Tutorial Cara Mengatasi Error Hello Packet Saat Flashing Redmi Note 3/Pro Menggunakan MiFlash

Cara Mengatasi error Hello Packet Xiaomi Redmi Note 3 saat Diflash Menggunakan MiFlash (financialexpress.com)
Cara Mengatasi error Hello Packet Xiaomi Redmi Note 3 saat Diflash Menggunakan MiFlash (financialexpress.com)

Xiaomi Redmi Note 3 adalah salah satu smartphone keluaran Xiaomi yang populer digunakan terutama di Indonesia. RN3 adalah inovasi baru dari smartphone Xiaomi menggantikan adiknya yaitu Xiaomi Redmi Note 2 yang juga populer saat itu. Xiaomi Redmi Note 3 sendiri memilii banyak versi diantaranya RN3, RN3 Pro, dan RN3 Special Edition. Mungkin masih ada beberapa versi lainnya yang saya tidak sebutkan di sini, yang pasti Redmi Note 3 juga terbagi berdasarkan CPU yang digunakan yaitu Mediatek/MTK dan Qualcomm.

Dengan beberapa fitur yang menjadi daya tarik dari Xiaomi Redmi 3/Pro membuat harga ponsel ini juga agak mahal, mungkin untuk kelas menengah ke bawah, namun bisa dikatakan cukup murah untuk kelas-kelas elite. Namun harga yang mahal dan fitur yang kaya tidak lekas menjadikan smartphone ini bebas dari beberapa masalah serius. Mengapa masalah serius? Beberapa pengguna Xiaomi Redmi Note 3 mengatakan bahwa ponsel ini memiliki kutukan tersendiri. Entah itu benar kutukan atau bukan, yang pasti saya juga pernah mengalaminya.

Beberapa masalah yang sering ditemukan pada Xiaomi Redmi Note 3/Pro seringnya mati tiba-tiba tanpa alasan jelas, tidak bisa boot, dan masalah-masalah ketika flashing menggunakan MiFlash. Salah satu yang akan dibahas di sini adalah munculnya peringatan error Hello Packet ketika Redmi Note 3/Pro diflash menggunakan MiFlash. Ketika peringatan error ini muncul, maka otomatis proses flashing akan berhenti. Bukan itu saja, kemungkinan Redmi Note 3/Pro akan mengalami soft-brick bahkan hard-brick.

Baca juga:  Cara Disable Notifikasi Update MIUI Xiaomi

Penyebab Error Hello Packet MiFlash

Setelah melakukan beberapa experimen dan pengamatan setiap kali flashing Redmi Note 3/Pro, saya pribadi berkesimpulan bahwa error ini disebabkan oleh RN3 yang menolak menerima flash fastboot ROM baru karena proses flash sebelumnya belum selesai. Itulah mengapa pada MiFlash muncul error Hello Packet.

Secara sistem apabila proses flash sebelumnya gagal, ponsel harus dimatikan terlebih dahulu sebelum diflash dengan ROM yang baru. Masalahnya adalah RN3/Pro menggunakan baterai tanam yang tidak mudah dilepas begitu saja. Selain itu, untuk betul-betul mematikan ponsel ini tidak serta merta dengan menekan dan menahan tombol power beberapa detik, karena hal tersebut hanya akan membuat ponsel terestart bukan power off.

Baca juga:  Tutorial Cara Mengaktifkan Diag Mode pada Android Lollipop (Xiaomi Redmi 3/Pro)

Itu pun jika ponsel Xiaomi Redmi Note 3/Pro masih bisa hidup. Bagaimana jika tidak dapat boot kembali dan layar tiba-tiba blank? Kita tentu tidak tahu apakah ponsel benar-benar dalam keadaan mati atau masih dalam mode download mode.

Solusi Menghilangkan Hello Packet

Seperti telah dijelaskan di atas sebelumnya, untuk menghilangkan error ini maka sebelumnya kita harus mematikan power ponsel RN3 sebelum diflash kembali. Cara untuk membuat RN3/Pro power off diantaranya adalah dengan menunggu hinga ponsel benar-benar lowbat. Namun jika hal itu dianggap cukup memakan waktu, maka kita bisa melepas konektor antara baterai dan mesin Xiaomi Redmi Note 3/Pro. Bagaimana caranya?

