Tutorial Cara Memposting Gambar GIF di Facebook

Cara Memposting Gambar Gif di Facebook
Cara Memposting Gambar Gif di Facebook

Sebelumnya Facebook menghindari penggunaan gambar GIF karena khawatir dengan adanya video yang dapat diputar secara otomatis, yang bisa membuat status pada wall menjadi berantakan.  Akan tetapi, seiring perkembangan jaman, para pengguna Facebook menyukai meme, sementara meme dan GIF merupakan hal yang sulit dipisahkan.

Media GIF juga semakin populer karena sekarang dapat dengan mudah dibuat menggunakan IOS 11 atau smartphone kelas atas seperti Galaxy S8. Untuk memposting di Facebook cukup dengan mengklik ikon Share di ponsel tersebut asalkan aplikasi Facebook sudah terpasang sebelumnya.

Mengunggah gambar GIF ke Facebook itu cukup sederhana. Namun berbeda dengan foto dan video, gambar GIF tidak dapat diunggah begitu saja. Karena itu, postingan kali ini akan menunjukkan langkah-langkah menggunakan gambar GIF atau gambar animasi di Facebook.

Apa itu GIF?

GIF merupakan jenis gambar seperti JPG, namun tidak kebanyakan jenis gambar lainnya, GIF bisa berupa gambar animasi singkat yang diputar dalam satu lingkaran atau secara berulang-ulang.

Dibadingkan dengan video, ukuran file GIF jauh lebih kecil dan lebih sesuai untuk dilihat jika koneksi internet yang digunakan cukup lambat. Proses pengunggahannya pun cukup singkat karena ukuran filenya yang kecil tersebut.

Bagaimana Cara Mengirim File GIF ke Facebook?

Karena Anda tidak dapat mengunggah file GIF secara langsung ke Facebook, maka Anda terlebih dahulu mengunggah file GIF Anda ke layanan penyimpanan online atau lebih dikenal dengan Cloud Hosting, yang memberikan Anda opsi untuk dapat menshare linknya secara langsung. Atau Anda bisa menemukan gambar GIF yang sudah dibuat sebelumnya pada website Tumblr, Imgur, Giphy, atau di tempat lain.

Ketika Anda sudah mengunggah file GIF di layanan penyimpanan online atau sudah menemukan gambar GIF pada beberapa website yang disebutkan sebelumnya, Anda cukup mengambil link atau tautan media tersebut.

Baca juga:  Google Chrome Terbaru Kini Dapat Mensenyapkan Website

Biasanya Anda harus meng-klik kanan pada animasi GIF dan pilih Copy Link Address, atau yang serupa. Beberapa layanan penyimpanan online seperti Giphy dan Google Drive memiliki ikon atau menu tautan/link yang dapat Anda klik untuk menyalinnya langsung ke clipboard.

Cara untuk menyalin alamat gambar GIF di beberapa browser antara lain:

  1. Google Chrome, klik kanan kemudian pilih Copy Image URL
  2. Firefox, klik kanan media kemudian pilih Copy Image Location
  3. Opera Browser, klik kanan dan pilih Copy Image Address

Untuk browser lain mungkin memiliki pilihan untuk menyalin tautan yang sedikit berbeda, namun secara umum Anda cukup mencari opsi untuk menyalin alamat tautan pada gambar GIF tersebut.

Selanjutnya silahkan masuk ke akun Facebook Anda. Klik kotak untuk update status yang biasanya tertulis “Apa yang Anda Pikirkan?”, dan tempel/paste tautan yang sudah Anda salin sebelumnya. Untuk menempelkan tautan tersebut, Anda dapat menggunakan tombol Ctrl + V pada keyboard, atau klik kanan pada kotak tersebut dan pilih paste.

Ketika Anda selesai menempelkan tautan GIF di kotak status, Facebook akan secara otomatis memunculkan gambar GIF pada bagian bawah tautan tadi.

Selanjutnya, silahkan hapus tautan yang Anda tempelkan tadi agar tidak terlihat ketika gambar GIF telah diposting. Atau Anda bisa menggantinya dengan status lain yang dapat menujukkan mengapa Anda memposting gambar GIF tersebut, sesuai keinginan Anda.

Setelah selesai, klik tombol Post dan gambar GIF Anda berhasil diposting di Facebook. Mudah bukan?

Please follow and like us: