Tutorial Fix 404 Page Not Found WordPress Setelah Mengganti Permalink

404 Not Found

Page 404 Error Page Not Found

Kode “404 Page Not Found” merupakan error pada web server yang ditampilkan kepada pengguna ketika alamat url yang diakses tidak ditemukan. Maksudnya adalah, ketika pengguna mengetikkan alamat url yang mengacu pada sebuah domain dan ternyata halaman untuk alamat tersebut tidak tersedia, maka web server akan menampilkan kode 404 Page Not Found tersebut.

Tampilan error 404 Page Not Found tidak harus terlihat polos, klasik, ataupun flat. Seorang developer web juga diberi keluwesan untuk memodifikasi tampilan 404 pada website agar lebih menarik dan atau dapat memberikan umpan balik kepada pengguna yang mengakses agar dapat beralih ke halaman lain. Beberapa CMS (Content Management System) juga telah menyediakan satu halaman 404 agar dapat dimodifikasi oleh developer website, salah satunya adalah WordPress.

Pada CMS WordPress, terdapat sebuah fitur untuk mengubah format alamat url untuk setiap postingan dan taxonomy. Fitur ini disebut dengan permalink (bukan formalin ya…). Fitur permalink pada WordPress sangat berguna bagi pengguna apabila ingin mengubah format url/link postingan atau halaman untuk beberapa tujuan antara lain agar format url website lebih unik, mudah diingat, atau mungkin ingin migrate ke atau dari blogger.

Pengaturan Permalink pada WordPress
Pengaturan Permalink pada WordPress

Sebagai contoh, jika sebelumnya anda membuat blog di blogspot, maka umumnya alamat postingan berformat:

“nama.blogspot.com/tahun/bulan/link-post.html”

Format url di atas memunculkan tahun kemudian bulan lalu alamat postingan dan ditutup dengan .html. Nah, jika tiba-tiba ingin memindahkan website ke WordPress, maka format url website harus disesuaikan juga agar kita tidak kehilangan trafik, apalagi jika website sudah terpasang Google Adsense. Disinilah fungsi dari permalink pada WordPress untuk melakukan tugas tersebut.

Baca juga:  Tutorial Cara Membuat Installer Linux pada Flashdisk

Selain untuk menyesuaikan format url, permalink ini juga dapat membantu untuk lebih menyederhanakan url postingan pada website contoh: “domain.com/alamat-postingan-yang-baru/“. Format url tersebut tentu lebih sederhana jika dibandingkan dengan url blogspot diatas, dan tentu lebih SEO Friendly.

Namun kadang terdapat kendala ketika mengubah permalink pada WordPress, yaitu munculnya error 404 Not Found pada beberapa postingan saat diakses menggunakan format url yang baru. Beberapa penyebab error ini menurut pengalaman pribadi adalah sebagai berikut:

  1. Anda pernah mengubah slug postingan sebelumnya setelah terpublikasi, kemudian mengganti permalink.
  2. Permalink sebelumnya terdapat ekstensi pada bagian akhir seperti .html, .asp, .php dan yang lainnya, namun pada permalink baru ekstensi tersebut dihilangkan

Bagaimana Mengatasi 404 pada Perubahan Permalink?

Agar terhindar dari error 404 Page Not Found saat mengubah permalink, sobat dapat memasang plugin WordPress yaitu Change Permalink Helper. Sobat dapat menginstal plugin tersebut melalui menu add plugin pada WordPress.

Plugin Change Permalink Helper WordPress
Plugin Change Permalink Helper WordPress

Plugin ini dapat membantu untuk mencari slug url terbaru ketika alamat url tidak ditemukan atau format url telah berubah. Namun ada beberapa format yang belum didukung plugin ini yaitu masih ditemukannya error 404 jika permalink sebelumnya memiliki ekstensi sedangkan permalink baru tidak berekstensi.

Bug lainnya adalah masih tidak ditemukannya alamat baru beberapa postingan dengan slug yang telah dimodifikasi sebelumnya. Untuk itu, telah dilakukan beberapa modifikasi sourcecode pada plugin ini untuk memperbaiki bug tersebut.

Sobat dapat mendownload dan memasang plugin Change Permalink Helper yang telah dimodifkasi dengan mengklik url download pada akhir postingan ini. Apabila ada pertanyaan atau komentar atau ingin berbagi ilmu, silahkan dishare pada kolom komentar.

Baca juga:  Tutorial Cara Membuat Blog di Blogspot Lengkap dengan Gambar

Semoga bermanfaat ^_^

Download Change Permalink Helper Plugin