Tutorial Cara Mengoptimalkan Performa WordPress

Mengoptimalkan Performa Wordpress

WordPress merupakan salah satu CMS website yang populer saat ini. Selain WordPress, masih banyak CMS lainnya namun tidak sepopuler WordPress. Mengapa WordPress begitu populer?

Hal tersebut karena telah banyak dukungan pengembangan CMS WordPress yang tersebar di internet, baik yang gratis atau free maupun premium.

Contohnya adalah dengan banyaknya dukungan berupa tema-tema website yang menarik yang dishare oleh para pengembang WordPress, sehingga pengguna WordPress memiliki banyak pilihan tema dan template untuk websitenya. Selain tema, juga terdapat plugin-plugin gratis dan premium untuk mengoptimalkan website yang dibangun menggunakan CMS WordPress.

Pemasangan tema dan plugin wordpress juga tergolong mudah hanya dengan klik-klik install dan aktifkan. Pengaturan konfigurasi juga tidak begitu rumit karena telah disediakan interface yang memudahkan. Dengan adanya fitur untuk menambah dan mengurangi fitur WordPress, kadang didapatkan WordPress menjadi sangat lambat. Dibutuhkan lebih banyak source bagi server agar website dengan CMS WordPress dapat berjalan dengan normal.

Olehnya itu pada kesempatan ini saya akan mencoba untuk menshare cara mengoptimalkan performa WordPress agar berjalan dengan normal.

Pilih server hosting yang optimal untuk WordPress

Mungkin sebagian dari kita berpikir bahwa semua server hosting website itu memiliki resource yang sama sehingga kita tinggal menghosting website kita. Untuk native website dan tidak memiliki banyak fitur, mungkin hal tersebut berlaku namun tidak untuk WordPress. Jika anda ingin membuat website menggunakan WordPress, sebelum membeli server hosting baik itu VPS atau shared hosting, silahkan tanya terlebih dahulu customer penyedia layanan hosting tersebut apakah cocok untuk WordPress atau tidak.

Berdasarkan pengalaman pribadi, beberapa penyedia layanan shared hosting menyediakan beberapa tipe kelas server hosting. Kelas-kelas ini dibagi berdasarkan kualitas dan fitur-fiturnya. Silahkan bertanya kelas apa yang cocok untuk website dengan CMS WordPress.

Baca juga:  Mengapa Harus Menggunakan Media Sosial Secara Profesional?

Mungkin untuk beberapa server hosting akan dikenakan pembayaran lebih untuk hosting website dengan CMS WordPress mengingat karena membutuhkan resource yang lumayan tinggi untuk beroperasi normal. Yang paling penting adalah seberapa cepat response time server tersebut.

Install beberapa plugin WordPress

Jika telah membeli server hosting sebelumnya dan ternyata lambat, kita bisa melakukan permintaan untuk migrate ke server lain atau mengupgrade server hosting yang digunakan.

Namun jika sedang krisis keuangan (seperti admin, hehehe) atau umur hostingan masih sangat muda/baru, maka jalan satu-satunya adalah dengan menginstall beberapa plugin yang Insya Allah sangat bermanfaat untuk mengoptimalkan performa WordPress.

Berikut beberapa plugin yang bisa digunakan :

  1. Plugin untuk membuat static page agar terload lebih cepat seperti WP Super Cache, W3 Total Cache dan WP Fastest Cache. Pilih salah satu dari plugin tersebut untuk WordPress anda. Ingat, cukup satu plugin saja. Jika sudah terinstall dan telah aktif, lakukan konfigurasi untuk mengoptimalkan kinerjanya.
  2. Plugin Autoptimize berfungsi untuk mengoptimalkan script html, css, dan javascript WordPress. Autoptimize melakukan minimize pada script agar ukurannya lebih kecil saat diload pada browser. Selain itu, plugin ini juga melakukan cache halaman.
  3. Plugin Remove query strings from static resources, dengan fungsi sebagaimana namanya untuk menghapus query string pada file css dan javascript.
  4. Plugin WP Smush, merupakan plugin untuk mengoptimalkan gambar pada website. Plugin ini akan memproses dan mengecilkan ukuran dan kapasitas gambar sehingga proses load website lebih cepat.
  5. Plugin Jetpack dengan fitur Photon, berguna untuk menghosting gambar pada CDN Worpdress sehingga kinerja dalam meload gambar lebih cepat.

Beberapa plugin diatas dapat diaktifkan bersama-sama untuk mengoptimalkan performa WordPress kecuali untuk plugin cache, cukup satu saja yang diaktifkan.

Baca juga:  Tutorial Fix 404 Page Not Found Wordpress Setelah Mengganti Permalink

Hal yang perlu diketahui lagi adalah semua plugin di atas hanya bekerja pada Frontpage dan postingan pada website. Plugin-plugin tersebut tidak bekerja pada WordPress admin dashboard. Jadi jika server hosting yang digunakan memang lambat, plugin tersebut tidak akan mempercepat Dashboard admin anda.

Itulah beberapa cara untuk mengoptimalkan performa WordPress. Mungkin masih banyak cara-cara lainnya yang belum admin ketahui, namun beberapa cara di atas Insya Allah dapat membantu.

Similar : Cara mengatasi WordPress yang lambat, Cara mempercepat WordPress, Cara mempercepat loading WordPress

Please follow and like us: