat membuat penggunaan baterai android menjadi boros. Ada baiknya kecerahan layar diatur secara manual agar android tidak boros baterai.

Matikan Semua Efek Animasi

Penggunaan efek animasi dapat memperindah tampilan layar android anda. Sebagai konsekuensinya, tentu membutuhkan power yang lebih besar.

Agar android tidak boros baterai, sebaiknya efek-efek animasi tidak diaktifkan. Biasanya efek ini terdapat pada wallpaper, screensaver, atau tema yang digunakan.

Jika memang membutuhkan tampilan yang menarik untuk android, sebaiknya memilih tema yang tidak terlalu berat. Contohnya adalah tema dengan model flat dan tanpa animasi.

Hindari Panas yang Berlebihan

Panas juga dapat menyebabkan baterai android cepat drop. Panas berlebihan biasanya didapatkan karena penggunaan android terus-menerus. Bermain game pada android adalah salah satu yang menyebabkan smartphone menjadi panas dan ini juga berakibat pada android.

Selain itu, panas pada android juga dapat disebabkan karena jeleknya kualitas jaringan seluler sehingga dibutuhkan daya yang lebih besar untuk menangkap dan menstabilkan jaringan yang didapat oleh smartphone android.

Baca juga:  Ponsel Androidmu Cepat Lowbat? Kenali Penyebabnya di Sini

Jika menerima panas berlebihan terus-menerus dapat mengakibatkan baterai android anda cepat rusak dan tidak dapat digunakan lagi.

Hapus Aplikasi Bloatware

Apa it apalikasi bloatware? Aplikasi bloatware merupakan aplikasi tambahan pada android yang biasanya terinstal otomatis saat menggunakan ROM distributor. Aplikasi ini bisa berupa aplikasi layanan, iklan, dan sejenisnya.

Aplikasi bloatware biasanya akan berjalan otomatis pada background sehingga menggunakan resource perangkat. Belum lagi jika ternyata aplikasi tersebut memiliki virus. Jika tidak digunakan, sebaiknya aplikasi ini dihapus/uninstall saja.

Beberapa aplikasi bloatware mungkin tidak dapat dihapus secara normal. Terdapat beberapa aplikasi yang hanya dapat dihapus dengan cara meroot android terlebih dahulu. Apabila android anda telah teroot, anda bisa menggunakan aplikasi “System App Uninstaller” untuk menghapus aplikasi bloatware yang membutuhkan akses root.

Aktifkan Offline Mode

Cara ini dapat digunakan saat anda berada pada tempat yang dilarang untuk mengaktifkan perangkat seluler seperti di dalam pesawat. Jika konektifitas memang benar-benar tidak dibutuhkan, sebaiknya aktifkan fitur offline mode pada android.

Tips ini juga berguna apabila anda berada di daerah pedalaman tanpa adanya konektifitas WiFi atau seluler. Smartphone android akan senantiasa mencari sinyal seluler dan ini akan membuat baterai android anda menjadi boros. Mengaktifkan offline mode pada kondisi tersebut akan menghemat baterai smartphone anda.

Gunakan Fitur Power Saving

Beberapa perangkat android telah dilengkapi dengan fitur power saving. Fitur ini biasanya akan mematikan beberapa aplikasi dan fitur-fitur lain ketika baterai dalam keadaan lowbat.

Baca juga:  Tutorial Cara Mengatasi Error Hello Packet Saat Flashing Redmi Note 3/Pro Menggunakan MiFlash

Aplikasi penghemat baterai juga banyak ditemukan di Google Play. Namun jika perangkat anda telah memiliki aplikasi power saving bawaan, sebaiknya gunakan aplikasi tersebut. Jangan menggunakan banyak aplikasi penghemat baterai karena hal tersebut justru akan membuat android anda menjadi boros baterai

Itulah 8 tips agar smartphone android tidak boros baterai. Apabila anda memiliki tips-tips untuk menghemat penggunaan baterai android, silahkan dishare melalui kolom komentar.