Tutorial Cara Fix Drive yang Muncul 2X (Duplikat Drive) di Windows 10

Tutorial Fix Drive yang Muncul 2X (Duplikat Drive) di Windows 10
Tutorial Fix Drive yang Muncul 2X (Duplikat Drive) di Windows 10

Siapa yang tidak kenal dengan Microsoft Windows 10, Windows versi terbaru keluaran Microsoft saat ini dengan beberapa polesan dan tambahan fitur yang membuatnya tampil lebih elegan. Ya, dari segi tampilan, sepertinya pihak developer Windows mulai tertarik dengan tampilan flat dan classic. Hal ini terlihat jelas pada beberapa ikon dan menu-menu pada Windows 10 jika dibandingkin dengan pendahulunya yang lebih ke arah tampilan 3D.

Selain dari segi perubahan ikon dan menu, Microsoft juga mengembalikan model start menu classic pada Windows 10. Tampilan start menu dari Windows 10 tidak lagi fullscreen secara default sebagaimana Windows 8 dan Windows 8.1 melainkan kembali muncul pada sudut kiri bawah sebagaimana Windows 7. Walaupun demikian, fitur metro app masih dipertahankan dan menjadi ciri tersendiri dari Windows ini.

Baca juga:  Tutorial Cara Tweak AMD Radeon Crimson Untuk Memaksimalkan Performa Kartu Grafis
Tampilan start menu Windows 10 yang lebih classic namun elegan
Tampilan start menu Windows 10 yang lebih classic namun elegan

Dari segelintir fitur dan perubahan tampilan, sebagai Windows keluaran baru yang mungkin masih dalam tahap pengembangan masih ada beberapa hal yang sedikit membuat ilfeel atau rasa tidak nyaman ketika menggunakan Windows ini. Salah satunya adalah ketika kita memasang removable drive seperti flashdisk atau hardisk eksternal pada komputer.

Tutorial Fix Drive yang Muncul 2X (Duplikat Drive) di Windows 10
Drive Muncul 2X (Duplikat Drive) di Windows 10, bug atau fitur?

Ketika flashdisk terpasang dan kita membuka Windows Explorer, maka kita akan melihat drive flashdisk muncul sebanyak dua kali. Entah ini bug atau fitur terbaru dari Windows 10, yang jelas jika ini merupakan fitur, saya rasa fitur ini sedikit gagal paham mengenai user-interface yang nyaman bagi pengguna. Di samping itu bagi saya pribadi, fitur ini tidak memiliki manfaat sama sekali. Justru hanya merusak pemandangan ketika membuka Windows Explorer untuk mengatur data-data pada drive.

Baca juga:  Cara Mengatasi Laptop yang Cepat Panas

Fix Duplikat Drive Windows 10

Bagi anda yang juga memiliki perasaan yang sama dengan saya (cieee….), anda bisa mengikuti tutorial berikut untuk menghilangkan duplikat drive pada Windows 10. Cara cukup mudah yakni hanya mengubah beberapa registry Windows, atau tepatnya menghapus beberapa key. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Buka registry editor (regedit) dengan menekan tombol Win (Super) + R kemudian ketik regedit dan tekan enter.
  2. Masuk ke HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Explorer\Desktop\NameSpace.
  3. Hapus key DelegateFolders.
  4. Selanjutnya masuk ke HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\WOW6432Node\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Explorer\Desktop\NameSpace.
  5. Hapus lagi key DelegateFolders.

Setelah melakukan langkah di atas, silahkan cek kembali drive pada Windows Explorer, insya Allah eksternal/removable drive tidak akan muncul dua kali lagi.

Removable Drive Tidak Terduplikasi Lagi di Windows 10
Removable Drive Tidak Terduplikasi Lagi di Windows 10

Mengubah file registry bagi beberapa orang mungkin terlihat sedikit rumit bahkan menakutkan. Hal ini wajar saja karena registry merupakan komponen utama Windows. Apabila terjadi kesalahan saat mengubahnya bisa-bisa Windows menjadi crash bahkan tidak dapat booting lagi, cukup menakutkan bukan? Jadi bagi anda yang belum paham mengenai registry, sebaiknya minta bantuan dari teknisi atau kepada yang lebih paham untuk menghindari hal-hal tersebut.

Baca juga:  Cara Mudah Mengembalikan Conexant Stereo Mix yang Hilang pada Windows 8/10

Karena adanya kekhawatiran ini, maka saya telah membuat backup regISTRY-nya yang dapat anda gunakan untuk menghilangkan duplikat drive cukup dengan mengklik 2x. Silahkan download Fix Duplikat Drive Win10 disini.

Setelah file tersebut terdownload, ekstrak ke folder yang anda suka, oh ya passwordnya : yukdibaca.com

Registry Fix Duplikat Driver Windows 10
Registry Fix Duplikat Driver Windows 10

Pada hasil ekstrak tadi, terdapat dua file registry. Cukup klik 2 kali file tersebut dan ketika muncul dialog atau pop-up, pilih yes. Lakukan hal tersebut untuk kedua file registry dan cek kembali drive pada Windows Explorer. Mudah kan?

Notifikasi Perubahan Registry Windows
Notifikasi Perubahan Registry Windows
Baca juga:  Tutorial Cara Membuat USB Installer Windows

Itulah beberapa trik untuk menghilangkan drive yang double atau muncul dua kali pada Windows 10. Semoga kedepannya pihak Microsoft bisa menghilangkan fitur ini, kalau memang merupakan fitur terbaru Windows 10. Semoga bermanfaat.

Please follow and like us: