Tutorial Cara Membuat Installer Linux pada Flashdisk

Cara Membuat Installer Linux

Pernah mencoba menginstal sistem operasi Linux pada komputer? Atau mungkin anda ingin belajar bagaimana cara menginstalnya?

Sebelum menginstal sistem operasi Linux, pertama-tama kita harus membuat installer Linux tersebut. Jika sobat sudah pernah menginstal Linux sebelumnya lewat media CD/DVD, kali ini kita akan mencoba membuat installer linux menggunakan flashdisk.

Mengapa menggunakan flashdisk? Karena proses transfer data pada flashdisk lebih cepat dibandingkan menggunakan media piringan seperti CD atau DVD sehingga proses penginstalan akan berjalan lebih cepat. Selain itu, laptop keluaran terbaru juga banyak yang tidak menggunakan CD/DVD drive lagi seperti jenis Netbook. Jadi untuk menginstalnya harus menggunakan media USB seperti flashdisk.

Hal-Hal yang Perlu Dipersiapkan

Sebagaimana tutorial-tutorial lainnya, sebelum memulainya harus ada persiapan lebih dulu agar proses dapat berjalan lancar. Untuk tutorial membuat installer linux pada flashdisk ini juga ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan yaitu :

1. Siapkan mental dan keberanian

Tanpa keberanian, mustahil kita melakukan eksperimen karena takut akan resiko. Sebagai akibatnya, pengetahuan kita hanya itu-itu saja, tidak ada peningkatan sehingga akan semakin tertinggal dengan orang-orang barat (dahsyaaattt….).

Jadi agar eksperimen ini dapat berjalan lancar, silahkan siapkan keberanian untuk memulainya. Tidak akan ada resiko yang begitu berarti jika gagal dalam eksperimen ini selama mengikuti setiap prosedur dengan benar.

2. Komputer yang bisa digunakan untuk membuat installer

Komputer yang dimaksud disini adalah komputer dengan sistem operasi Microsoft Windows dan masih bagus. Jadi sebelum melakukan penginstalan, komputer inilah yang digunakan untuk membuat installer linux pada flashdisk.

3. Flashdisk yang masih bagus

Karena kita akan membuat installer linux pada flashdisk, yah wajib untuk menyiapkan flashdisk plus masih bagus. Kalau flashdisk rusak tentu tidak bisa digunakan, iya kan??

Baca juga:  Tutorial Pengaturan Dota 2 untuk Bermain di Komputer dengan Spek Rendah

Kapasitas flashdisk disarankan 2GB. Jika ada yang memiliki kapasitas lebih besar lebih bagus lagi. Sistem operasi linux memiliki fitur yang berbeda-beda tiap distro, jadi kapasitasnya juga berbeda-beda biasanya hingga 4GB. Untuk itu tidak ada salahnya mempersiapkan flashdisk dengan kapasitas yang lebih besar. Tapi jika memang hanya bisa mempersiapkan yang 2GB saja juga tidak mengapa. Tinggal instal saja distro yang kecil kapasitasnya. hehehe

4. Software pembuat installer linux

Dibadingkan dengan Cara Membuat USB Installer Windows, membuat installer linux terbilang cukup rumit sehingga membutuhkan software atau tool khusus untuk membuatnya. Software yang digunakan pada tutorial ini adalah Universal USB Installer. Silahkan Download di sini kemudian extract.

5. File ISO Linux yang akan diinstal

Yang perlu dipersiapkan selanjutnya adalah file ISO linux. Jenis linux yang ingin digunakan sesuai dengan keinginan saja karena pada umumnya cara membuat installer linux pada flashdisk untuk beberapa distro linux itu sama. Namun pada tutorial ini digunakan distro linux Ubuntu dengan versi 16.04 LTS.

Jika belum memiliki ISO Linux, silahkan download pada website resmi distro tersebut. Untuk Ubuntu bisa di download di sini.

Pilih ISO yang sesuai optimal dengan komputer yang akan diinstal ya. Pilih Linux dengan bit yang sesuai apakah 32 bit atau 64 bit. Jika masih ragu dalam memilih, pakai saja yang 32 bit atau baca Hal yang perlu diperhatikan sebelum menginstal sistem operasi.

Setelah mempersiapkan semua keperluan, saatnya ke TKP. @[email protected]

Langkah-Langkah Membuat Installer Linux pada Flashdisk

Oke, semua tool sudah ada dan ISO telah terdownload dengan baik. Sekarang ikuti langkah-langkah berikut..!!!

  1. Colok flashdisk pada port USB komputer/laptop. Sebelum digunakan sebagai installer, pastikan semua data pada flashdisk tersebut telah dibackup ke tempat yang aman jika dianggap penting. Kehilangan data pada flashdisk bukan tanggung jawab kami jika anda tidak membackupnya terlebih dahulu.
  2. Format flashdisk ke dalam file system FAT32 agar installer bekerja dengan optimal. Saat format selesai, maka semua data pada flashdisk akan terhapus.Cara Membuat Installer Linux
  3. Ekstrak software pembuat installer linux yang telah didownload sebelumnya. Setelah itu jalankan file exe yang telah diekstrak tersebut.Cara Membuat Installer Linux
  4. Saat software terbuka, maka ada perjanjian lisensi. Klik Agree untuk melanjutkanCara Membuat Installer Linux
  5. Pada tahap selanjutnya perhatikan gambar. Pertama pilih distro yang ingin diinstal, pastikan sesuai dengan distro yang telah didownload sebelumnya. Setelah itu klik browse untuk mencari distro yang didownload tadi.Cara Membuat Installer Linux
  6. Cari direktori tempat ISO linux yang telah terdownload kemudian pilih dan klik Open. ISO yang tidak sesuai dengan distro yang dipilih tadi akan disembunyikan dari jendela pencarian.Cara Membuat Installer Linux
  7. Pilih flashdisk yang akan dijadikan media installer (perhatikan gambar pada nomor 2). Jika flashdisk tidak muncul, centang “Now Showing All Drives” (nomor 1) kemudian pilih kembali flashdisk pada nomor 2. Harap diperhatikan bahwa ketika mencentang opsi tersebut, maka semua drive akan muncul pada pilihan. Pastikan memilih flashdisk yang benar dengan memperhatikan Letter (Contoh : C:\, D:\, F:\, atau I:\), kapasitas atau label flashdisk sesuai detail pada saat diformat. Memilih driver yang salah akan mengubah filesystem pada drive yang akan menyebabkan kegagalan boot.Cara Membuat Installer Linux
  8. Selanjutnya klik Create untuk memulai membuat installer linux pada flashdisk. Akan muncul dialog peringatan, klik YES untuk melanjutkan.Cara Membuat Installer Linux
    Cara Membuat Installer Linux
  9. Tunggu hingga proses penyalinan file ke flashdisk dan pengkaktifan boot flashdisk selesai.Cara Membuat Installer Linux
  10. Jika proses berhasil, maka akan muncul seperti gambar di bawah. Klik Close untuk menutup program.Cara Membuat Installer Linux
Baca juga:  Tutorial Cara Membuat USB Installer Windows

Itulah beberapa langkah untuk membuat installer linux pada flashdisk. Selama mengikuti prosedur dengan benar, maka Insya Allah proses pembuatan akan berjalan lancar. Selanjutnya silahkan melakukan tes booting flashdisk pada komputer yang akan diinstal.

Diingatkan sekali lagi agar senantiasa melakukan backup data yang dianggap penting untuk menghindari resiko kehilangan data.

Selamat bereksperimen ^_^