Tutorial Cara Mengatasi Not Enough Storage is Available to Process this Command pada MiFlash

Cara mengatasi Not enough storage is available to process this command Miflash (forum.gsmdevelopers.com)
Error "Not enough storage is available to process this command" pada Miflash (forum.gsmdevelopers.com)

Assalamu’alaikum sobat MIUIERS, pada kesempatan ini saya akan memberikan tutorial untuk mengatasi Not enough storage is available to process this command saat kita melakukan flashing pada ponsel Xiaomi menggunakan MiFlash. Munculnya peringatan error ini kadang membuat jengkel karena ponsel Xiaomi akan gagal flash ROM dan sebagai efeknya, ponsel akan soft-brick bahkan hingga hard-brick.

Error yang kadang muncul tersebut biasanya terjadi ketika kita melakukan flash fastboot rom versi terbaru menggunakan MiFlash. Pertama kali saya mendapat error ini adalah saat flashing fastboot rom MIUI 8 pada Redmi Note 3. Alhasil, RN3 menjadi brick dan tidak dapat hidup. Sedih rasanya, hiks.

Baca juga:  8 Tips agar Android Tidak Boros Baterai

Penyebab Peringatan Error MiFlash

Setelah browsing sana-sini, singgah ke web-web khusus membahas Xiaomi, mampir ke forum-forum Xiaomi, akhirnya saya menemukan solusi untuk mengatasi masalah tersebut. Awalnya saya mengira mungkin fastboot ROM yang saya download tidak cocok, atau kemungkinan hardware Redmi Note 3 yang bermasalah. Ternyata survei membuktikan bahwa tidak ada masalah pada kedua hal tersebut. Penyebab utamanya adalah MiFlash yang telah kadaluarsa, hehehe.

Baca juga:  Cara Mengembalikan Pengaturan LTE Only MIUI Terbaru 2017

Umumnya versi MiFlash yang digunakan adalah versi tahun 2015. Versi tersebut juga yang saya gunakan selama ini dan lancar-lancar saja saat flashing Redmi 2, Redmi 3, dan Redmi Note 4, namun gagal saat flash Redmi Note 3 dengan error seperti di atas. Setelah menghabiskan beberapa jam mengunjungi beberapa website dan forum, ada yang memiliki masalah yang sama dan katanya kita harus mengupdate MiFlash yang digunakan.

Akhirnya saya pun mendownload MiFlash versi terbaru pada website resmi Xiaomi dan segera menginstalnya dengan harapan masalah ini dapat selesai dengan cepat agar saya bisa segera bermain Dota 2 kembali.

Namun ternyata hal ini tidak membuahkan hasil alias kembali gagal saudara-saudara. MiFlash versi terbaru tepatnya versi 2016.08 justru memberikan masalah baru yaitu port download mode Redmi Note 3 tidak terdeteksi. Ini namanya masalah tambah runyam karena proses flash justru sudah tidak dapat dilakukan. Jadi saya kembali lagi menulusuri setiap web dan forum yang membahas masalah ini selama berjam-jam.

Baca juga:  4G LTE Hilang Lagi Setelah Flash ROM MIUI Terbaru? Berikut Cara Mengembalikannya

Akhirnya Ketemu Solusinya

Akhirnya ada user pada salah satu forum Xiaomi yang menyarankan agar menggunakan MiFlash versi 2016.04 untuk mengatasi masalah ini. Terus terang untuk mendapatkan MiFlash versi ini gampang-gampang susah. Setidaknya membutuhkan waktu untuk mencari di Google.

Nah, agar waktu sobat tidak terbuang sia-sia untuk mencari MiFlash versi 2016.04, saya siapkan linknya di bagian akhir artikel ini. Silahkan sobat download dan install hingga selesai. Disarankan agar MiFlash dan Xiaomi Flash yang terpasang di komputer sobat diuninstal terlebih dahulu sebelum menginstal MiFlash versi ini agar tidak ada masalah kedepannya.

Baca juga:  Cara Disable Notifikasi Update MIUI Xiaomi

Setelah terinstal, silahkan sobat flash kembali ponsel Xiaomi sobat seperti biasa, insya Allah proses flash kali ini tidak akan error lagi dengan tulisan “Not enough storage is available to process this command”. Oh ya, disarankan menggunakan Windows versi 64 bit untuk melakukan flashing karena menurut user pada forum-forum Xiaomi, apabila menggunakan Windows versi 32 bit saat menggunakan MiFlash banyak masalah yang didapatkan.

Download MiFlash 2016.04.01 64 Bit

  • Mar

    thanks gan workss 100%

  • sangat-sangat membantu, akhirnya nemu juga solusinya setelah mondar-mandir ke web-web, thanks

  • Han Phandel

    thankz gan..
    semoga si agan panjang umur,,,

  • Don Lego

    makasih banyak banget gan, ane udah praktekin dan bisa… ga jadi deh di bawa ke tempat serpis ..heheuy

    • Senang bisa membantu gan ^_^

      • Antozone Riswan

        apakh hrus instal net framework dulu gan

        • bagusnya begitu gan untuk jaga2. terutama net 3.5 untuk win 8, 8.1, dan 10

  • do lar

    makasih gan workss 100%

  • Ardy

    Kalo win 7 32bit gimna ya gan? T,T

    • belum pernah coba gan, tapi sumber dari forum-forum MiFlash di Win 32bit banyak errornya jadi rekomendasi pake Win 64bit

  • Nindya Putri

    HP ini RN3 Gampang-gampang susah dan errornya acak, membuat rasa jengkel memakan waktu.

    • Mungkin karena ROM yang digunakan bukan yang official alias rom distributor. Disarankan agar menggunakan ROM official stable dari website resmi MIUI

  • Gallearmadaw Wijana

    artikel ini sangat membantu ,sudah saya coba dan bisa ,terimakasih yukdibaca.com ^_^

  • guntara

    agan hebat dua jempol buat agan. redmi 3s saya kembali normal yg asalnya cuma stuck di logo MI dan ga bisa masuk EDL. terimakasih juga pada agan sebelah yg menyediakan cara masuk EDL lewat kabel EDL yg di modif dari kabel data. makasih banyak ^.^