Pertama-tama lepas casing penutup belakang Redmi Note 3/Pro dengan hati-hati. Bisa menggunakan benda tipis dan keras seperti kuku misalnya. Membuka tutup belakanga Redmi Note 3/Pro tidak begitu sulit, beberapa tutorial untuk melakukannya biasa anda dapatkan di youtube untuk lebih jelasnya. Yang pasti saat membukanya, lakukan dengan hati-hati karena terdapat kabel konektor yang menghubungkan antara mesin dan LED pada penutup belakang.

Baca juga:  Tutorial Cara Mengatasi Not Enough Storage is Available to Process this Command pada MiFlash

Setelah penutup belakang berhasil dilepas, maka anda akan melihat motherboard atau mesin RN3. Untuk membuatnya benar-benar mati anda cukup melepas socket yang menghbungkan baterai dan mesin dengan hati-hati menggunakan pinset atau kuku. Untuk berjaga-jaga, lepas juga socket USB, kemudian pasang kembali keduanya.

Lihat Gambar Konektor Baterai dan USB

Selanjutnya, anda bisa kembali ke download mode untuk melakukan flash ulang fastboot rom menggunakan MiFlash. Apabila sebelumnya anda mengalami error seperti Not enough storage to process this command, cara mengatasinya bisa anda lihat di sini.

Apabila anda sulit untuk masuk ke download mode pada Xiaomi Redmi Note 3/Pro, anda bisa mencoba menggunakan cara test point, atau dengan menggunakan Deep Flash Cable. Deep Flash Cable atau DFC merupakan alternatif yang aman untuk memaksa Redmi Note 3/Pro masuk ke download mode dikarenakan kita tidak perlu membongkar mesin ponsel. Berbeda halnya jika menggunakan test point, diperlukan keterampilan khusus untuk bisa membongkar mesin ponsel dan tentu hal tersebut memiliki resiko yang tinggi.

Baca juga:  Cara Mengatasi Xiaomi Redmi Note 3/Pro yang Brick, No Boot, No Fastboot, No Download Mode, Layar Blank, LED Merah Berkedip

Demikian cara untuk mengatasi error Hello  Packet saat flashing Xiaomi Redmi Note 3/Pro menggunakan MiFlash. Jika anda memiliki pengetahuan atau ilmu atau trik lain untuk mengatasi masalah ini, silahkan dishare pada kolom komentar di bawah.

  • Virgo

    artikel gada solusinya, bad bad bad banget

  • Lazuardi Muhammad

    Gan mo banyak nanya tentang hello pakcet
    Bisa minta wa ato linenya

    • Selaz Fadli

      gan ane pernah ngalamin misses hello packet,
      kurang lebih 5 kali ngalamin.
      Solusinya sebenernya simple gan,
      ane pake cara ini selalu berhasil.

      – Sebelum flash, buka task manager dulu,
      – Klik tab PROCESSING Pada Task Manager.
      – Cari Explorer.exe dan klik kanan dan tekan end process.
      – Tampilan akan berubah, biasanya hilang tombol Start dan lain lain
      tapi jangan khawatir.
      – Langkah selanjutnya masih di task manager, klik tab APPLICATION.
      – Klik tombol NEW TASK, akan muncul dialog open.
      – ketik “explorer” pada dialog open ( tanpa tanda petik )
      – Nah tombol start akan kembali seperti semula.
      – Baru buka mi flash tool.
      – lakukan flash seperti biasa.

      Note :
      Pastikan mi toolsnya yang terbaru,
      dan bahan romnya di extract / taruh di Folder C:
      dan saat browse folder rom di mi flash tool,
      jangan arahkan ke folder image nya,
      cukup arahkan ke Folder Rom nya saja.

      Berikut gan,
      Semoga bisa sedikit membantu.
      Mohon maaf kalau bahasanya berantakan.
      dan kalau ada yang salah.

      • Thanks infonya gan. Bisa nambah pengetahuan baru lagi 🙂

  • aldio Restu Saputra

    Kok punya saya masib gak bisa ya gan ?? Padahal udah sesuai