Tutorial Install .Net Framework 3.5 pada Windows 8 dan 10

NET Framework 3.5 Required Windows 8 dan 10
NET Framework 3.5 Required Windows 8 dan 10

Microsoft .Net Framework merupakan komponen penting pada sistem operasi Microsoft Windows. Sebagian besar software yang berjalan di Ms. Windows memerlukan komponen ini untuk dapat berjalan normal.

.Net Framework sendiri memiliki beberapa versi seperti Framework 1.0, 2.0, 3.0, 3.5, dan versi 4+. Beberapa software hanya membutuhkan versi framework tertentu untuk dapat berjalan, namun ada juga yang membutuhkan semua versi mulai dari yang pertama hingga yang terbaru.

Pada Windows 7 (seven), secara default telah terpasang Net Framework versi 1.0 hingga 3.5 sehingga mendukung sebagian besar software dan game baik versi jadul maupun keluaran terbaru. Apabila ada software yang membutuhkan Framework versi 4 ke atas, kita tinggal mendownload file tersebut melalui website Microsoft, atau dapat juga melalui website penyedia kumpulan software seperti FileHippo.com.

Sayangnya versi jadul .Net Framework tidak tersedia pada Windows 8 ke-atas hingga Windows 10 saat pertama kali install, yang mengakibatkan banyak software yang tidak dapat berjalan terutama software-software jadul. Windows 8 dan Windows 10 secara default hanya terpasang Net Framework 4 sehingga kita tidak perlu lagi mendownload versi tersebut.

Lalu bagaimana cara agar software yang dulunya berjalan di Windows 7 dapat juga berjalan di Windows 8 dan 10? Bagaimana cara agar net framework 1.0 hingga 3.5 dapat terinstall pada Windows 8 dan Windows 10? Berikut kami uraikan cara mudah menginstall net Framework 3.5 (termasuk versi sebelumnya) pada Windows 8 dan Windows 10.

Memasang .Net Framework 3.5 Secara Online

Apabila sobat terhubung dengan internet, sobat dapat langsung memasang komponen ini dengan mudah. Sobat cukup mengklik pilihan “Download and install this feature” ketika jendela pop-up muncul untuk memulai mendownload.

Baca juga:  Tutorial Cara Install Dual Boot Linux Windows dengan Aman
NET Framework 3.5 Required Windows 8 dan 10
Pilih “Download and install this feature” untuk memulai penginstalan .Net Framework

Ukuran file yang akan didownload berkisar 300MB-500MB, sehingga sangat disarankan agar sobat menggunakan jaringan WiFi Warkop yang bebas akan kuota. Namun jika sobat memiliki kuota melimpah dengan jaringan yang lumaya cepat, ukuran file tersebut mungkin bukanlah hal yang terlalui dipikirkan.

Proses penginstalan mungkin akan berlangsung agak lama tergantung seberapa cepat jaringan yang sobat gunakan untuk mendownload komponen. Kemudian perbanyak berdoa agar proses download berjalan lancar dan tidak error di tengah jalan karena apabila error, kemungkinan proses download akan diulangi dari awal.

Memasang .Net Framework 3.5 Secara Offline

Seperti telah dijelaskan sebelumnya, komponen ini memiliki ukuran atau kapasitas file yang lumayan besar sehingga membutuhkan banyak kuota (tidak termasuk WiFi Warkop) untuk mendownload dan memasangnya. Untuk itu, kami juga menyediakan cara memasang .Net Framework 3.5 secara offline.

Tutorial offline ini dikhususnya bagi sobat yang sudah bisa menginstall Windows sendiri, karena syarat utama adalah sobat harus memiliki file ISO atau DVD Windows 8/10 (versi Windows yang terpasang di komputer).

Langkah-langkah memasang .Net Framework 3.5 Windows 8/10 offline

  1. Siapkan file ISO/DVD Windows kemudian mount. Untuk file ISO Windows, cukup klik 2x file tersebut untuk membukanya. Sedangkan untuk DVD, cukup masukkan ke DVD-ROM komputer.
    Mount ISO Windows
    Perhatikan dan ingat Letter Drive tempat ISO dimount.

    Pada gambar di atas, file ISO dimount pada Drive H — H ini disebut dengan Letter untuk mengidentifikasi lokasi Driver sebagaimana partisi C, D, dan E pada gambar tersebut. Hasil mount file ISO Windows tidak selamanya berada pada Drive H, mungkin Letter pada Drive mount komputer sobat akan berbeda, jadi cukup ingat saja Drive letter ISO yang telah dimount pada komputer sobat. Jika sobat menggunakan DVD, cukup ingat Letter DVD Drive Sobat.

  2. Buka Command Prompt (CMD) Administrator Windows. CMD Administrator berbeda dengan CMD biasa sehingga tidak dapat dibuka langsung melalui cmd di jendela RUN. Untuk membuka CMD Admin, sobat cukup mengklik kanan pada sudut kiri bawah layar (Start Menu). Selanjutnya pilih Command Prompt (Admin)”. Apabila muncul jendela permintaan izin, pilih YES.

    Membuka CMD Admin Pada Windows 8 dan 10
    Membuka CMD Admin Pada Windows 8 dan 10
  3. Setelah jendela CMD Admin terbuka, selanjutnya adalah ketik/copy perintah berikut pada CMD (tanpa tanda petik):

    “dism /online /enable-feature /featurename:netfx3 /source:H:\sources\sxs /limitaccess”

    Perintah instal framework di CMD
    Perintah instal framework di CMD Admin Windows 8 dan 10

    Perhatikan huruf¬†“H¬†setelah “/source:“, ganti huruf tersebut dengan letter drive mount iso/DVD sobat tadi. Jadi apabila Letter Drive mount/DVD sobat adalah F, maka ganti H menjadi F sehingga perintahnya adalah “/source:F:\sources\sxs“.

  4. Tunggu proses instalasi Framework selesai atau proses hingga 100%.

Apabila proses telah selesai, maka Framework 3.5 berhasil terpasang pada Windows 8/10 sobat, dan software-software yang sebelumnya tidak bisa berjalan akan work lagi.

Langkah penginstalan .Net Framework 3.5 di Windows 8/10, bisa sobat pilih mau yang online atau offline. Sobat dapat memilih yang mana menurut sobat lebih mudah. Apabila sobat memiliki kendala atau ada pertanyaan mengenai penginstalan .Net Framework 3.5 di Windows 8/10, silahkan curhat pada kolom komentar.