Tutorial Cara Menampilkan Menu Hibernasi pada Windows

Menu Hibernasi pada Windows
Menu Hibernasi pada Windows

Hibernasi biasa juga disebut dengan tidur panjang bagi binatang yang memiliki fase ini. Untuk komputer, hibernasi adalah kondisi dimana sistem dalam keadaan mati namun data dan kondisi sistem saat proses hibernasi masih terekam dan tersimpan.

Misalnya ketika kita membuka program kemudian melakukan mode hibernasi pada komputer, ketika komputer dihidupkan lagi, maka program tersebut akan tetap pada kondisi semula, baik menu, layout, serta posisinya tidak ada yang berubah. Program-program yang berjalan sebelumnya akan tetap pada statusnya.

Hibernasi VS Sleep

Lalu apa perbedaan Hibernasi dan Sleep?

Secara awam, hibernasi mirip dengan sleep yakni mempertahankan kondisi sistem awal ketika sistem dalam status tidur atau dalam mode daya rendah. Pada status sleep, sistem atau komputer tidak benar-benar mati karena data sistem masih tersimpan pada RAM. RAM tidak dapat menyimpan data ketika tidak ada listrik yang mengalirinya sehingga pada mode ini, komputer masih mengkonsumsi daya, khusunya jika menggunakan laptop dengan baterasi sebagai penyuplai dayanya.

Berbeda halnya dengan hibernasi atau hibernate, sistem betul-betul dalam keadaan mati tanpa aliran listrik (kecuali untuk CMOS). Data dan state data sebelumnya disimpan pada harddisk sehingga prosesnya agak lebih lama jika dibandingkan dengan mode sleep. Walaupun demikian, apabila anda ingin menghemat penggunaan baterai pada laptop namun ingin istirahat sejenak dari pekerjaan, mode hibernasi lebih cocok bagi anda dibandingkan dengan mode sleep.

Hibernasi ini sangat cocok bagi yang sering melakukan perjalanan namun tidak ingin mematikan/shut down komputer saat dalam perjalanan. Mungkin dengan alasan sudah banyak program yang terbuka dan ingin kondisi sistem tetap seperti itu ketika memulai pekerjaan kembali.

Cara Mengembalikan Hibernasi pada Menu Power Windows

Secara default, menu hibernasi hilang pada menu power saat Windows ingin dimatikan. Khususnya saat menggunakan Windows 7 ke atas, menu ini dihilangkan pada pilihan power. Hibernasi dapat dikembalikan dengan mudah dengan melakukan langkah-langkah berikut:

Baca juga:  Tutorial Install .Net Framework 3.5 pada Windows 8 dan 10
  1. Buka Power Options dengan cara klik kanan ikon baterai pada sudut kanan bawah layar lalu pilih Power Options
  2. Pada jendela Power Options, pilih “Choose what closing the lid does”.

    Jendela Power Options Windows
    Jendela Power Options Windows
  3. Selanjutnya akan muncul beberapa menu power yang tercentang dan tidak tercentang. Tercentang berarti menu tersebut muncul pada power sebaliknya tidak tercentang berarti menu tersebut disembunyikan. Kondisi awal, menu-menu power tidak dapat diubah atau terdisable (lihat kotak merah bawa), sehingga harus diaktifkan terlebih dahulu. Klik Change Setting (kotak merah atas) untuk mengaktifkan.

    Mengaktifkan centang hibernasi dan pilihan power lainnya
    Mengaktifkan centang hibernasi dan pilihan power lainnya
  4. Setelah menu power diaktifkan, silahkan centah bagian Hibernate untuk memunculkan pada menu Power atau shutdown.

    Mengaktifkan dan Menampilakan Pilihan Hibernasi pada Menu Power
    Mengaktifkan dan Menampilakan Pilihan Hibernasi pada Menu Power
  5. Klik Save changes untuk menyimpan pengaturan dan silahkan cek kembali apakah Hibernasi muncul pada menu power atau belum.

Itulah cara mudah untuk menampilkan menu hibernasi pada Windows. Selain menu hibernasi, Anda juga dapat mengubah menu yang lainnya sesuai selera.