Tutorial Cara Mengoptimalkan SEO WordPress

Cara mengoptimalkan SEO Wordpress

Teknik mengoptimalkan SEO, sekarang yang menjadi trending topik di kalangan para blogger dan pembuat serta pengembang website. Teknik ini memungkinkan website cepat terindex dan mendapat ranking pada mesin pencari seperti Google, Yahoo, Bing dan yang lainnya.

Teknik SEO sendiri terus berkembang mengikuti aturan-aturan dari mesin pencari agar mudah terindex. Lalu mengapa hal ini sangat penting?

Jawabannya adalah karena sekarang media internet merupakan kebutuhan primer. Informasi-informasi dari seluruh dunia dapat disaksikan melalui media tersebut. Di sisi lain banyak perusahaan yang ingin mengiklankan produknya sehingga jadilah website penyedia informasi sebagai tempat untuk beriklan.

Pihak pengiklan pun pasti memilih tempat beriklan yang ramai pengunjung. Mereka tidak ingin menempatkan iklan mereka pada website yang trafiknya kurang karena yang mereka inginkan adalah iklan mereka dapat menjangkau banyak orang sehingga mengenal produk yang diiklankan.

Trafik pengunjung inilah yang selalu dikejar oleh para blogger dan pengelolah website. Semakin banyak pengunjung pada website maka semakin banyak pula peluang rupiah yang dihasilkan. Terutama jika menggunakan jasa pengiklan seperti Google Adsense, PropellerAds dan jasa iklan lainnya.

Untuk beberapa website dibutuhkan skill programming untuk mengoptimalkan SEO website. Itu jika menggunakan Website native. Berbeda jika menggunakan CMS WordPress untuk website, telah tersedia beberapa plugin untuk mengoptimalkan SEO WordPress.

Apa-apa saja langkah untuk mengoptimalkan SEO WordPress? Berikut beberapa cara yang dapat membantu.

1. Tingkatkan performa website WordPress anda

Response time pada website sangat berpengaruh terhadap SEO. Response time adalah waktu yang dibutuhkan server hosting untuk memproses permintaan dan mengirimnya ke client.

Semakin kecil response time server maka semakin bagus. Dengan kecilnya response time suatu server, maka mesin pencari bot dan crawler akan lebih cepat mengindeks halaman pada website tersebut.

Baca juga:  Tutorial Fix 404 Page Not Found Wordpress Setelah Mengganti Permalink

Pengguna WordPress biasanya mengalami hambatan pada response time karena banyaknya plugin-plugin yang diaktifkan. Untuk itu, cukup pasang plugin yang memang benar-benar penting jika ingin website segera terindeks oleh mesin pencari.

2. Pasang plugin untuk mengoptimalkan SEO

Banyak plugin WordPress telah dirancang untuk mengoptimalkan SEO website. Walaupun demikian disarankan untuk tidak menginstall dan mengaktifkan banyak plugin. Jika memang ada plugin SEO yang all-in-one cukup menginstall plugin tersebut di WordPress.

Salah satu plugin yang direkomendasikan untuk mengoptimalkan SEO WordPress adalah Yoast SEO. Plugin ini telah memungkinkan kita mengkonfigurasi website agar optimal dalam per-SEO-an.

3. Optimalkan konten website anda

Konten yang optimal disini adalah konten yang layak dan nyaman dibaca oleh pengunjung. Buatlah konten website yang tidak kaku, bukan konten yang ditujukan kepada robot. Selain itu, jika konten yang anda buat merupakan artikel, buatlah dengan panjang artikel yang optimal, biasanya sekitar 300 kata.

Perlu diketahui juga bahwa bukan berarti artikel yang panjang dapat mengoptimalkan SEO. Bobot dari artikel tersebut juga sangat berpengaruh terhadap seberapa cepat mesin pencari mengindeks dan merangking website anda.

Dalam beberapa teknik SEO, para master SEO menyarankan agar dalam membuat website harus menentukan tema website tersebut atau biasa disebut dengan niche site.

Setelah menentukan niche untuk website, usahakan konten di dalam website tersebut konsisten dengan niche yang telah dipilih. Contohnya adalah jika tema website adalah tentang motoGP, maka setiap konten pada website direkomendasikan agar membahas tentang motoGP, bukannya membahas sesuatu yang tidak berkaitan dengan niche.

Semakin detail niche website yang dipilih maka akan semakin baik. Dengan demikian, robot mesin pencari akan mudah mengetahui niche website kita dan mudah dalam memposisikannya dalam rangking pencarian.

Baca juga:  Cara Mudah Mengganti Program Startup pada Windows 8 dan 10

Pemilihan niche pada website juga tidak dilakukan begitu saja. Para master SEO menyarankan untuk memilih niche yang menarik dan dapat menarik pengunjung ke website kita.

Kita harus mengetahui terlebih dahulu siapa target audience kita. Selanjutnya membuat konten yang menarik minat mereka untuk membaca kontent tersebut, atau minimal membuat mereka penasaran sehingga segera mengunjungi website yang kita buat.

Bagi anda yang merasa kesulitan dalam memilih niche website, bisa menggunakan tool Google untuk mencari niche yang bagus yaitu Google Adwords.

Selain niche website, pemilihan template website juga sangat berpengaruh terhadap SEO website. Usahakan untuk memilih template dengan warna yang tidak begitu mencolok. Apa yang dibutuhkan saat ini adalah sebagaimana berkualitas konten pada website anda. Selain itu, template yang baik adalah template yang tidak berat ketika diload.

Telah banyak template yang tersedia di WordPress, baik yang free maupun premium. Pilihlah template yang optimal dan sesuai dengan nich website anda.

4. Tetap sabar dan konsisten

Mengelolah website tidaklah semudah kelihatannya. Kita tidak dapat begitu saja menghasilkan pundi-pundi rupiah saat wesbite pertama kali dibangun. Kesabaran sangatlah diperlukan dalam mengembangkan website. Anda akan gagal jika terburu-buru untuk mendapatkan pundi-pundi rupiah melalui website yang anda buat.

Ingat, anda tidak sendiri dalam bisnis websie ini. Banyak pesaing di luar sana yang juga sedang berusaha mencari penghasilan melalui website. Bagaimanapun uniknya niche website yang anda buat, akan ada website lain yang memiliki niche yang sama dengan website anda.

Cara agar mendapatakan ranking yang bagus pada mesin pencari adalah tetap sabar dan konsisten dalam mengembangkan website yang telah dibangun. Mereka yang telah menikmati hasil dari website yang dibuatnya telah bekerja keras selama ini dalam meneliti, mengembangkan, dan memasarkan websitenya. Jadi jangan berpikir untuk berleha-leha dan mendapatkan pemasukan yang besar melalui website yang anda buat.

Baca juga:  Software Aplikasi Pembuat Rapor Otomatis

Menerapkan teknik untuk mengoptimalkan SEO WordPress akan memudahkan website mendapatkan ranking pada mesin pencari. Tapi yang utama adalah bagaiamana anda membuat konten website yang menarik sehingga akan meningkatkan jumlah pengunjung website anda.

Semoga bermanfaat.